Apa Itu PUBG Mobile Lite? Simak Pembahasan Ini!

0
107
Apa Itu PUBG Mobile Lite?
Ad

Apa Itu PUBG Mobile Lite? – Perkembangan game yang cukup pesat di era ini telah banyak menghadirkan inovasi gaming experience yang terus menerus menuntut sisi perangkat keras (alias smartphone ataupun laptop gaming) untuk bisa mengimbangi perkembangan gim tersebut.

Salah satu gim yang populer di masa keemasan esports adalah PUBG. Tidak cukup dengan menghadirkan PUBG versi mobile-nya yang dipercaya terlalu eksklusif hanya untuk mereka yang memiliki gadget high-end, kini mereka kembali hadir dengan genre battle royale versi mini, atau yang diberi nama PUBG Mobile Lite.

PUBG Mobile Lite masih berkonsep sama dengan seri sebelumnya PUBG yang menyajikan sebuah peperangan di sebuah pulau, dan mengharuskan para player-nya untuk bisa bertahan hingga menjadi orang terakhir yang hidup.

Penasaran dengan versi mini dari PUBG Mobile ini? Yuk simak pembahasan berikut.

Sekilas Tentang Apa Itu PUBG Mobile Lite

PUBG Mobile Lite

Setelah menikmati kesuksesan PUBG dalam esports maupun mobile esports, kali ini PUBG Mobile hadir dengan versi lite-nya atau versi yang lebih ringan. Tujuan versi ini tidak lain adalah untuk bisa menjangkau para pemain yang memiliki smartphone dengan spesifikasi “kentang”.

Bagaimana Terbentuknya PUBG Mobile Lite?

PUBG Mobile Lite

Seiring perkembangan PUBG Mobile yang cukup banyak, mulai dari varian skin untuk senjata dan pakaiannya, hingga map baru dan mode baru yang terus bermunculan, hal ini membuat permainan tersebut menjadi lebih berat, dan secara tidak langsung menuntut device yang cukup mumpuni juga.

Apalagi graphic dan visual yang dihadirkan dalam PUBG Mobile pun menjadi lebih bagus lagi, seperti teksturnya sehingga gameplay terlihat lebih nyata atau realistic.

Di sisi lain, selain memanjakan pemain, hal ini juga yang membuat para gamer gadget lawas menderita karena performa perangkat yang sulit untuk mengimbangi kecanggihan dari si PUBG Mobile.

Namun, Tencent tidak tinggal diam melihat para pemainnya perlahan beralih ke gim yang “kentang”. Tencent lantas mengeluarkan inovasi untuk menjawab kegelisahan gamer “kentang” tersebut dan terciptalah PUBG Mobile Lite.

PUBG Mobile Lite ini jelas merupakan versi yang lebih inferior daripada PUBG Mobile asli, mengingat ada banyak fitur yang dimodifikasi agar cocok untuk HP “kentang”. Mulai dari desain map, skin yang dihadirkan, hingga visual dan graphic-nya itu sendiri.

Namun jangan khawatir, biar lebih cupu, PUBG versi mobile dan lite ini masih memiliki berbagai fitur menarik yang membuatmu tetap puas bermain battle royale.

Alur Permainan dari PUBG Mobile Lite

PUBG Mobile Lite

Pada awal permainan kalian akan dapat memilih bermain Solo, Duo, atau Squad, sebelum mencari permainan supaya dapat memilih ingin bermain sendiri atau bersama team. Setelah babak permainan telah ditemukan (matchmaking), kalian akan menunggu pemain lainnya berkumpul semua di sebuah pulau kecil atau tempat kecil.

Selanjutnya setelah mulai, kalian akan diarahkan pada pulau sesungguhnya dan menaiki sebuah pesawat untuk terjun ke tempat yang kalian pilih. Yang membuatnya berbeda dari versi aslinya dan menjadikannya lebih ringan adalah kalian hanya akan berperang bersama 60 pemain lainnya tidak seperti aslinya yakni 100 pemain.

Jika kalian telah turun ke pulau atau spot yang kalian tuju, kalian bisa menuju bangunan yang ada untuk mencari barang dan perlengkapan lainnya. Atau kegiatan tersebut biasa kita kenal dengan nama Looting, lakukan hingga kalian merasa siap bertempur atau saat mencari spot yang tepat.

Tetapi kalian tidak bisa lama-lama berada di spot yang sama bahkan saat berada di tepi pulau tersebut. Karena akan ada blue zone yang bergerak, jika kalian berada di zona tersebut HP kalian akan berkurang sedikit demi sedikit.

Jadi nanti semakin lama permainan, seluruh pemain yang masih hidup akan semakin berdekatan dan membuat permainan lebih cepat selesai. Maka dari itu, kalian harus bisa mencari spot yang tepat saat zona mengecil sambil Looting ria untuk membuat perlengkapan lebih lengkap.

Sehingga saat permainan mulai semakin panas, kalian dapat membunuh musuh dengan lebih cepat dan bertahan lama. Hingga kalian menjadi player terakhir yang bertahan, dan memenangkan pertandingan atau Chicken Dinner.

Map PUBG Mobile Lite

Map PUBG Mobile Lite

Varenga

Merupakan map dengan tampilan yang cukup mirip dengan Erangel tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Map Erangel pada PUBG Mobile memiliki ukuran 8x8km, sedangkan Varenga sendiri ukurannya hanya 2x2km.

Dengan begitu, permainan tersebut akan jauh lebih ringan daripada aslinya dan device yang cukup kentang mampu merasakan sensasi bermain permainan tersebut. Pada map ini juga kalian akan cukup mudah mendapatkan banyak senjata yang bagus, sehingga permainan pun menjadi jauh lebih cepat juga.

Golden Woods

Selanjutnya terdapat map dengan tampilan cukup beda, dan mungkin sedikit mirip beberapa bangunannya dengan map Sanhok pada versi aslinya. Tetapi tentunya dengan tekstur lapangan atau tanah yang berbeda, yakni cukup orange seperti musim semi.

Meskipun berukuran mini seperti map sebelumnya, ada beberapa senjata yang hanya bisa kamu temui di sini. Hal ini tentunya memberikan sensasi tersendiri saat looting.

Selain itu, masih ada varian lain untuk map dalam gim ini setiap musimnya. Sebagai contoh saat ini map dihiasi dengan salju yang bertebaran, serta beberapa bangunan juga diselimuti dengan salju.

Senjata yang Tersedia di PUBG Mobile Lite

PUBG Mobile Lite

Untuk senjata yang dihadirkan pada versi lite ini, bisa dikatakan cukup sama dengan versi aslinya. Kategorinya pun sama lengkapnya seperti, Sub Machine Gun, Assault Rifles, Sniper Rifles, Shotguns, Light Machine Gun, Pistol, Automatic Sniper Rifles, dan Melee.

Namun untuk variasi senjata di tiap kategorinya tidak terlalu lengkap, contohnya seperti pada Assault Rifles (AR) hanya tersisa: AK-47, M416, M16A4.

Tetapi yang cukup membedakan yakni damage yang dihasilkan oleh setiap senjatanya tersebut, berbeda cukup jauh dari versi aslinya. Sebagaimana senjata AR memiliki damage yang cukup kecil dibandingkan PUBG Mobile yang asli. Adapun varian senjata yang tersedia secara lengkap ada di dalam kategori Melee, Light Machine Gun, dan Sniper Rifles.

Walaupun banyak sekali senjata, map, dan juga jumlah pemain yang berkurang, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi experience dalam gim ini.

Sejauh ini, PUBG Mobile Lite hanya tersedia di perangkat Android dan merupakan aplikasi independen (tidak terhubung dengan pemain di PUBG ataupun PUBG Mobile). Untuk spesifikasinya, kamu hanya perlu smartphone dengan RAM 1 GB dan penyimpanan sebesar 500 MB.

Itulah dia pengenalan tentang apa itu PUBG Mobile Lite. Gim ini merupakan pilihan terbaik untuk para pengguna smartphone berspesifikasi rendah. Dengan gim ini kalian tidak perlu lagi bingung untuk mencari sensasi keseruan perang ala battle royale.