Tutorial Game Sakura School Simulator

0
353
Tutorial Game Sakura School Simulator
Sakura School Simulator merupakan game bergenre simulasi kehidupan yang bisa dimainkan di Android.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Ingin mencoba jadi pelajar seperti di dalam anime? Jika iya, kamu bisa mencoba game Sakura School Simulator yang bisa diunduh gratis di Google Play Store dan App Store. Kali ini, kita akan membahas tutorial game Sakura School Simulator.

Game ini adalah game mobile yang mengusung tema open world mirip Grand Theft Auto dan BTS Universe Story dengan genre game simulasi kehidupan. Mengusung permainan yang membuat pemain menjadi pelajar biasa di SMA Sakura Town, sebuah SMA di kota kecil. Permainannya cukup sederhana dan menghibur karena bukan tipikal game survival action.

Game ini dibuat oleh Garusoft Development Inc, salah satu developer game di Jepang. Game ini bisa menjadi salah satu pilihan game yang dapat dimainkan saat berada di tempat tanpa WiFi atau internet data.

Tentang Game Sakura School Simulator

Sakura School Simulator
Sakura School Simulator mengisahkan kehidupan siswa remaja yang penuh dengan petualangan.

Dalam game Sakura School Simulator ini, pemain dapat menjelajahi kota kecil Sakura Town, membuat karakter, berbicara serta mengunjungi rumah karakter lain. Bahkan, game ini juga memberikan pilihan kepada pemain untuk mengacaukan kota.

Kontrol game ini sederhana karena memiliki tombol navigasi dengan hanya menggerakan jempol saja. Saat menggerakan ke kiri, pemain akan menggerakan karakter di dalam skenario, sedangkan kanan untuk melakukan tindakan aksi atau fisik seperti menyerang, berbicara, dan mengaktifkan jetpack.

Pemain dapat memilih karakter laki-laki atau perempuan, mengubah warna mata, mengganti pakaian dan potongan rambut sesuai dengan keinginan. Faktor lainnya yang menyenangkan adalah pemain dapat bermain dengan memilih aktivitas yang ingin dimainkan. Seperti membuat jalan cerita sendiri layaknua dalam kehidupan nyata, dan masih banyak lagi pilihan alur lainnya.

Di dalam permainan ini tidak ada adegan pembunuhan, hanya serangan biasa. Jika karakter akan mengalami pingsan setelah diserang, ia akan memiliki perasaan kesal atau benci dan mengejar karakter yang menyerangnya tersebut.

Kualitas grafik dari game ini cukup memikat. Perangkat yang direkomendasikan adalah menggunakan smartphone dengan RAM 3 GB atau lebih dan memiliki chip SoC dengan seri di atas Snapdragon 820.

Tutorial Game Sakura School Simulator

Sakura School Simulator
Tutorial Sakura School Simulator membahas beberapa hal penting untuk pemain pemula.

Berikut ini adalah tutorial game Sakura School Simulator untuk pemula. Bahasa yang tersedia di game ini hanya Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang saja.

Tutorial Game Sakura School Simulator #1: Mengganti Karakter

sakura school simulator
Tutorial game Sakura School Simulator mengganti karakter dalam permainan.

karakter sesuai dengan keinginan. Caranya adalah masuk ke menu “Character Change” lalu pilih menu “Boy” atau “Girl”. Di dalam game ini terdapat lima karakter yang bisa dimainkan, yakni Rina Tamaki (girl), Taiga Yuki (boy), Yuta Aida (little boy), Mio Aida (little girl), dan Cat Butler Robot.

Karakter akan dimulai sebagai seorang gadis remaja yang muncul di depan rumah. Di sana, pemain dapat pergi ke sekolah atau hanya sekadar berkeliling di kota. Ada banyak hal yang bisa dimainkan dalam game ini.

Pemain dapat mengeksplore berbagai tempat di Sakura Town dengan menggunakan jetpack. Caranya adalah dengan menggunakan menu “Area Move” lalu memilih tempat yang ingin dikunjungi. Untuk mengihindari penurunan popularitas, pastikan karakter untuk mandi di rumah setelah melakukan aksi.

Tutorial Game Sakura School Simulator #2: Berinteraksi dengan Karakter Lain

sakura schoo simulator
Di dalam game ini, karakter dapat berinteraksi dengan NPC secara mudah.

Pada game Sakura School ini, karakter dapat berinteraksi dengan karakter lain (NPC) seperti mengajaknya bicara. Caranya cukup mudah, yakni dengan mendekati katakter yang diinginkan, lalu pilih menu “Talk”. Karakter juga dapat memiliki kekasih di game.

Saat pertama kali menjalankan game, kita tidak memiliki uang untuk membeli “Love Potion”. Caranya, berbicaralah dengan katakter tersebut sampai mereka mengizinkan untuk memeluknya. Cukup spam peluk sambil memberikan pujian hingga status hubungan berganti menjadi “Lover” atau kekasih.

Tutorial Game Sakura School Simulator #3: Mendapatkan Uang dari Karakter Lain (NPC)

sakura school simulator
Karakter dapat berinteraksi dan mendapatkan uang.

Karakter bisa mendapatkan uang dari NPC (Non Playable Character), seperti karakter guru dari sekolah, salesman, pengemudi, dan masih banyak lainnya. Misalnya, karakter kita mendapatkan uang dari mencuri mobil pengemudi. Jika mereka mencoba lari untuk melapor, kejar karakter tersebut dan berikan pujian agar mereka tidak melaporkannya ke polisi.

NPC dapat memberikan uang mulai dari 1000 Yen – 2000 Yen. Setelahnya, kita dapat berteman dengan mereka, lalu kita dapat memilih opsi “give me some money” yang terletak di tombol “Talk”. Pastikan karakter harus tetap menjaga hubungan dengan NPC atau mereka tidak memberikan uang.

Selain lewat NPC, kita dapat menemukan uang yang tergeletak di sekitar saat karakter yang kita mainkan sedang menjelajahi kota. Uang juga dapat kita temukan di rumah-rumah dan rumah anak kecil.

Tutorial Game Sakura School Simulator #4: Melawan Karakter Lain

sakura school simulator
Sakura School Simulator juga memberikan pilihan cerita untuk bertarung melawan Yakuza.

Selain mendapatkan uang dan berinteraksi lewat karakter lain, kita dapat memukul karakter lawan main. Fitur ini sangat cocok bagi pemain yang memilih untuk memerankan siswa nakal. Tidak ada pembunuhan karakter, fitur memukul ini hanya menimbulkan permusuhan antar karakter saja.

Ada tips untuk pemain jika polisi mengejar karakter yang kamu mainkan. Caranya adalah dengan mengarahkan mereka ke sudut, di mana satu di depan yang lain, atau berdiri di belakang petugas lain. Jika salah satu menembak, yang lain akan menyerang balik sehingga karakter yang kamu mainkan tidak menjadi tujuan pengejaran si polisi lagi.

Tutorial Game Sakura School Simulator #5: Menyelesaikan Misi

sakura school simulator
Terdapat beberapa misi dari game Sakura School Simulator.

Sama halnya dengan game lain, meski game ini memberikan pilihan alur yang bebas, pemain akan diminta untuk menyelesaikan beberapa misi. Untuk dapat melihat misi, pemain dapat masuk ke menu “Misson” dengan ikon tropi. Di sini pemain akan mengetahui misi yang harus diselesaikan.

Berikut adalah beberapa misi yang harus diselesaikan oleh karakter dalam game Sakura School Simulator.

Kalahkan Pemimpin Yakuza

sakura school simulator
Karakter mendapatkan misi untuk mengalahkan Yakuza.

Karakter diharuskan untuk pergi ke kantor Yakuza dan mengalahkan semua anggota yang ada di dalam gedung tersebut. Kemudian, pergi ke pintu sebelah kiri dan kalahkan pemimpin Yakuza yang ada di dalamnya. Karakter akan menemukan 4 senjata, 1 pedang, dan 7000 Yen.

Perlu diingat dalam permainan ini karakter yang dikalahkan tidak mati. Mereka hanya pingsan, dan ketika mereka bangun dari pingsan, mereka akan mengejar karakter yang dimainkan.

Menyelesaikan Misi dalam Waktu yang Ditentukan

sakura school mission
Misi dari Sakura School Simulator dapat bermacam-macam/sumber foto: kano rin (YouTube).
Kelas Chinese Characters (8:40-9:30)

Di sini karakter harus pergi ke sekolah dan menuju ke kelas 1-1 (untuk perempuan) atau 2-1 (untuk karakter laki-laki). Karakter harus duduk di kursi dan menunggu sampai guru mulai mengejar. Misi akan segera selesai jika waktu yang telah ditentukan telah selesai.

Kelas Inggris (9:40-10:30)

Masih di kelas yang sama, karakter harus menunggu kelas ini sampai pelajaran dimulai dan selesai.

Kelas Komputer (14:10-15:00)

Karakter harus pergi ke ruang komputer di sisi kiri lantai 2 sekolah. Temukan tempat duduk dan lakukan aksi yang diperintahkan.

Pergi ke ruang PC di sisi kiri lantai 2 sekolah. Temukan tempat untuk duduk dan lakukan aksi

Ikut Maraton (10:40-11:30)

Karakter harus pergi ke belakang sekolah, bisa dengan jalan atau cukup dengan teleportasi, untuk menemukan lintasan maraton. Di sini karakter harus berganti pakaian ke pakaian olahraga dan mulai berlari di lintasan maraton.


Inilah beberapa misi yang perlu diselesaikan oleh pemain. Tentu saja masih ada beberapa misi yang tersisa. Jika tertarik untuk memainkan game ini, kamu bisa mengunduh game ini lewat App Store dan Google Playstore.

Media Partnership