Tips Setting Valorant untuk PC Low End

2050
Setting Valorant untuk PC Low End
Source: Instagram Valorant.id

Game Valorant yang dirilis oleh Riot Games adalah salah satu game first person shooter terbaik yang sedang ramai dimainkan saat ini. Valorant sebenarnya dapat berjalan dengan baik pada sebagian besar perangkat yang ada saat ini. Namun tidak semua pemainnya mengetahui bagaimana cara setting Valorant untuk PC low end.

Beberapa pemain masih diketahui masih menghadapi isu frame per second yang drop sehingga menyebabkan lag di tengah momen permainan penting. Kasus seperti ini paling sering terjadi pada PC dan juga laptop low-end dengan spesifikasi rendah. 

Pada era teknologi yang berkembang begitu pesat saat ini, beberapa orang memiliki device yang tidak dapat mengejar ketertinggalan dan tidak lagi kompatibel untuk games tertentu, termasuk misalnya Valorant ini. Tidak semua pemain dapat mengakses pembelian sebuah device dengan spesifikasi mentereng (grafik bagus, kinerja bagus, kualitas terjamin) “hanya” untuk bermain sebuah game.

Namun bagi para penggemar Valorant yang memiliki device dengan spesifikasi rendah, kami memiliki beberapa tips yang dapat kami bagikan terkait setting Valorant untuk PC low end milikmu agar dapat tetap bermain Valorant secara optimal dan kompetitif.

Setting FPS Optimal Valorant

Sebelum melangkah lebih jauh, kami akan membahas besaran minimum frame per second untuk memainkan Valorant. Standar frame per second untuk bermain Valorant adalah 60 FPS. Namun optimalnya adalah 120 FPS ke atas

Untuk mendapatkan 120+ FPS itu, kami sarankan kamu untuk upgrade device sebagai solusi paling mudah. Namun pada titik tertentu device low end tetap dapat berjalan pada 60 frame per second. Inilah tips yang kami berikan terkait setting Valorant untuk PC low end milikmu agar dapat tetap bermain. 

Spesifikasi Minimum untuk Bermain Valorant

  • OS: Windows 7/8/10 (64-bit)
  • CPU: Intel i3-370M atau setara
  • RAM: 4 GB
  • GPU: Intel HD 3000 (1GB VRAM) atau setara

Spesifikasi yang Direkomendasikan untuk Bermain Valorant

  • OS: Windows 7/8/10 (64-bit)
  • CPU: Intel i3-4150 atau setara
  • RAM: 4 GB
  • GPU: NVIDIA GeForce GT 730 atau setara

Tips Setting Valorant untuk PC Low End

Update driver GPU

Sebelum perilisan sebuah game besar, NVIDIA dan AMD pasti akan merilis update driver yang dapat mengatasi kerusakan, permasalahan FPS drop dan lain sebagainya. Untuk itu kamu dapat melakukan cek secara berkala tentang pembaharuan terakhir pada driver GPU milikmu

Gunakan Fitur Gaming Mode di Perangkat yang Digunakan

Tips lainnya adalah dengan mengaktifkan mode gaming pada device low-end milikmu yang biasanya dapat kamu akses di menu pengaturan. Mengaktifkan fitur ini akan membuat device low-end milikmu dapat bermain Valorant setelah mengalokasikan lebih sedikit memori untuk aplikasi lain yang berjalan di latar belakang dan mengoptimalkan memori untuk digunakan selama bermain Valorant. 

Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Belakang

Kamu dapat mulai dengan melakukan konfigurasi dasar di Windows agar mengoptimalkan kinerja device low-end yang kamu miliki selama bermain Valorant. Kamu bisa mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang di mana hal ini akan mengalihkan kinerja RAM dan prosesor hanya untuk Valorant. Tips ini terbukti dapat meminimalisir lag pada device low end ketika bermain Valorant.

Pantau Aktivitas Task Manager

Tips berikutnya yang kami rekomendasikan adalah menggunakan aplikasi Task Manager Windows untuk membersihkan aplikasi “bandel” yang tidak dapat kamu nonaktifkan begitu saja. Task Manager dapat kamu gunakan untuk menciptakan performa optimal tanpa lag ketika bermain Valorant.

Caranya kamu dapat menekan tombol shortcut CTRL+SHIFT+ESC untuk mengakses Task Manager. Kemudian carilah aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk kamu nonaktifkan. Lalu pergilah pada tab “detail” untuk mengubah performa Valorant pada tingkat prioritas menjadi “high. Hal ini akan membuat device low end milikmu memprioritaskan alokasi performanya pada Valorant. 

Pengaturan Umum Terbaik untuk Valorant

Setting Valorant untuk PC Low End

Agar dapat menjalankan Valorant di device low-end milikmu dengan jumlah frame per second yang stabil, kamu perlu melakukan beberapa setting untuk device low-end milikmu agar Valorant tetap dapat berjalan optimal. Untuk tips setting Valorant bagi PC low-end akan kami sampaikan berikut ini.

Pertama kamu dapat membuka Valorant dan menuju tabGeneral Settings”. Pada tab ini kamu harus menonaktifkan opsi “show corpses” dan “show blood seperti misalnya pada gambar di bawah ini.

Show corpse Valorant general settings
Sumber: fossbytes.com

Opsi ini akan menaikkan sedikit frame per second pada device milikmu. 

Selain itu kamu juga dapat mencoba tips lain pada General Settings berikut ini:

  1. Buka Valorant
  2. Klik Settings (pojok kiri atas)
  3. Di bawah Minimap, atur Rotate ke Fixed
  4. Set Fix Player Centered to Off
  5. Atur Minimap Size ke 1.1
  6. Atur Minimap Zoom ke 0.9
  7. Atur Minimap Vision Cones ke On
  8. Di bawah tab Other, atur Show Map Region Names ke always” 
  9. Setel Show Corpses ke Off
  10. Setel Instability Indicators ke On
  11. Setel Network Buffering ke minimum agar lag input serendah mungkin. Atur ke Moderate jika kecepatan internet Anda lambat.
  12. Atur Show Bullet Tracers ke On

Setting Crosshair Valorant pada PC Low End

Sebenarnya setting crosshair adalah preferensi masing-masing pemain. Namun pada device low end, crosshair ternyata dapat menjadi salah satu faktor yang dioptimasikan agar Valorant berjalan stabil. Berikut adalah tips dari kami:

  1. Pada menu setting, klik Crosshair tab
  2. Atur Crosshair Color menjadi Hijau
  3. Atur Outlines menjadi On
  4. Set Outline Opacity menjadi 0,5
  5. Atur Outline Thickness menjadi 1
  6. Set Center Dot menjadi Off
  7. Set Fade Crosshair With Firing Error menjadi On
  8. Under Inner Lines, atur Inner Line Opacity ke 1
  9. Atur Inner Line Length ke 5
  10. Atur Inner Line Thickness ke 2
  11. Atur Inner Line Offset ke 2
  12. Atur Movement Error ke On
  13. Atur Firing Error ke On
  14. Pada bagian bawah Outer Lines, atur Outer Line Opacity ke 0
  15. Atur Outer Line Length ke 0
  16. Atur Outer Line Thickness ke 0
  17. Atur Outer Line Offset ke 0
  18. Atur Movement Error menjadi On 
  19. Atur Firing Error menjadi On 

Pada umumnya, tentu para pemain Valorant tidak mengharapkan crosshair yang terlalu besar dan terlalu tebal. Hal ini dapat mengganggu jalannya games Valorant apalagi bagi kamu yang bermain di device low end.

Oleh karenanya kami tidak merekomendasikan penggunaan outerline pada crosshair Valorant, khususnya bagi para pemain yang memainkan Valorant di device low end

Setting Grafik Valorant untuk PC Low End 

Valorant-graphics-settings
Sumber: fossbytes.com

Bagian paling penting pada rekomendasi kali ini adalah setting grafik untuk device low-end agar permainan Valorant dapat berjalan optimal dan tetap kompetitif.

  1. Pertama, masuk ke menu settings dan klik tab Video.
  2. Masuk pada bagian Generals sehingga kamu dapat mengatur refresh rate Valorant sesuai dengan layar monitor yang kamu miliki. Untuk layar monitor 144Hz dengan resolusi 1440p, maka kamu dapat set menjadi 2.560 x 1.440 16:9 (144Hz).
  3. Ubah Display Mode menjadi Fullscreen
  4. Ubah Aspect Ratio Method menjadi Fill.
  5. Lanjut menuju subtab Graphics Quality untuk mengatur kualitas tampilan.
  6. Ubah Material Quality menjadi Medium.
  7. Ubah Texture Quality menjadi Medium.
  8. Ubah Detail Quality menjadi Medium.
  9. Ubah UI Quality menjadi Medium.
  10. Nonaktifkan Vignette agar mengurangi visibilitas dan kejernihan visual.
  11. Nonaktifkan VSync agar dapat mengurangi lag saat in-game.
  12. Ubah Anti-Aliasing menjadi MSAA 4x agar tidak membebani device milikmu terlalu berat namun juga tetap memastikan bagian tepi objek tidak blur.
  13. Ubah Anisotropic Filtering menjadi 2x karena setting ini hanya berguna pada bidang miring, sehingga kamu tidak terlalu membutuhkannya.
  14. Nyalakan Improve Clarity agar tampilan menjadi lebih jernih. 
  15. Nonaktifkan Bloom karena fitur ini hanya fitur tambahan dan tidak berpengaruh pada permainan tapi benar-benar memberikan beban yang berat pada performa device.
  16. Nonaktifkan Distorsi agar permainan lebih jelas.
  17. Aktfikan First Person Shadows.

Pengaturan ini berjalan optimal pada monitor 1440p dengan refresh rate pada 144Hz atau di atasnya. 

Kesimpulan

Jadi begitulah setting Valorant pada PC low end yang dapat kami berikan. Kamu dapat mencoba tips ini agar dapat bermain Valorant dengan besaran frame per second yang optimal pada device low end milikmu. 

Namun bagaimanapun kami tetap merekomendasikan agar kamu dapat menabung sedikit demi sedikit sehingga dapat upgrade device milikmu sehingga permainan Valorant lebih berjalan optimal pada device baru milikmu.

Secara keseluruhan tips ini dapat membuat permainanmu lebih baik, namun akan lebih optimal jika kamu membeli gear gaming yang sesuai dengan spesifikasi optimal bagi Valorant.

banner iklan esportsnesia