Apa Itu PUBG Mobile?

1
6
Mengenal PUBG Mobile
Ad

Sebagian dari kalian mungkin sudah sempat memainkan apa itu PUBG Mobile. Gim yang merupakan pesaing dari Free Fire ini tengah berada di puncak kesuksesannya untuk kategori battle royale, tidak hanya di Indonesia, melainkan dunia.

Dalam gim ber-genre Battle Royale ini, pemain akan disuguhkan gameplay yang begitu mendebarkan. Semua pemain akan saling bertempur hingga menyisakan seorang pemain yang memenangkan pertempuran ini.

PUBG Mobile bisa dikatakan sebagai gim yang fenomenal. Bagaimana tidak, lebih dari 200 juta unduhan tercatat setelah setahun dirilis. Ini menunjukan bahwa respon pasar sangat baik terhadap gim yang satu ini.

Sangat menarik jika membahas gim PUBG Mobile ini, simak sampai akhir informasi di bawah ini.

Apa Itu PUBG Mobile?

Apa Itu PUBG Mobile

PUBG Mobile merupakan gim battle royale yang dirancang oleh Brendan Greene. Secara resmi gim ini dirilis secara global pada bulan Maret 2018. Pada dasarnya, PUBG memiliki tiga versi yang berbeda berdasarkan platform bermainnya.

Awalnya, gim ini tersedia untuk platform PC Windows melalui Steam. Sampai akhirnya tersedia untuk Xbox One hingga mobile seperti sekarang ini. Versi mobile-nya ini benar-benar mampu menembus pasar global secara merata, khususnya di kawasan Asia.

Dalam gameplay-nya, akan ada 100 pemain yang bertempur untuk menjadi pemenang. Pemain bisa memilih untuk bermain dalam mode solo (sendiri),duo (berdua), maupun squad (berempat).

Semua pemain akan mengawali permainan dari pesawat tempur yang akan memaksa mereka untuk terjun bebas di peta permainan menggunakan parasut. Setelah berhasil mendarat, para pemain perlu melakukan looting untuk mendapatkan senjata, baju perang dan berbagai alat penyokong kehidupan lainnya.

PUBG Mobile terkenal sebagai gim yang berat, butuh smartphone high-end untuk lancar memainkan gim ini. Akan tetapi, masalah itu bisa diselesaikan dengan hadirnya PUBG Mobile Lite. Ini merupakan versi ringan dari PUBG Mobile.

Namun yang jelas, kualitas grafisnya tentu lebih inferior dibandingkan dengan PUBG Mobile.

Sejarah PUBG Mobile

Apa Itu PUBG Mobile

Sosok yang ada di belakang terciptanya gim PUBG memang bukan sembarangan. Dia adalah Brendan Greene atau yang juga dikenal dengan sebutan PlayerUnknown. Awalnya, pria ini aktif dalam komunitas modder, ia berulang kali melakukan modifikasi terhadap beberapa gim. Dari hasil modifikasinya ini, dikenal DayZ yang menjadi cikal bakal penciptaan PUBG Mobile.

Awalnya, perusahaan PUBG Corporation yang dipimpin oleh Brendan hanya mengembangkan untuk konsol dan juga PC saja. Respon yang besar dari penggemar gim membuat PUBG berhasil memperoleh penghargaan Game of the Year setelah memecahkan rekor Steam dalam hal unduhan.

Sukses dengan kedua versi tersebut, PUBG Corporation lantas tertarik untuk merancang versi mobile-nya. Perusahaan tersebut memilih penerbit gim asal China, Tencent Games untuk bekerja sama mengembangkan PUBG Mobile.

Beberapa pengembang yang juga terlibat dalam PUBG Mobile di antaranya adalah Lightspeed dan Quantum Studio Group. Pada bulan Maret 2018, PUBG Mobile resmi rilis dan berhasil mendominasi pasar gim mobile esports dalam waktu singkat.

Gim ini menjadi salah satu yang paling laris di Google Play Store dengan jumlah unduhan lebih dari 100 juta kali. Keberhasilan ini tak lepas dari peran Tencent Games yang terus melakukan inovasi untuk menjadikan PUBG Mobile lebih baik lagi.

Alur Permainan PUBG Mobile

Map PUBG Mobile

Permainan diawali dengan berkumpulnya semua pemain di suatu area untuk bersiap-siap. Setelah itu, sebanyak 100 pemain akan terbang dalam satu pesawat. Dalam posisi ini, pemain bisa berkoordinasi dengan rekan tim lainnya untuk menentukan lokasi pendaratan.

Setelah lokasi pendaratan ditentukan, pemain bisa melombat untuk terjun ke area pertempuran, parasut bisa dibuka pada saat sudah mendekati daratan.

Tiap pemain akan memiliki lokasi terstrategis untuk melakukan pendaratan di map. Pada saat berhasil mendarat, para pemain akan segera berpencar untuk mencari perlengkapan perang. Tahapan ini dinamakan looting.

Akan lebih baik jika kamu menjadi pemain yang paling awal mendarat, sebab kamu bisa melakukan looting dengan lebih leluasa. Dalam posisi looting, bergeraklah secepat mungkin untuk menyisir bangunan-bangunan di sekitar.

Apa itu PUBG Mobile

Tidak lama setelah mendarat, akan muncul Play Zone yang ditandai dengan lingkaran kecil. Play Zone akan mengecil seiring berjalannya waktu, pemain harus bergegas agar tidak keluar dari zona tersebut.

Ketika pemain berada di luar Play Zone, secara otomatis pemain akan terkena damage tiap detiknya dan sangat berpotensi membuat nyawa melayang. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tetap memperhatikan Play Zone selama permainan.

Semakin mengecilnya Play Zone akan membuat permainan semakin menegangkan. Bila di awal permainan setiap pemain masih memiliki ruang gerak yang luas untuk melakukan looting atau bersembunyi, Play Zone yang semakin mengecil ini justru semakin mempertemukan para pemain untuk beradu tembak-menembak.

Bila ada pemain yang gugur dalam pertempuran (HP = 0), pemain yang mati tersebut akan meninggalkan kotak warisan yang bisa diambil oleh pemain lain yang masih hidup. Bila beruntung, kamu akan menemukan senjata dan berbagai item yang bisa mendukung keberlangsungan hidupmu dalam pertempuran ini.

Bermain dengan mode squad akan lebih seru untuk bertahan lebih lama. Pasalnya, pemain yang terkena kill masih dapat diselamatkan oleh rekan setimnya. Tidak langsung game over layaknya bermain di mode Solo.

Tim atau pemain yang berhasil bertahan sampai tidak ada lawan yang tersisa, berhak mendapatkan titel Chicken Dinner. Chicken Dinner merupakan istilah untuk pemenang dalam permainan PUBG Mobile.

Map PUBG Mobile

Map Erangel PUBG Mobile

Erangel

Di awal permainan, para pemain bisa bermain PUBG Mobile dengan map ini. Dalam map ini kamu akan mudah menemui bangunan-bangunan berukuran kecil. Jika ingin berpindah tempat yang jauh, sebaiknya menggunakan kendaraaan. Ada juga area-area kecil yang dihubungkan dengan jembatan antar pulau.

Miramar

Miramar menjadi map kedua yang ada di gim PUBG Mobile. Berukuran 8×8 km, map ini sangat luas untuk dijelajahi. Di map Miramar, para pemain akan disuguhkan dengan suasana perkotaan yang padat. Berbagai senjata bisa ditemukan di map ini, mulai dari AKM, M24, AWM, M414 dan masih banyak lagi.

Vikendi

Map Vikendi memiliki keunikan dimana tema arenanya bersalju. Para pemain harus lebih jeli ketika bermain untuk menemukan lawan. Banyak bebatuan yang kerap kali digunakan untuk menjadi tempat persembunyian lawan. Di map ini, terdapat 11 kota kecil yang bisa digunakan untuk pendaratan.

Sanhok

Berbeda dengan map Vikendi, map Sanhok terlihat dengan suasana daerah yang hijau dan asri. Banyak pepohonan yang ada akan membuat pertempuran seakan-akan berada di dalam hutan.

Livik

Livik menjadi map baru yang tersedia di PUBG Mobile. Dalam map ini, para pemain bisa menemukan kendaraan baru berupa truk monster yang tidak ada di map lain. Keunikan lainnya ada pada air terjun yang akan menambah kesan realistis dalam map tersebut. Di beberapa area, pemain akan melihat animasi rumput ketika pemain melewati rerumputan.

Senjata PUBG Mobile

Senjata PUBG Mobile

Sama seperti PUBG versi PC, dalam PUBG Mobile kamu juga akan menemukan variasi persenjataan dari Assault Rifles, Sniper Rifles, Designated Marksman Rifle (DMR), Submachine gun (SMG), Light machine gun (LMG). Shotgun, Pistol, dan Melee.

Setiap senjata di PUBG Mobile bisa dinilai kekuatannya berdasarkan 4 variabel: Power, Range, Recoil, dan Fire Rate. Hanya senjata jarak dekat kategori melee yang tidak memiliki efek recoil dan fire rate. Bagaimana tidak? Panci, golok, dan linggis hanya perlu diayunkan, bukan ditembakkan.


Itulah informasi perkenalan mengenai apa itu PUBG Mobile. Gim ber-genre battle royale ini sedang dalam puncak kesuksesannya. Hampir semua anak muda pasti mengenal gim yang sering dipertandingkan dalam esports ini.

Masih ada banyak aspek lain dari PUBG Mobile yang tidak kalah menarik untuk kalian telusuri, seperti Royale Pass, dan berbagai event dalam gim lainnya. Berlatih terus agar kalian bisa menjadi top global.

1 COMMENT

Comments are closed.