Apa Itu Genre Rhythm? 7 Rekomendasi Game Rhythm yang Asik!

1398
genre Game Rhythm
Sumber: YouTube (onoken)

Mendengarkan musik bisa membuat kamu berasa bahagia dan juga bisa membuat kamu lebih semangat. Apalagi jika musik yang kamu dengarkan relate dengan kondisi yang sedang kamu alami.

Selain musik yang bisa membuat kamu merasa bahagia, bermain game juga dapat menghilangkan stres setelah kamu melakukan berbagai aktivitas.

Namun apa jadinya ketika kedua hal tersebut digabungkan? Pasti menarik bukan?

Nah, saat ini ada yang menggabungkan kedua hal tersebut loh. Game rhythm ialah gabungan antara kedua unsur tersebut. Namun apa sih sebenarnya game rhythm itu?

Apa Itu Genre Game Rhythm?

Game rhythm merupakan sebuah gabungan antara permainan dan musik dimana musik ini menjadi komponen utamanya ketika bermain. Jadi gabungan antara game dan musik ini disebut dengan game rhythm.

Menurut Wikipedia, Rhythm adalah genre video game aksi bertema musik yang menantang rasa ritme permainan.

Game dalam genre ini biasanya berfokus pada tarian atau pertunjukan simulasi alat musik dan mengharuskan pemain untuk menekan tombol dalam urutan yang ditentukan pada layar.

Game rhythm biasa berfokus pada tarian atau pun pertunjukan dengan berbagai suara dari alat musik sebagai unsur utamanya. Pemain biasanya diharuskan untuk menekan tombol dalam urutan dan rintangan pada layar yang membuat munculnya suara musik di dalamnya.

Selain itu juga game rhythm ini ada yang berbasis pada matras yang membuat pemain harus ekstra mengeluarkan tenaga karena memainkannya memerlukan fisik. Dimana pemain harus menginjak matras yang peka terhadap tekanan.

Biasanya game rhythm tersebut terdiri dari 8 arah mata angin yang ada pada matras. Pemain harus menginjak salah satu atau gabungan dari arah mata angin tersebut sesuai yang muncul pada layar untuk mendapatkan poin.

Game rhythm mengharuskan pemain selalu fokus pada layar dan dibarengi dengan kecepatan. Ada beberapa game rhythm yang bisa kamu mainkan untuk merasakan sensasi dari kombinasi musik dan game.

Rekomendasi 5 Game Rhythm yang Asyik Dimainkan

Berikut ialah rekomendasi 5 game dengan genre rhythm yang dapat kamu mainkan sekaligus menambah pengetahuan dari “kekepoan” kamu tentang game rhythm.

Cytus

Cytus menjadi game pertama yang menjadi rekomendasi untuk kamu bermain game Rhythm. Game Rhythm satu ini dikembangkan sekaligus diterbitkan oleh Rayark Games pada 2012.

Game yang menceritakan tentang kehidupan di masa depan yang diisi oleh para robot. Dimana robot akan menyimpan memori atau perasaan dari manusia yang ditempatkan pada Cytus.

Hal itu disebabkan karena ruang penyimpanan yang diisi untuk perasaan atau kenangan dari manusia ini terbatas. Untuk menangani hal tersebut para robot mengubah kenangan atau perasaan menjadi lagu yang disimpan pada Cytus.

Cytus memiliki rating 4.5 dan telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Google Play Store. Game musik satu ini terdapat free musik yang dapat kamu mainkan yang membuat alur permainannya menjadi lebih seru dan menarik.

Tertarik memainkan game Rhythm satu ini yang bertemakan para robot? Perangkat OS wajib kamu minimal Android 4.4 untuk dapat memainkan game Rhythm robot satu ini.

Deemo

Deemo merupakan game yang dikembangkan oleh Rayark dan dirilis pada 2013 pada platform IOS dan Android. Game ini mengharuskan pemain untuk menekan note piano yang ditampilkan pada layar sesuai dengan pilihan musik dari masing-masing pemain.

Game ini menceritakan tentang seorang gadis yang jatuh dari jendela ke dunia lain. Setelah ke dunia yang tidak dikenalinya, gadis tersebut bertemu dengan sosok hitam dan meminta tolong kepadanya supaya bisa diantarkan kembali ke rumahnya.

Setelah itu mereka berdua menanam pohon dengan harapan pohon tersebut tumbuh besar yang dimana pohon itu akan menjadi tangga untuk sang gadis pulang. Pohon itu akan tumbuh apabila pemain menyelesaikan lagu yang ada di dalam game Deemo.

Dalam proses tersebut, pemain berangsur-angsur akan mengetahui mengenai sosok gadis tersebut dan juga sosok hitam yang ada di dalam game ini. Pemain juga akan mengetahui mengenai dunia tersebut dan alasan kenapa sang gadis bisa masuk ke dunia lain.

Gimana kamu sudah tertarik memainkan game rhythm satu ini? Jika kamu tertarik mengenai kelanjutan dan misteri dari game Deemo, kamu dapat mengunduhnya pada platform IOS maupun Android.

Piano Tiles

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing dengan game satu ini. Game ini mengharuskan pemain untuk menyelesaikan rintangan dengan menyentuh ubin hitam pada layar tanpa ada kesalahan sama sekali.

Jika pemain menyentuh ubin hitam akan menghasilkan suara atau efek piano yang menarik sesuai dengan namanya yaitu Piano Tiles.

Game ini juga memiliki berbagai macam mode didalamnya yang dapat menguji kecepatan tangan kamu ketika bermain. Game yang dikembangkan oleh Cheetah Game Studio ini pertama kali diluncurkan pada 2014.

Namun saudaranya yaitu Piano Tiles 2 juga sudah dirilis pada 2015 yang dapat kamu mainkan pada platform IOS maupun Android.

Piano Tiles dan Piano Tiles 2 menjadi game rhythm yang mengharuskan kamu memiliki tangan yang fash hand ketika bermain game ini. Hal itu dikarenakan kamu harus menyentuh ubin hitam dengan tempo waktu yang semakin cepat.

Eits! Tidak perlu khawatir jika kamu kesulitan memainkan game Piano Tiles. Kamu dapat mencoba beberapa macam mode dengan beragam tingkat kesulitan yang bisa melatih reflek pada tangan kamu.

Tertarik memainkan game rhythm piano satu ini? Kamu dapat mengunduhkan pada platform Android atau pun IOS.

Arcaea

Arcaea merupakan game rilisan dari Lowiro pada maret 2017. Game mobile bergenre rhythm ini dapat dimainkan pada platform iOS maupun Android. Arcaea telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating 4.8 pada Google Play Store.

Alur permainan dari game Arcaea ialah pemain harus mengklik atau menggeser titik pada layar dengan berbagai kesulitan sesuai dari lagu yang kamu pilih.

Arcaea memiliki 160 lagu lebih dari 100 artis terkenal yang dapat menghibur sekaligus memberikan kamu sensasi yang berbeda ketika memainkan game rhythm satu ini.

Kamu dapat memainkan game Arcaea pada platform Android dan iOS. Namun jika kamu pengguna Android, perangkat OS kamu minimal 5.0 untuk dapat memainkan game bergaya anime yang memukau satu ini.

Lanota

Lanota merupakan game yang dikembangkan sekaligus diterbitkan oleh Noxy Games pada 2016. Game ini tergolong menjadi salah satu game rhythm yang sulit untuk dimainkan.

Kamu perlu beberapa kali dalam mencobanya supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Pemain harus mengetuk, menahan, menggeser hingga mengibaskan jari kamu sesuai dengan nada yang muncul pada layar yang disebut Notalium Tuner.

Biasanya pada Notalium kamu mengharuskan menyelesaikan lagu dengan berbagai tingkat kesulitan. Notalium tersebut akan kamu gunakan untuk mendapatkan beberapa lagu untuk dimainkan.

Lanota telah diunduh lebih dari 1 juta dengan rating 4.6 pada layanan Google Play Store. Apakah kamu tertarik memainkan game rhythm ini? Kamu dapat mengunduhnya pada platform iOS maupun Android.


Itulah penjelasan mengenai apa itu genre game rhythm beserta beberapa rekomendasi game rhythm yang dapat kamu mainkan pada perangkat ponsel kamu. Apakah kamu sudah tertarik memainkan game tersebut?