Ketahui Maksud Spek Valorant 100FPS untuk Pengalaman Bermain yang Memuaskan!

1371
spek valorant 100fps
Sumber: Youtube PGB Creative

Spek Valorant 100FPS merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi oleh setiap PC atau device yang akan memainkan game tersebut. Sebab, salah satu syarat untuk memainkan Valorant adalah spesifikasi PC yang perlu dipenuhi agar perangkat dapat kompatibel dengan sistem game yang akan dimainkan.

Ditambah, spesifikasi PC yang tepat tentunya juga akan mampu untuk memberikan pengalaman bermain Valorant dengan lebih memuaskan.

Namun apa maksud dari spek Valorant 100FPS dan bagaimana pengaruhnya terhadap performa game yang dimainkan? Simak ulasannya pada artikel ini!

Apa Itu FPS?

Bagi yang belum tahu, FPS merupakan singkatan dari Frames Per Second yang merupakan nilai yang digunakan untuk menunjukkan sebuah tampilan gambar dalam waktu 1 detik.

Jadi, apabila terdapat keterangan 30 FPS maka pada saat itu ada 30 gambar yang berurutan dalam satu detik untuk ditampilkan, begitu juga dengan 60 FPS dan juga 100 FPS. Hal ini tentu akan mempengaruhi detail gambar yang akan diperlihatkan saat itu pada layar.

Oleh sebab itulah, spek Valorant 100FPS tentunya akan memberikan pengalaman bermain game yang bagus dan tanpa jeda.

Hal inilah yang membuat FPS menjadi salah satu faktor terpenting untuk kartu grafis kemudian diikuti oleh CPU. Sebab, FPS yang mungkin tidak konstan akan berfluktuasi sesuai dengan yang telah dirender.

Pentingnya Spek Valorant 100FPS

spek valorant 100fps
Sumber: playvalorant.com

Sama seperti game lainnya, Valorant memiliki spesifikasi PC minimum untuk dapat menjalankan semua sistemnya dengan optimal. Oleh sebab itu, jika kamu hendak memiliki dan memainkan game Valorant di PC milikmu. 

Dilansir dari situs resmi Valorant, berikut adalah beberapa persyaratan spek yang harus dimiliki agar sistem game dapat kompatibel dengan PC yang digunakan, diantaranya adalah:

  • Windows 7/8/10 (64-bit)
  • 4GB RAM
  • 1GB VRAM

Jadi pastikan untuk mengingat jika komputer milikmu masih menjalankan Windows 32-bit, maka kamu perlu melakukan upgrade terlebih dahulu ke 64-bit supaya dapat memainkan Valorant.

Selain itu, ada beberapa spek lainnya sesuai angka FPS untuk menghasilkan tampilan terbaik saat sedang bermain game tersebut, yaitu:

Spek Spek Minimum (30 FPS) Spek Rekomendasi (60 FPS) Spek high-end (144+ fps)
CPU Intel i3-370M Intel i3-4150 Intel i5 4460 (3.2GHz)
GPU Intel HD 3000 GeForce GT 730 GeForce GTX 1050 Ti

Jadi, spek rekomendasi terbaik untuk bermain Valorant yaitu adalah 60 FPS atau lebih. Apabila ingin pengalaman dan grafis yang lebih mumpuni maka spek Valorant 100FPS tentu sudah akan memberikan visual permainan yang lebih luar biasa.

Sejatinya, Valorant merupakan salah satu genre game FPS yang akan mengandalkan banyak efek visual mulai dari karakter (agent) hingga beragam jurus yang digunakan. 

Karena itulah game ini sering disebut lumayan berat dan membutuhkan perangkat yang mumpuni seperti spek Valorant 100FPS ataupun 144 FPS untuk menghindari pengalaman bermain yang tidak nyaman.

Sebab bila menggunakan PC dengan spek minimum 30 FPS maka visual yang akan disuguhkan tidak akan semulus dengan bermain dengan menggunakan spek yang direkomendasikan atau bahkan lebih.

Fitur FPS ini akan dapat dirasakan sepanjang permainan terutama dalam hal pengaturan visual.

Tidak hanya itu saja, para gamers dengan pemikiran yang kompetitif tentu akan mengincar spek Valorant 100FPS atau 144 FPS dengan Intel Core i5 4460 atau AMD Ryzen 5 2600X serta  Nvidia GeForce GTX 1050 Ti atau AMD Radeon R7 370 untuk pemain yang menginginkan grafis RTX yang depan mudah mencapai frame rate tiga digit.

Keunggulan Menggunakan PC Spek Valorant 100fps

Spek Valorant 100fps atau lebih tentu termasuk ke dalam spek kelas atas sehingga akan membantumu untuk dapat membidik musuh dengan lebih presisi.

Sebab, game ini tampil dengan lebih dari 100 frame per second yang berarti kamu dapat melihat semua efek di dalamnya dengan lebih baik.

Apabila kamu serius untuk bermain game dengan genre FPS seperti Valorant,  Apex Legends maupun CS:GO, tentu komponen pertimabangan seperti frame per second yang tinggi tidak hanya akan membuat visual menjadi tampak lebih baik namun juga dapat memberikan warna yang lebih tajam selama dimainkan.

Bagaimana Cara Membuat Spek Valorant 100FPS Tetap Stabil?

spek valorant 100fps
Sumber: playvalorant.com

Sebenarnya, satu-satunya cara untuk meningkatkan FPS adalah dengan melakukan upgrade pada hardware PC seperti kartu grafis. Namun nyatanya, tidak ada software yang dapat menjaga agar FPS tetap stabil ataupun meningkat.

Akan tetapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar performa PC tetap stabil dan tidak mudah drop.

Bila kamu merupakan pengguna VGA eksternal, maka penggunaan fitur NIS (NVIDIA Image Scaling) untuk driver NVIDIA dan juga  FSR (FidelityFX Super Resolution) untuk driver AMD. 

Cara kerja keduanya adalah dengan meningkatkan resolusi rendah menjadi sedikit lebih tajam sehingga dapat berpengaruh pada peningkatan FPS.

Jadi, apabila monitormu memiliki resolusi FHD atau 1920×1080 dan fitur scaling-nya aktif, maka kamu hanya perlu mengatur game di resolusi HD atau 720p dengan detail grafis yang secara otomatis sudah ditingkatkan.

Hal ini tentu akan mengakibatkan VGA dapat membaca dan bekerja pada performa gaming 720p sehingga angka FPS akan lebih stabil atau bahkan malah mengalami peningkatan.

Apabila hal tersebut sudah dilakukan namun angka FPS masih cukup rendah maka satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti hardware PC yang ada.

Oleh sebab itulah, tidak jarang kamu akan menemukan berbagai toko elektronik baik online maupun offline yang melayani paket PC gaming rakitan khusus spek Valorant 100FPS. 

Adanya rakitan PC gaming khusus Valorant ini yang dapat membantu performanya untuk stabil di angka 100FPS bahkan dapat meningkat hingga 1080p.

Kisaran Harga Paket PC Gaming Rakitan Spek Valorant 100FPS

spek valorant 100fps
Sumber: Youtube Designs By IFR

Apabila kamu tertarik untuk membeli paket PC gaming rakitan khusus spek Valorant 100FPS supaya dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih memuaskan, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kisaran harganya. Jadi kamu dapat mempersiapkan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan riset di beberapa marketplace ternama Indonesia, kisaran harga PC gaming rakitan spek Valorant 100FPS yaitu mulai dari Rp. 5,5 – 7 Jutaan tergantung dari hardware yang digunakan.

Sebagai contoh, salah satu  PC gaming rakitan untuk spek Valorant 100FPS yang digunakan oleh beberapa seller sehingga dapat kamu jadikan tolak ukur, antara lain adalah:

  • GALAX A320M – AM4
  • Team T-Force Vulcan Z DDR4 8GB (2X4GB) 2666Mhz
  • AMD Ryzen 3 3200G
  • SSD V-GEN M.2 SATA 128GB TURBO
  • Casing SIMBADDA SIM-V 3120

Demikianlah beragam informasi lengkap mengenai pentingnya spek Valorant 100fps, keunggulannya, hingga maksud dari FPS itu sendiri.

Informasi ini tentu akan sangat membantu para calon player Valorant agar mendapatkan gambaran seperti hal apa yang harus dipersiapkan saat hendak memainkan game ini. 

Pastikan untuk menggunakan spek yang direkomendasikan untuk visual yang lebih memanjakan mata ya!

web banner codashop valorant impact.com