4 Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar di Dunia

0
69
4 Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar di Dunia
Credit: ESL | Helena Kristiansson

Daya tarik esports bukan hanya terletak pada popularitas judul game yang dimainkan, melainkan pada semangat kompetitif para atletnya yang berjuang untuk memenangkan piala kehormatan, serta hadiah uang yang disediakan.

Bermain game sudah bukan hanya sebatas untuk memberikan hiburan saja, tetapi juga menjadi sebuah wadah bagi mereka yang memiliki passion gaming untuk meraih kesuksesan melalui esports.

Berbagai turnamen esports berhadiah besar terus dihadirkan oleh para pihak yang mendukung kemajuan esports. Hadiah besar ini adalah wujud apresiasi dari khususnya para pengembang game atas pencapaian atletnya yang telah berlatih keras layaknya atlet sepak bola.

Nah, penasaran dengan apa saja turnamen berhadiah raksasa yang bisa diikuti oleh atlet esports? Yuk, silaturahmi dulu dengan 4 turnamen esports berhadiah besar di dunia!

The International 2019

The International 2019
via Liquipedia

Penggemar gim Dota 2 tentu sudah tak asing lagi dengan sebuah turnamen yang bernama The International. Turnamen The International 9 yang belum lama ini dihelat ini, menjadi pusat perhatian dengan hadiahnya yang begitu besar.

Total hadiah yang bisa diraih oleh tim Dota 2 mencapai Rp 481,16 miliar. Dengan hadiah sebesar itu, The Intenational 2019 menjadi turnamen dengan hadiah terbesar di dunia saat ini. Hadiah tersebut jelas lebih besar dibanding turnamen Fortnite World Cup yang memiliki total hadiah mencapai Rp 420 miliar.

Dota 2 memang menjadi game yang bisa dibilang premium. Game dengan kualitas visual yang keren ini memang sudah mulai tergerus popularitasnya dengan kemunculan mobile esports. Akan tetapi, di kancah kompetitif internasional, game ini masih menjadi jawara.

Fortnite World Cup Finals 2019

Fortnite World Cup

Lagi-lagi, turnamen esports di platform PC masih menduduki posisi teratas sebagai turnamen dengan hadiah terbesar. Pamor Fortnite memang bisa dibilang setara dengan Dota 2, keduanya pernah menjadi game PC paling banyak dimainkan oleh para gamer.

Pada Fortnite World Cup Finals 2019, total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 420 miliar, sebuah angka yang terbilang besar untuk kompetisi esports.

Seorang gamer bernama Kyle ‘Bugha’ Giersdorf bahkan berhasil mendapatkan total hadiah mencapai Rp 42 miliar untuk kategori solo. Hal ini membuktikan bahwa pemain esports tetap bisa memiliki kekayaan dengan menjuarai turnamen-turnamen internasional.

Honor of Kings World Champion Cup 2019

Honor of Kings World Champion Cup 2019

Turnamen ini mempertandingan tim-tim esports untuk divisi Honor of Kings (alias Arena of Valor) terbaik dari seluruh dunia. Berbeda dengan 2 game sebelumnya, turnamen ini menggunakan platform smartphone untuk bertanding.

Meski mobile esports sering disepelekan karena tidak menunjukkan jati diri seorang gamer, hadiah yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara cukuplah besar untuk membuktikan keseriusannya dalam dunia kompetitif esports, yaitu mencapai Rp 64,32 miliar.

Turnamen Honor of Kings World Champion Cup 2019 tahun lalu dimenangkan oleh Tim eStar Pro. Mereka pun bisa membawa pulang hadiah sebesar Rp 2,68 miliar.

Nah, jangan berkecil hati jika kamu hanya bisa mendalami mobile game saja. Buktinya ada kok turnamen khusus platform mobile yang bergengsi dengan hadiah sebesar ini.

PUBG Global Championship 2019

PUBG Global Championship 2019

Game bergenre First Person Shooter (FPS) ini juga tidak kalah populer. Untuk urusan turnamen, game ini memiliki turnamen bernama PUBG Global Championship 2019. Turnamen tersebut memiliki total hadiah mencapai Rp 56,06 miliar.

Tim-tim PUBG terbaik di dunia berkumpul disini untuk memperebutkan hadiah tersebut. Tim yang berhasil menjadi juara akan mendapat setengah dari total hadiah yang disediakan, artinya tim yang menang akan membawa pulang uang sekitar Rp 28,03 miliar.

Dalam turnamen ini, tim Gen.G Esports telah berhasil mengukir sejarah sebagai pemenangnya. Hadiah yang begitu besar ini dan juga audiens yang menyertainya membuktikan bahwa industri esports sangatlah menggiurkan.


Itu dia 4 turnamen esports dengan hadiah terbesar di dunia. Luar biasa, bukan? Bila kamu masih amatir, jangan putus asa dan terus berlatih ya! Ingat saja, from zero to hero!

(Disunting oleh Satya Kevino)