Cara Melatih Tangan agar Fast Hand dalam Bermain Game Kompetitif

1517
Cara Melatih tangan agar fast hand

Memiliki tangan yang fast hand menjadi salah satu keinginan bagi setiap pemain (player). Terlebih lagi bagi atlet esports, baik itu game PC (personal computer) ataupun smartphone yang di mana memiliki tangan fast hand bisa menjadi suatu keunggulan.

Dalam bermain game MOBA, memiliki tangan yang fast hand seharusnya menjadi skill yang harus dimiliki oleh setiap pemain. Bagaimana tidak? Memiliki tangan yang fast hand dalam bermain game MOBA akan membuat pemain semakin lincah dan sulit untuk dibunuh.

Terlebih saat ini game MOBA menjadi salah satu game yang banyak diminati oleh masyarakat. Hanya bermodalkan ponsel dan jaringan internet saja sudah bisa membuat setiap orang untuk bermain kapan saja dan dimana saja.

Banyak cara untuk melatih supaya tangan menjadi fast hand, salah satu yang paling umum ialah dengan sering-sering dalam bermain dan memakai hero-hero yang tingkat kesulitannya tinggi untuk pemain MOBA.

Namun di samping “berlatih langsung”, ada juga cara alternatif yang dapat digunakan sebagai cara melatih tangan agar fast hand.

Cara Melatih Tangan agar Fast Hand

  1. Pemanasan sebelum bermain
  2. Menggunakan hand warmer
  3. Mencari posisi paling nyaman ketika menggunakan ponsel, keyboard dan mouse
  4. Mengubah tata letak sesuai dengan keinginan

Pemanasan Sebelum Bermain

Cara Melatih Tangan agar Fast Hand. Pemanasan Tangan

Pemanasan dengan peregangan jari-jari dan juga tangan bisa menjadi kunci utama dalam menunjang pemain supaya fast hand. Peregangan pada jari-jari bisa dilakukan dengan waktu 5 menit sebelum bermain.

Dengan melakukan pemanasan, jari-jari di sekitar tangan menjadi tidak kaku dan menghindari kram pada jari. Pemanasan pada jari bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti hand grip, bola remas ataupun dumbbell.

Setelah melakukan pemanasan pada jari ataupun tangan, akan membuat jari lebih maksimal ketika bermain. terlebih akan ada perbedaan dari sebelum ataupun sesudah ketika melakukan pemanasan.

Menggunakan Hand Warmer

Cara Melatih Tangan agar Fast Hand. Hand Warmer
Sumber: redbull.com

Bagi pemain MOBA khususnya Mobile Legends, banyak pro player MLBB yang menggunakan hand warmer ketika sedang drafting ataupun saat jeda masalah teknis (pause) ketika bertanding. Lalu apa fungsinya?

Fungsi dari hand warmer ini tidak lain adalah untuk menghangatkan tangan yang membuat jari-jari dan telapak tangan menjadi hangat.

Selain itu dengan menggenggam hand warmer dapat membuat pembuluh darah di tangan menjadi lancar yang membuat tangan lebih optimal ketika bermain.

Hand warmer juga bisa digunakan oleh pemain-pemain dari game FPS ya. Fungsi dari hand warmer ini juga berlaku untuk game lain, seperti misalnya game dengan genre FPS untuk terus menjaga performa dari jari ataupun tangan dalam kondisi yang baik dan stabil.

Cari Posisi Paling Nyaman ketika Menggunakan Ponsel, Keyboard atau Mouse

Cara Melatih Tangan agar Fast Hand. Ponsel, Keyboard dan Mouse
Sumber: YouTube (MAHA GADGET)

Bagi pemain MOBA ataupun FPS terutama di game ponsel, mencari posisi tangan yang nyaman ketika bermain merupakan hal yang penting.

Bagaimana tidak? ketika bermain kita harus memposisikan jari-jari tangan senyaman mungkin untuk menunjang performa ketika bermain.

Ketika posisi nyaman sudah ditemukan saat menggunakan ponsel, barulah menggunakan hero ataupun senjata (weapon) yang sesuai dan berlatih secara rutin supaya tambah jago (pro).

Penggunaan keyboard dan mouse juga menjadi hal yang harus diperhitungkan ketika bermain game PC. Pemilihan keyboard dan mouse bisa mempengaruhi kecepatan tangan dalam bermain game.

Pemilihan ukuran keyboard yang sesuai juga harus diperhitungkan. Ukuran maupun tipe pada keyboard harus sesuai dengan kenyamanan pada jari ketika bermain.

Tidak berbeda jauh dengan perangkat keyboard, mouse juga turut menjadi faktor penting ketika bermain. Pilihlah mouse yang sesuai dengan ukuran tangan.

Mengubah Tata Letak Kontrol sesuai Kenyamanan

Cara Melatih Tangan agar Fast Hand. Tata Letak

Mengubah tata letak yang sesuai dengan keinginan pada game juga menjadi faktor yang penting. Dengan mengubah tata letak, kenyamanan dari pemain akan semakin lebih tinggi.

Mengubah tata letak dari yang standar menjadi custom juga akan memberikan perbedaan dari pada pemain lainnya. Mengubah tata letak tersebut dapat membuat jari lebih sesuai pada tombol ataupun ukuran di dalam game.

Game yang Bisa Dimainkan untuk Melatih Refleks Tangan Supaya Fast Hand

Ada beberapa game yang dapat dimainkan untuk melatih reflek pada tangan. Berikut adalah rekomendasi game mini yang dapat dimainkan untuk melatih tangan supaya fast hand:

Game Refleks #1: Piano Tiles

Fast Hand. Piano Tiles

Piano Tiles merupakan game arcade musik. Cara bermain dari game ini ialah, pemain harus menyentuh kotak hitam pada papan vertikal secara terus-menerus tanpa melakukan kesalahan.

Game yang dapat diiringi oleh musik ini bisa menjadi rekomendasi bagus untuk melatih reflek pada tangan. Pada saat memainkan Piano Tiles, semakin lama pemain bertahan akan semakin cepat papan dan kotak hitam melaju.

Dengan berbagai rintangan yang ada, game yang membutuhkan kecepatan pada tangan ini akan membuat pemain harus berkonsentrasi ketika bermain. Setelah menyelesaikan musik pertama, pemain akan melanjutkan level selanjutnya yang sudah tidak terkunci.

Game Refleks #2: Geometry Dash

Fast Hand. Geometry Dash

Geometry Dash merupakan game bergendre runner horizontal atau game yang berlari dari kiri ke kanan. Game yang dirilis tahun 2013 ini menjadi salah satu game yang membutuhkan kecepatan tangan sekaligus konsentrasi yang ekstra.

Pemain akan menggunakan objek seperti kotak dadu yang dimana kotak tersebut akan berjalan ke arah kanan namun harus menghindari rintangan-rintangan yang beragam.

Game yang tergolong sulit ini akan membuat pemainnya harus memiliki reflek yang cepat sekaligus konsentrasi yang mumpuni untuk menyelesaikan level-level yang ada pada game Geometry Dash.

Geometry Dash menjadi salah satu rekomendasi bagi yang mau berlatih reflek pada tangannya.

Game Refleks #3: Fruit Ninja

cara melatih tangan agar Fast Hand. Fruit Ninja

Fruit Ninja merupakan game yang dimana pemain harus membelah buah-buahan yang ada untuk mendapatkan poin dengan menggunakan pedang. Fruit Ninja menjadi salah satu game yang tegolong mudah ketika dimainkan.

Pemain cukup membelah buah-buah yang dimunculkan. Walaupun terlihat mudah, pemain juga harus menghindarkan rintangan yang diberikan. Pemain dapat menggunakan combo, critical dan blitzing untuk mempermudah dan menaikan level pada game.

Game yang tergolong ringan untuk dimainkan ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk melatih reflek pada tangan.

Game Refleks #4: AyoDance Mobile

Cara melatih tangan agar fast hand

AyoDance merupakan salah satu game PC yang saat ini sudah memiliki versi mobile. Salah satu game bagi anak pacaran ini merupakan game yang tergolong sulit untuk dimainkan.

Bahkan untuk AyoDance PC terkenal dengan berisiknya dalam menggunakan keyboard ketika bermain dikarenakan terlalu fokus dan menikmati keynote yang dimunculkan pada layar monitornya.

AyoDance Mobile saat ini menjadi salah satu game untuk melatih kecepatan jari ketika bermain. Pemain juga harus fokus dalam menyelesaikan pola keynote yang muncul untuk mendapatkan poin.

Walaupun tergolong lebih mudah dibandingkan AyoDance PC, pada AyoDance Mobile pemain hanya menyelesaikan 2 sampai 4 keynote yang ditampilkan. Sedangkan pada AyoDance PC, pemain harus menyelesaikan 4 hingga 8 keynote yang harus diselesaikan.


Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk menjawab cara melatih tangan agar fast hand ketika bermain game kompetitif (esports). Cara-cara tersebut bisa diterapkan untuk membuat pengalaman lebih baik lagi ketika bermain.