Apa Itu Point Blank?

1
80
Apa itu Point Blank

Jika kalian termasuk gamers lawas, kalian tentu tidak asing lagi dengan apa itu Point Blank. Game ini begitu populer beberapa tahun yang lalu dan menjadi salah satu yang paling sering dimainkan. Penulis sendiri merupakan salah satu penggemarnya.

Saat kalian memainkan gim ini, suasana peperangan tembak menembak ala first person shooter (FPS) akan begitu kental dirasakan. Banyak player menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan game ini, karena keseruannya. Nah, agar tidak penasaran, yuk kenali lebih lanjut apa itu Point Blank!

Perkembangan Point Blank di Indonesia dapat dikatakan sangat bagus. Bukan hanya antusiasme player yang memainkan game ini saja, melainkan prestasinya yang cukup mentereng.  Beberapa waktu yang lalu, tim Point Blank asal Indonesia menjuarai kejuaraan dunia, dan itu sangat membanggakan tentunya.

Apa Itu Point Blank?

Apa itu Point Blank

Point Blank adalah game ber-genre first person shooter (FPS) yang dikembangkan langsung oleh perusahaan asal Korea Selatan, Zepetto. Perusahaan ini juga memegang kendali dalam hal publikasi game ini.

Dalam gim ini, terdapat dua tim yang saling mengalahkan untuk menjadi pemenang. Konsep tersebut rupanya berdasarkan dari latar belakang cerita gim ini.

Latar Belakang Point Blank

Point Blank memiliki latar belakang cerita yang menarik, dimana masalah sosial menjadi penyebabnya. Diawali dengan semakin banyaknya imigran yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, mereka melakukan berbagai cara untuk tetap hidup.

Mereka melakukan tindakan yang mengarah ke kriminal dengan merampok hingga mengedarkan obat terlarang. Sampai akhirnya, terbentuk organisasi yang bernama Free Rebels.

Organisasi tersebut rupanya terlibat konflik dengan pemerintah. Dari sisi pemerintah akhirnya memutuskan untuk membentuk organisasi khusus yang bernama CT-Force (Counter Terrorist Force). Organisasi ini dibentuk khusus untuk menghadapi para teroris (Free Rebels).

Dalam gameplay-nya, dua tim akan memiliki peran yang berbeda. Satu tim memerankan Free Rebels, yang ditandai dengan warna merah. Dan satu tim lagi menjadi CT-Force (Counter Terrorist Force) yang berwarna biru.

Saat ini, Point Blank memiliki server di berbagai negara, seperti Rusia, Thailand, Indonesia, Amerika Serikat, Brazil dan beberapa negara lain. Dengan adanya server di banyak negara, gameplay Point Blank dipastikan tidak akan mengalami banyak gangguan. Hal inilah yang membuat game ini banyak digemari beberapa tahun terakhir.

Point Blank Indonesia

Apa itu Point Blank

Gemscool berperan besar dalam membawa game ini ke Indonesia. Point Blank secara resmi dirilis di negara kita pada tahun 2009. Artinya, hanya berselang satu tahun setelah perilisan pertamanya di negara asal game tersebut yakni Korea Selatan.

Saat pertama kali masuk ke pasar Indonesia, Point Blank langsung menyita perhatian banyak gamer. Sampai akhirnya mulai banyak dimainkan dan menjadi game favorit anak-anak warung internet (warnet).

Setelah beberapa tahun, banyak player mulai beralih dari game Counter Strike: Global Offensive ke Point Blank. Karena memang, gim besutan Zepetto tersedia secara gratis sehingga membuat banyak yang tertarik.

Perkembangan game ini begitu pesat kala itu, karena didukung oleh fasilitas yang memang mudah didapatkan. Saat itu, player yang ingin memainkan Point Blank tidak harus memiliki PC sendiri, mereka lebih memilih bermain di warnet. Dengan cara itu, mereka dapat membentuk tim untuk bermain bersama.

Beralih ke tahun 2015, dimana pengelolaan Point Blank di Indonesia diambil alih oleh Garena. Sejak saat itu, berbagai pembenahan dilakukan akibat server game dianggap seringkali bermasalah. Pihak Garena pun memiliki tekad untuk memperbaiki pengalaman dalam bermain Point Blank.

Keinginan Garena untuk memperbaiki game ini rupanya tidak didukung oleh beberapa player-nya. Banyak player yang menggunakan program ilegal (cheat) yang membuat game ini tidak kompetitif lagi. Tak sedikit player PB yang akhirnya pensiun dengan alasan tersebut.

Sampai akhirnya, pada Januari 2018 Point Blank dilepas oleh Garena. Dan pengelolaan kembali ke tangan developer-nya yakni Zepetto. Tapi tenang, kalian masih tetap bisa memainkan game ini dengan mudah di Indonesia dan banyak turnamen PB yang diadakan..

Mode Permainan Favorit

Apa itu Point Blank

Setelah membahas mengenai sejarah Point Blank, kita lanjutkan dengan mode permainan favorit di game ini. Point Blank memiliki beberapa mode permainan  yang bisa dipilih, dan berikut ini yang paling sering menjadi pilihan.

Death Match

Dalam mode permaianan ini, player harus bisa membunuh musuh untuk mendapatkan skor. Tim yang mendapatkan skor terbanyak akan menjadi pemenang. Tantangannya, waktu permainan yang dibatasi sehingga harus bisa segera menghabisi musuh.

Bomb Mission

Untuk mode ini, antara tim Free Rebels dan CT-Force memiliki tujuan yang berbeda. Dimana tujuan tim Free Rebels yakni untuk meledakan area yang biasa disebut bombsite. Sementara CT-Force sebaliknya, yakni menghalau Free Rebels meledakan bombsite.

Destroy Mission

Saat mamainkan mode destroy mission, player harus bisa menghancurkan objek yang sudah menjadi target. Kecepatan sangat diperlukan untuk bermain di mode ini.

Selain beberapa mode permainan di atas, terdapat pula beberapa mode lain seperti Madness, Eliminate, Shotgun Mode, Sniper Mode, Defense Mission dan masih banyak lagi.

Karakter Favorit

Apa itu Point Blank

Saat bermain Point Blank, player bebas memilih karakter yang tersedia. Akan tetapi, ada beberapa karakter yang memang paling sering menjadi pilihan, berikut diantaranya.

Lopez Rica

Ada cerita menarik dibalik karakter wanita ini, dimana ia dulunya merupakan anggota dari CT-Force. Namun atas tuduhan yang salah kepada dirinya, ia akhirnya membelot ke pemberontak yakni Free Rebels. Karakter ini identik dengan rambut berwarna coklat dengan atasan berwarna merah dan memakia rok.

Viper Red

Karakter ini dikisahkan memiki kemampuan bertarung yang baik. Daya tahan terhadap serangannya terbilang sangat bagus, berkat didikan dari ayahnya. Penampilan karakter ini begitu cantik, meskipun terlihat tomboy. Ia mengunakan celan jeans panjang yang robek, serta topi coklat yang menjadi ciri khasnya.

Tarantula

Karakter ini tergabung dalam organisasi Free Rebels, karena ia memang berasal dari imigran. Penampilan Tarantula mirip layaknya seorang tentara wanita yang terlibat lebih mengerikan. Karakter ini memiliki ciri khas memakai penutup kepala dengan kacamata besar yang terpasang.

Kelebihan Point Blank

Apa itu Point Blank

Kepopuleran Point Blank sebenarnya masih belum pudar sampai saat ini. Tak sedikit tim atau komunitas yang aktif memainkan game ini. Lantas, kelebihan apa yang membuat banyak orang masih suka dengan Point Blank?

Kelebihan pertama yang dimiliki game ini ada pada mode permaianannya yang banyak. Setiap mode memiliki kelebihan yang berbeda-beda, dan yang paling seru tentunya mode online match.

Sebelum bermain, player bisa menentukan lokasi atau arena untuk pertempuran. Point Blank memiliki beberapa arena diantaranya Under 23, Taipei City Mall, Grand Bazaar, Burning Hall dan maish banyak lagi.

Point Blank juga memiliki fitur clan, dimana player bisa bergabung atau membentuk clan sendiri. Saat sudah terbentu sebuah clan, nantinya bisa mencoba untuk bertempur dengan clan lain.

Untuk kalian yang suka dengan senjata-sejata yang ada di dalam game, Point Blank ini menyediakan banyak banget loh. Beberapa diantaranya seperti AK-47, MP7, Sniper Rifle, P90 dan masih banyak lagi.

Dengan artikel ini, diharapkan kalian tau apa itu Point Blank, jadi tidak hanya bisa memainkannya. Informasi mengenai sebuah game ternyata seru banget untuk diketahui. Apalagi mengenai sejarahnya sampai bisa sepopuler seperti sekarang ini.