Jangan Lewatkan, Strawberry Prince Rayakan 7th Anniversary di 4 Juni!

741
Jangan Lewatkan, Strawberry Prince Rayakan 7th Anniversary di 4 Juni!

Bagi para penggemar Jepang, event Strawberry Prince rayakan 7th Anniversary tentu jangan sampai dilewatkan keseruannya begitu saja. Mengingat, Strawberry Prince tidak hanya menjadi grup musik yang unik namun memiliki pengaruh besar di negara asalnya, yaitu Jepang.

Boyband yang telah berdiri dan mulai aktif sejak tahun 2016 lalu, pada tanggal 4 Juni nanti akan merayakan 7th Anniversary semenjak debut. 

Tentu ini menjadi topik hangat di kalangan para penggemar mengingat fans-nya sangat banyak tidak hanya di Jepang namun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Popularitas mereka dapat terlihat dari banyaknya jumlah stream dari setiap perilisan music video di YouTube.

Apalagi mereka memiliki pesona dan ciri khas yang hampir tidak dimiliki oleh boyband lain, yaitu menyembunyikan wajah asli member-nya di internet dalam bentuk avatar lucu dan keren.

Namun siapa sebenarnya Strawberry Prince ini? Yuk kita kenalan dengan boyband unik dari Jepang yang sangat populer di artikel ini!

Siapa Itu Strawberry Prince?

Bagi yang belum kenal, Strawberry Prince (すとろべりーぷりんす) atau biasa disingkat ​​Sutopuri merupakan salah satu boyband berbasis indie-pop asal Jepang yang telah debut sejak 4 Juni tahun 2016 lalu. 

Berbeda dengan Boygroup pada umumnya, Strawberry Prince memiliki ciri khas yaitu tidak pernah menampakkan wajah member aslinya sama sekali di media maupun internet.

Strawberry Prince sendiri memiliki jumlah member sebanyak 6 orang dan direpresentasikan sebagai avatar keren dengan rambut warna-warni di media. Sebab setiap member merepresentasikan satu warna dan menjadi ciri khasnya di mata penggemar.

Selain itu, masing-masing dari mereka merupakan seorang VTuber (Virtual YouTuber) yang memang sedari awal menggunakan avatar virtual atau karakter animasi sebagai representasi diri mereka saat mereka berinteraksi dengan audiens.

Meskipun begitu, mereka tidak menyembunyikan wajah asli mereka seluruhnya. Sebab wajah dari setiap member Strawberry Prince dapat dilihat oleh penggemarnya pada saat Live Performance seperti konser maupun Meet and Greet. Jadi hanya penggemar sejatilah yang dapat melihat wajah mereka.

Daftar Member Strawberry Prince

Strawberry Prince
Sumber: Instagram @strawberryprince.info

Saat ini, Strawberry Prince memiliki jumlah 6 member yaitu Nanamori selaku leader, Root, Colon, Satomi, Riinu, dan JelUniknya, setiap member dari Strawberry Prince memiliki representasi warna masing-masing supaya mudah dikenali oleh para penggemar.

Jadi pada avatar milik member, baik pakaian maupun desain rambut akan dikenali dengan warna-warna tertentu. Nanamori memiliki image color berwarna ungu, Jel berwarna orange, Satomi merepresentasikan warna pink, Colon biru, Root kuning dan terakhir Rinuu menjadi anggota dengan warna merah.

Bagaimana Kesan Orang Indonesia terhadap Strawberry Prince?

Strawberry Prince
Sumber: Instagram @strawberryprince.info

Bagi banyak penggemar Jepang di Indonesia, pasti sebagian besar sangat mengenal baik Strawberry Prince. Meneruskan popularitasnya di negara asalnya yang saat perilisan mini album debut Strawberry Start telah terjual lebih dari 80.000. Sekaligus menempati posisi kedua dalam peringkat album mingguan Oricon hanya dalam satu minggu saja, efek tersebut juga dirasakan oleh para pecinta Jepang di Indonesia.

Apalagi, lagu Strawberry Prince juga banyak digunakan terutama pada seri video game populer seperti Yo-kai Watch dengan lagi Lagu “Gingira ginga” dan “Dai uchū Rendezvous”. Bahkan juga untuk versi animasinya. Selain itu, lagu mereka yang bertajuk “START” yang digunakan sebagai opening song untuk Cardfight!! Vanguard overDress Season 2.

Hal inilah yang membuat popularitas Sutopuri juga sangat terkenal dikalangan para pecinta Jepang baik game maupun anime di Indonesia.

Terlebih, lagu-lagu yang dibawakan oleh Sutopuri juga easy listening, bertema muda dan menyegarkan sehingga menyenangkan saat  didengarkan.

Bahkan banyak konten dari kreator Indonesia yang tersebar di media sosial baik Tiktok maupun YouTube yang khusus membahas perkembangan, keunikan dan kabar terbaru dari Strawberry Prince.

Sebab banyak penggemar Jepang di Indonesia yang selalu menanti karya-karya hebat dari grup tersebut.

Tidak sedikit juga para konten kreator Indonesia yang membahas betapa powerful-nya penggemar Strawberry Prince, dimana konser terakhirnya saja dihadiri oleh lebih dari 320.000 penggemar dalam stadion. Hebat sekali bukan?

Selain itu, member Sutopuri juga sudah berkolaborasi dengan banyak produser ternama seperti VOCALOID sehingga juga semakin dikenal tidak hanya penggemar di Jepang saja namun juga luar negeri termasuk Indonesia.

Memiliki Komunitas Fanbase yang Besar

Selain terkenal di Indonesia, saking populer dan besarnya pengaruh Strawberry Prince ia juga memiliki komunitas yang berisikan penggemar dari seluruh belahan dunia.

Kebanyakan dari fans ini berinteraksi dengan lebih dari 20 Ribu penggemar di akun fanbase Facebook yang bernama Strawberry Prince Listener-san Community.

Di komunitas tersebut, para penggemar bebas berbagi opini, konten, fanart hingga barang handmade yang bertemakan Sutopuri kepada fans lainnya.

Selain itu, komunitas ini juga beberapa kali mengadakan event seru salah satunya seperti merayakan ulang tahun member maupun grupnya.

Bahkan dari pihak Strawberry Prince juga selalu memastikan penggemarnya untuk merasa bersenang-senang tanpa mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Sebab pihak Strawberry Prince melarang keras privasi dan pelanggaran hak cipta bahkan dikalangan penggemar sekalipun. Mengingat, ada beberapa oknum penggemar yang mengunggah karya seni milik orang lain dan mengaku sebagai miliknya untuk mengambil keuntungan.

Kualitas Musik dan Video Strawberry Prince

Strawberry Prince
Sumber: Instagram @strawberryprince.info

Sejak awal kehadirannya, Sutopuri tidak menampilkan visual wajah asli mereka karena mengutamakan koneksi dan hubungan antara grup dengan penggemarnya. Mereka ingin para fans cukup menikmati karyanya tanpa terdistraksi oleh faktor lainnya. 

Tidak heran jika ciri khas dalam musik dan video mereka malah menjadi daya tarik bagi banyak penggemar khususnya para remaja. Hebatnya lagi, mereka aktif untuk memproduksi lagu-lagu mereka sendiri dan aktif di beberapa platform seperti Youtube dan Nico Nico Douga. Bahkan atas popularitasnya, Strawberry Prince berhasil mendapatkan gelar Best Youtuber 2020.

Selain itu, ada beberapa hal yang menunjukkan kualitas musik dan video dari Strawberry Prince, diantaranya adalah:

Music Video yang Selalu Memiliki Jutaan Penonton

Strawberry Prince memiliki konsep grup berupa gabungan virtual dan realita dimana eksistensinya berada diantara kedua aspek tersebut.

Namun hal tersebut sengaja diperuntukkan agar penggemar dapat menikmati karya dan musik mereka.

Oleh karena itulah, setiap Music Video (MV) miliknya hanya menampilkan animasi avatar mereka sepanjang durasi tersebut.

Ternyata, konsep ini sangat berhasil tidak hanya dikalangan warga Jepang namun juga pecinta budaya negara tersebut hampir di seluruh dunia.

Popularitas atas musiknya yang sangat easy listening inilah yang mungkin juga menjadi faktor banyaknya penonton di setiap MV rilisannya.

Semua MV-nya telah ditonton lebih dari jutaan orang di seluruh dunia. Mulai dari yang terbanyak seperti Wouldn’t it be Nice to be in Love? (Daisukininareba Iinjanai?) dengan total stream hingga 34 juta, Suki-Suki Seiji dengan total 30 juta penayangan; hingga Jumper yang baru dirilis Desember 2022 lalu yang sudah ditonton lebih dari 3 juta pengguna di YouTube.

Populer dengan Lagu Suki Suki Seijin

Di antara semua lagu dan MV yang dirilis oleh Sutopuri, Suki Suki Seijin menjadi yang paling populer. Bahkan, banyak penggemar baru yang mengenal serta menikmati musik dari grup unik ini melalui lagu Suki Suki Seijin.

Lagu ini banyak digemar karena sangat menyenangkan untuk didengar, mudah diikuti, iramanya segar dan menggemaskan.

Apalagi keseluruhan irama lagu Suki Suki Seijin juga sangat menggambarkan keseluruhan lirik mengenai perasaan jatuh cinta dan selalu penasaran dengan orang tersebut.

Single ini baru dirilis pada Juni 2022 lalu setelah lagunya yang berjudul “Mabushigariya”. Namun justru melesat populer dengan total penayangan hingga lebih dari 30 juta di akun Youtube-nya serta menjadi lagu paling di-request saat live performance.

Senang Mencoba Genre Lagu Berbeda

Selain memproduksi lagu milik mereka sendiri, Sutopuri juga sangat kreatif dan senang untuk selalu mencoba genre lagu yang berbeda.

Setelah mengeluarkan beberapa lagu yang terdengar cute pada awal debutnya, lagu berjudul Jumper yang rilis di bulan Desember lalu nyatanya menyajikan genre yang cukup berbeda.

Pada lagu ini, para member mencoba untuk melakukan rap namun ternyata tidak mengurangi kualitas musik mereka serta masih sangat menyenangkan untuk didengarkan. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai musik dari grup ini.

Ikuti Update Strawberry Prince Melalui Kanal Media Sosial

Strawberry Prince
Sumber: Instagram @strawberryprince.info

Pada tanggal 4 Juni nanti, Strawberry Prince akan rayakan 7th Anniversary setelah debut di tahun 2016 silam. Tentu ini menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemarnya.

Apabila Anda ingin mengikuti update dan info lengkapnya, maka jangan lupa untuk cek kanal sosial media milik mereka mulai dari Facebook dengan nama Strawberry Prince.

Facebook Page resmi Strawberry Prince telah beroperasi selama 1 tahun, dan kini memiliki 1,1 juta pengikut.

Selain itu, Anda juga bisa follow akun Tiktok mereka di StrawberryPrince_info_en ataupun jel__official_en supaya tidak ketinggalakan seputar info mengenai grup musik keren ini!

banner iklan esportsnesia