8 Cara Menguatkan Mental Saat Bermain Game agar Makin Fokus dan Tenang!

154
cara menguatkan mental saat bermain game
Sumber: firstpost.com

Ada banyak cara menguatkan mental saat bermain game khususnya untuk para pemain profesional. Mengingat, setiap game apalagi dalam turnamen besar tentu memiliki suasana yang penuh dengan tekanan baik dari penonton maupun lawan. 

Jadi tidak jarang hal tersebut menimbulkan dampak psikologi negatif bagi para pemainnya. Bahkan, bagi para pemain amatir yang memainkan game hanya karena hobi juga ternyata tidak bisa dilepaskan dari permasalahan tersebut.

Jika ditelaah lebih dalam, banyak game kompetitif yang membutuhkan persiapan dari para pemainnya tidak hanya dari segi kemampuan namun juga mental. Terlebih, aspek mental inilah yang membuat pemain dapat menguasai permainan secara menyeluruh.

Namun sayangnya, tidak semua pemain dapat menguatkan mental selama permainan berlangsung sehingga sering hilang fokus dan bahkan sulit merasa tenang.

Oleh sebab itu, mari simak cara menguatkan mental saat bermain game paling efektif pada artikel di bawah ini!

Berbagai Cara Menguatkan Mental Saat Bermain Game Paling Efektif

Dilansir dari Hans Sivano, yang merupakan Sport & Performance Psychology Consultant dan telah memiliki sertifikasi Mental Toughness dari Amerika Serikat ini menyebutkan ada beberapa hal penting untuk menjaga kekuatan mental para pemain khususnya saat berlaga.

Sebab menurut dirinya, mental merupakan hal yang paling utama bagi para pemain khususnya saat bertanding dalam skema kompetitif. Cara menguatkan mental saat bermain game dijabarkan dengan strategi 5C yaitu control, concentration, confidence, capacity, dan cooperation.

Semua cara menguatkan mental saat bermain game tersebut saling berhubungan sehingga perlu dilatih agar dapat meningkatkan kepercayaan diri selama pertandingan berlangsung. 

Oleh sebab itulah, Esportsnesia kini merangkum beberapa cara menguatkan mental saat bermain game yang paling efektif namun mudah untuk dilakukan, di antaranya adalah:

Istirahat yang Cukup Sebelum Pertandingan

cara menguatkan mental saat bermain game
Sumber: smartsleep.com

Saat seseorang sering kelelahan karena tidak memiliki waktu istirahat yang cukup biasanya ia akan memiliki emosi yang tidak stabil. Hal ini juga berlaku untuk para gamers.

Bahkan, faktor kelelahan juga menyebabkan tingkat fokus dan konsentrasi mengalami penurunan drastis yang tentunya akan berpengaruh langsung pada kondisi mental yang tidak baik.

Oleh sebab itulah, cara menguatkan mental saat bermain game paling dasar yang mudah untuk dilakukan adalah mencukupi kebutuhan tidur, setidaknya sebelum pertandingan.

Mencukupi Kebutuhan Cairan dan Nutrisi

Cara menguatkan mental saat bermain game kedua yang tidak kalah efektif yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairan dengan sangat baik. Nutrisi yang cukup akan memastikan perut terisi dan badan memiliki energi untuk lebih fokus saat bermain.

Sebab, performa permainan dan kondisi mental dapat menjadi berantakan jika perut kosong sehingga fokus pikiran akan semakin terbagi. Hal ini juga berlaku untuk kebutuhan cairan.

Kebutuhan cairan yang tidak dapat terpenuhi dengan baik malah akan membuat pemain mengalami dehidrasi.

Bahkan, masalah ini akan menyebabkan menurunnya kesadaran dan fokus selama bermain sehingga kondisi mental juga sulit menjadi stabil saat berhadapan dengan lawan.

Jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan rutin meminum setidaknya 2,5 Liter air perhari.

Latihan dan Bermain dengan Teman untuk Menghindari Lingkungan Toksik

Sudah bukan rahasia lagi jika game online memiliki banyak lingkungan yang toksik seperti bertemu dengan pemain yang senang melontarkan cacian dan kata kasar.

Namun, terlalu sering berinteraksi dengan tipe pemain semacam itu malah akan membuat mentalmu jadi mudah terguncang.

Oleh karena itu, cara menguatkan mental saat bermain game lainnya terutama saat latihan yaitu cobalah untuk melawan teman yang sudah kamu kenal baik. Tujuannya agar terhindari dari lingkungan yang tidak baik untuk mentalmu.

Melakukan Meditasi Sebelum Pertandingan

Selanjutnya, dalam rangka menjaga mental sekaligus menguatkannya sebelum mulai bermain game ataupun berlaga dalam pertandingan maka penting untuk menenangkan diri terlebih dahulu seperti melakukan meditasi.

Meditasi merupakan kegiatan yang dinilai efektif untuk menenangkan pikiran sehingga dapat menjalani segala sesuatu setelahnya dengan kepala dingin. Jadi, keputusan yang diambil akan jadi lebih maksimal.

Bahkan, meditasi juga mampu untuk meningkatkan fokus dan membuat perasaan menjadi lebih stabil khususnya dalam kondisi mental secara keseluruhan.

Tampil dengan Perasaan Percaya Diri

cara menguatkan mental saat bermain game
Sumber: progamerreview.com

Cara menguatkan mental saat bermain game adalah dengan rutin melakukan latihan kontrol emosi. Emosi ini dapat dikontrol seiring dengan meningkatkan kemampuan karena latihan yang rutin dilakukan seiring dengan berjalannya waktu.

Kemampuan yang meningkat dan emosi yang dapat terkontrol dengan baik inilah yang mampu menimbulkan perasaan percaya diri khususnya saat menghadapi lawan. 

Apabila seluruh kemampuan ini sudah dikuasai tentu akan lebih mudah untuk membentuk mental juara yang tidak hanya kuat namun juga kokoh terutama saat berhadapan dengan konflik selama pertandingan.

Selalu Berpikir Positif Selama Bermain

Saat bermain game khususnya dalam laga yang kompetitif, sebagian besar pemain terlalu berpikir berlebihan saat menghadapi musuh. Hal itulah yang justru akan menguras pikiran dan membuat mental menjadi tidak stabil.

Oleh sebab itu, cara menguatkan mental saat bermain game yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan membiasakan diri agar selalu berpikir positif.

Pikiran yang positif akan mengurangi pikiran yang tidak perlu terhadap musuh sehingga pemain dapat lebih fokus untuk menjalankan strategi yang telah direncanakan.

Nonaktifkan Fitur Chat Bila Diperlukan

cara menguatkan mental saat bermain game
Sumber: miro.medium.com

Apabila kamu ingin fokus untuk menikmati permainan favoritmu di rumah serta menjaga mental tetap stabil yaitu dapat dilakukan dengan mematikan fitur chat  dalam game tersebut.

Cara ini dapat dilakukan saat latihan karena dapat menutup akses dari pemain-pemain toksik yang mulai banyak omong, memaki dan berkata kasar. Sebab semua hal tersebut kerap kali membuat mental seseorang down.

Bahkan, cara menguatkan mental saat bermain game ini dinilai efektif digunakan saat latihan. Jadi para player dapat bermain dengan lebih leluasa.

Tetap Bersikap Rasional

Apabila kamu sudah terbiasa melakukan latihan sehingga kepercayaan diri meningkat, maka tentu akan mudah untuk tetap bersikap rasional sepanjang pertandingan.

Bersikap rasional ini tentu meliputi pengendalian emosi yang bagus selama berlaga sehingga tidak melakukan “rage quit“.

Selain itu, emosi yang terkendali juga akan membantu untuk tidak berkata kasar maupun memaki lawan walaupun dalam keadaan frustasi dan di bawah tekanan sekalipun.

Oleh sebab itulah, sikap rileks dan rasional selama pertandingan akan mampu menjaga kondisi mental dan fokus berada dalam kondisi terbaik sehingga mampu bermain dengan maksimal.


Itulah 8 cara menguatkan mental saat bermain game yang tidak hanya efektif namun juga mudah untuk diimplementasikan. Namun semua hal tersebut tentu merupakan kebiasaan yang harus dilatih asalkan memiliki niat kuat untuk menjalankannya.