Apa Itu OBS Studio dan Cara Pakainya

0
225
Apa Itu OBS Studio
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Di dunia yang serba digital ini, untuk melakukan live streaming dibutuhkan aplikasi broadcasting. Salah satunya adalah OBS Studio. Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar nama aplikasi tersebut. Namun apakah kamu sudah tahu apa itu OBS Studio?


Live streaming kini telah menjadi salah satu aktivitas yang saat ini banyak dilakukan oleh netizen. Tidak hanya untuk sekedar hiburan, banyak orang melakukannya untuk keperluan mengajar hingga berdiskusi.

Saat ini, OBS Studio masih menjadi andalan karena dari segi penggunaan lebih mudah. Anda bisa menggunakannya secara gratis tanpa ada batasan waktu. Banyak fitur yang tersedia sehingga akan membuat live streaming Anda akan lebih menarik.

Anda juga bisa sekaligus merekam tampilan yang ada di layar selama live streaming, sehingga bisa dijadikan dokumentasi atau keperluan editing lainnya.

Apa Itu OBS Studio?

OBS Studio

OBS Studio merupakan aplikasi live streaming dan video recording yang bersifat open source. Tak heran jika penggunanya tidak perlu membayar terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini tersedia dalam beberapa versi mulai dari Windows, macOS hingga Linux. OBS Studio cukup ringan saat digunakan sehingga tidak membutuhkan laptop maupun PC dengan spesifikasi tinggi.

Dengan bantuan OBS Studio, Anda bisa melakukan berbagai hal pada saat live streaming. Seperti menambahkan gambar, suara hingga mengatur peletakan objek. Anda bisa dengan mudah melakukan live streaming di YouTube, Instagram dan berbagai platform lainnya. Cocok untuk Anda yang ingin lebih kreatif dalam menjalani aktivitas digital.

Cara Menggunakan OBS Studio

OBS Studio

Agar selama menggunakan OBS Studio tidak banyak kendala, sangat disarankan untuk Anda menggunakan laptop maupun PC yang memiliki spesifikasi menengah ke atas.

Khususnya jika Anda ingin melakukan live streaming menggunakan aplikasi ini. Untuk langkah-langkah menggunakan OBS Studio-nya, ikuti tahapan di bawah ini.

Download dan Instal OBS Studio

Download OBS Studio melalui halaman resminya, kemudian pilih sistem operasi yang Anda gunakan. Setelah itu klik Download Installer agar lebih cepat, secara otomatis file OBS Studio akan ter-download. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung melakukan instalasi seperti menginstal aplikasi desktop pada umumnya.

Cara Melakukan Live Streaming

Setelah aplikasi terinstal, Anda bisa langsung memulai untuk melakukan live streaming. OBS Studio mendukung banyak platform seperti YouTube, Twitch, Facebook Live, Nimo TV dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin live streaming YouTube, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buka Aplikasi OBS Studio

OBS Studio

Langkah pertama, kalian perlu membuka aplikasi OBS Studio terlebih dahulu. Kemudian klik ikon + yang ada di kolom Source, lalu pilih Display Capture. Secara otomatis, semua yang tampil pada layar laptop akan ditayangkan selama live streaming. Anda juga bisa menambahkan banyak hal untuk ditampilkan baik teks, gambar maupun suara melalui bagian Source tadi.

Setting Live Streaming

OBS Studio

Pastikan kalian sudah memiliki Streaming Key terlebih dahulu yang bisa didapatkan melalui halaman live streaming kanal YouTube masing-masing. Setelah itu, masuk ke bagian File>Settings pada OBS. Buka bagian Stream, kemudian pilih YouTube pada bagian Service. Lalu masukkan Streaming Key tadi pada kolom Stream Key kemudian klik Apply.

Mulai Streaming

OBS Studio

Pada tahap ini, Anda sudah bisa langsung memulai live streaming. Caranya dengan mengklik tombol Start Streaming pada bagian Controls. Pastikan laptop atau PC yang digunakan mendapatkan akses internet yang cepat dan stabil. Karena kualitas tayangannya sangat dipengaruhi kualitas internet yang digunakan.

OBS Studio menyediakan berbagai setting-an yang berkaitan dengan audio, video, dan masih banyak lagi. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan agar live streaming lebih menarik untuk disaksikan.

Cara Merekam Layar dengan OBS Studio

Jika Anda ingin menggunakan OBS Studio hanya untuk keperluan recording, pada saat penginstalan aplikasi tersebut bisa memilih Optimize just for recording

Buka Aplikasi OBS Studio

OBS Studio

Buka terlebih dahulu aplikasi OBS yang terinstal di laptop atau PC Anda. Pilih sumber mana yang akan kalian rekam, jika ingin merekam seluruh layar yang tampil bisa memilih Display Capture di bagian Source.

Caranya dengan mengklik tombol +, kemudian pilih sesuai keinginan. Anda juga bisa menambahkan teks atau objek lainnya agar hasil recording lebih bagus.

Lakukan Pengaturan

Aplikasi Recording

Untuk tahap ini sebenarnya optional. Anda bisa mengaturnya atau tidak sesuai dengan keinginan. Untuk melakukan pengaturan, klik pada menu Settings pada bagian Controls. Beralih ke bagian Output, Anda bisa mengatur lokasi penyimpanan hasil rekaman, kualitas rekaman hingga format video yang dihasilkan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur audio dan video sesuai dengan keinginan.

Mulai Recording

OBS Studio

Setelah pengaturan selesai, Anda bisa langsung memulai recording dengan mengklik tombol Start Recording. Perlu diketahui, selama recording seluruh tampilan layar akan terekam. Agar hasil rekamannya bagus, Anda bisa menonaktifkan notifikasi-notifikasi dari aplikasi muncul yang mungkin akan muncul pada saat recording. 

Kelebihan OBS Studio Dibanding Aplikasi Lain

Kelebihan OBS Studio

Dari banyak aplikasi live streaming maupun recording, OBS Studio masih menjadi favorit. Ada beberapa kelebihan yang menjadikannya banyak jadi pilihan.

Bisa Menambahkan Banyak Sumber Tayangan

Melalui aplikasi OBS, Anda akan lebih mudah dalam mengatur apa saja yang akan ditampilkan pada live streaming atau recording. Di bagian source, Anda bisa menambahkan browser windows, webcam, teks, gambar, capture window dan masih banyak lagi. Dengan fitur ini, Anda akan lebih cepat dalam mengatur apa saja yang akan ditampilkan.

Scene Tanpa Batas

Scene merupakan tampilan yang akan ditayangkan pada saat Anda melakukan live streaming. Anda bisa membuat beberapa scene sekaligus dan mengatur urutan penayangannya saat live streaming berlangsung. Cocok digunakan untuk broadcasting seperti untuk menayangkan acara musik atau olahraga.

Terdapat Fitur Audio Mixer

Seperti yang kita tahu, suara memiliki peranan penting agar tayangan lebih menarik. Anda bisa mengatur sendiri beberapa audio yang bakal dimasukan, seperti Desktop Audio, Mic, Video Capture Video hingga Audio Input Capture.

Mendukung Banyak Platform

Saat ini, OBS Studio mendukung banyak platform seperti YouTube, Facebook Live, Twitch hingga NimoTV. Anda akan lebih mudah dalam menghubungkan aplikasi OBS dengan saluran yang Anda gunakan. Tak heran jika aplikasi ini banyak digunakan oleh gamers yang suka melakukan live streaming saat bermain.

Pengaturan yang Lengkap

Anda diberi keleluasaan tersendiri dalam melakukan pengaturan yang berkaitan dengan audio, video, output dan lainnya. Pengaturannya sangat simpel, pemula tidak akan kesulitan pada saat menggunakan aplikasi ini. Banyak tutorial di Internet yang bisa memandu untuk menyelesaikan pengaturan, atau Anda bisa menggunakan pengaturan bawaan.

Karena banyak kelebihannya, OBS masih menjadi Andalan sampai saat ini. Aplikasi ini juga terbilang ringan sehingga cocok untuk banyak jenis laptop maupun PC. Anda bisa menggunakan aplikasi ini kapanpun karena memang tersedia secara gratis.


Nah buat Anda yang ingin melakukan live streaming maupun video recording, lebih baik menggunakan OBS Studio. Aplikasi ini yang paling mudah digunakan untuk para pemula maupun expert.

Media Partnership