Apa Itu Google Play Points?

0
43
google play points

Apa itu Google Play Points? Google Play Points adalah sebuah program reward yang diberikan oleh Google kepada para pengguna Google Play.

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa Google Play Points sudah resmi diluncurkan di Indonesia. Fitur ini baru saja resmi diluncurkan di Indonesia menyusul negara-negara lain yang sudah mendapatkan pembaruan Google Play Points seperti Australia, Korea, dan Jepang.

Google Play Points diluncurkan untuk memberikan apresiasi atau reward bagi pengguna Google Play. Pengguna Android tentunya sering menggunakan Google Play untuk mengunduh atau membeli aplikasi-aplikasi dan gim yang mereka butuhkan ke perangkat mereka.

Adanya program reward seperti Google Play Points ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna Google Play.

Lalu apa itu Google Play Points? Berikut ini ulasan mengenai Google Play Points dan segala hal yang perlu kamu tahu tentang program reward ini.

Apa Itu Google Play Points?google play points

Google Play Points adalah sebuah program reward yang diberikan oleh Google kepada para pengguna Google Play. Program ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan reward berupa poin untuk berbagai aktivitas pengguna dalam Google Play seperti pembelian aplikasi berbayar.

Nantinya, poin-poin yang sudah kamu dapatkan bisa kamu tukarkan dengan berbagai hadiah termasuk in-game items. Bagi para gamers, hal ini tentunya sangat menarik dan membantu untuk mendapatkan item-item dalam gim baik untuk koleksi maupun untuk meningkatkan skill.

Penggunaan poin-poin reward ini bisa membantumu berhemat karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan pembelian dalam gim. Selain itu, poin-poin yang sudah kamu kumpulkan juga bisa kamu tukarkan dengan hal-hal lain seperti kupon diskon atau saldo Google Play.

Serupa dengan program reward lain, Google Play Points juga memiliki sistem level. Nanti level kamu akan naik seiring dengan jumlah poin yang kamu dapatkan. Semakin tinggi level kamu, kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan seperti poin yang lebih banyak dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan di Google Play.

Ketentuan Google Play Pointsgoogle play points

Ketentuan yang berlaku di Google Play Points berbeda di setiap negara yang menyediakan program ini. Di Indonesia, sebagai permulaan kamu akan mendapatkan satu poin setiap kamu membelanjakan Rp. 1.500 di Google Play. Poin yang kamu dapatkan merupakan kelipatan dari jumlah minimal pembelian ini.

Pada minggu-minggu awal kamu bergabung di program ini, kamu akan mendapatkan penawaran sambutan berupa 3 kali bonus poin. Setelah kamu mengumpulkan cukup poin yang ditentukan, kamu akan naik level dan mendapatkan berbagai keuntungan tambahan.

Cara Bergabung Google Play Pointsgoogle play points

Untuk bergabung dalam program Google Play Points, kamu harus berada di negara yang telah mendapatkan program ini termasuk Indonesia. Selain itu, kamu juga harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Memiliki perangkat komputer atau Android yang mendukung Google Play.
  • Akun Google Play yang tidak dikelola sekolah maupun orang tua.
  • Metode pembayaran yang valid.
  • Alamat tagihan yang sesuai dengan negara tempat kamu tinggal.

Kalau kamu memenuhi semua syarat di atas, kamu sudah bisa bergabung di program Google Play Points secara gratis. Caranya pun cukup mudah dan bisa kamu ikuti melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Google Play Points

Kalau perangkatmu sudah update, saat masuk Google Play kamu akan melihat banner Google Play Points. Klik banner tersebut kemudian klik tombol Bergabung gratis.

  1. Pilih Metode Pembayaran

Kamu akan diarahkan untuk memiilih metode pembayaran. Metode penagihan yang tersedia pun cukup beragam sehingga bisa kamu pilih secara leluasa.

Metode pembayaran yang bisa kamu pilih termasuk pembayaran dengan pulsa seluler, kartu kredit atau debit, ShopeePay, DANA, DOKU, dan GoPay.

Metode pembayaran ini akan menjadi metode pembayaran yang kamu gunakan dalam setiap transaksi di Google Play.

  1. Verifikasi Akun

Selanjutnya, kamu harus memverifikasi akun kamu sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih.

  1. Lengkapi Alamat Penagihan

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Google Play untuk melengkapi alamat penagihan berupa kode pos sesuai dengan alamat tempat tinggal kamu.

Cara Mendapatkan Poingoogle play points

Setelah proses pendaftaran berhasil, kamu bisa mulai mengumpulkan poin dengan cara melakukan transaksi pembelian di Google Play atau mendownload gim atau aplikasi gratis yang tercakup dalam program.

Selengkapnya mengenai cara mendapatkan poin di Google Play Points adalah sebagai berikut:

  • Membeli aplikasi atau gim di Google Play
  • Melakukan pembelian di dalam gim atau aplikasi
  • Berlangganan aplikasi tertentu
  • Membeli buku di Google Play Book
  • Membeli film atau acara TV di Google Play Movies
  • Membeli atau berlangganan musik di Google Play Music

Sebagai permulaan kamu, akan berada di level Bronze dengan benefit berupa 1 poin untuk setiap Rp. 1.500 yang kamu keluarkan untuk transaksi di Google Play. Untuk pengguna baru, terdapat berbagai penawaran sambutan seperti 3 poin lebih banyak untuk setiap transaksi selama 7 hari pertama.

Selain itu, terdapat juga program-program khusus seperti 5 poin untuk pembelian gim atau aplikasi yang terdaftar dalam program. Program-program khusus ini hanya berlaku pada masa program yang berbeda-beda untuk setiap gim atau aplikasi.

Misalnya saja, kamu akan mendapatkan 5 poin untuk setiap Rp. 1.500 pembelian untuk gim The King of Fighters yang berlaku sampai tanggal 11 November 2021.

Untuk naik ke level berikutnya yaitu Silver, kamu hanya perlu 300 poin. Nantinya, kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan seperti jumlah poin yang lebih banyak yaitu 1,10 untuk setiap Rp.1.500 yang kamu keluarkan.

Saat kamu mencapai level Silver kamu juga berkesempatan mendapatkan hadiah mingguan yang bisa kamu klaim.

Menggunakan Google Play Pointsgoogle play points

Setelah poin terkumpul, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti membeli in-game items atau ditukar menjadi saldo Google Play yang juga bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi.

Ketika kamu menggunakan poin untuk transaksi, saldo poin kamu akan berkurang. Akan tetapi, jumlah poin yang tercatat dalam akun untuk kenaikan level tidak akan dikurangi.

Perlu diingat, poin yang sudah kamu kumpulkan akan hangus dalam waktu satu tahun apabila tidak digunakan. Selain itu, kalau kamu membatalkan transaksi yang dibayar dengan Play Points, poin yang kamu gunakan akan tetap hangus atau tidak dikembalikan ke saldo.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Google Play Points

Ada beberapa tentang Google Play Points yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

  • Kamu hanya bisa mendaftar Play Points melalui perangkat Android. Meski demikian, kamu akan tetap bisa mendapatkan poin saat bertransaksi di Google Play menggunakan komputer maupun smart TV.
  • Kamu tidak bisa membeli poin. Poin hanya bisa didapatkan sebagai reward ketika kamu melakukan transaksi. Sebaliknya, kamu juga tidak bisa menukar poin menjadi uang cash.
  • Kamu tidak bisa menransfer poin kamu kepada orang lain.
  • Kalau kamu berpindah negara dan mengganti alamat penagihan, maka poin yang sudah pernah kamu dapatkan akan hangus. Demikian juga dengan level yang sudah kamu peroleh sehingga kamu harus mengulang dari awal.

Demikian ulasan lengkap mengenai apa itu Google Play Points. Kamu sudah bisa mendaftar dan mulai mengumpulkan poin sekarang. Semakin banyak transaksi dan program-program yang kamu ikuti, semakin banyak juga poin yang bisa kamu kumpulkan.