Apa Itu USBB (Ultra Space Battle Brawl)?

0
20
Gameplay Ultra Space Battle Brawl

Pada beberapa tahun terakhir ini, banyak gim developer asal Indonesia yang meluncurkan karyanya. Akan tetapi, banyak dari mereka yang masih kurang mendapatkan apresiasi, terutama dari kalangan komunitas gamer di Indonesia. Padahal, salah satu judul gim indie seperti Ultra Space Battle Brawl (USBB) justru ditampilkan sebagai cabang perlombaan di ajang esports bergengsi seperti Piala Presiden Esports 2020. Pasti masih banyak teman-teman kamu yang belum tahu apa itu USBB (Ultra Space Battle Brawl).

Kemunculan gim baru selalu membawa pro dan kontra. Ada yang senang karena developer asal Indonesia mampu menciptakan gim sendiri. Namun di sisi lain ada juga yang kurang respect karena kecewa dengan banyaknya kekurangan yang ada pada gim.

Nah, di gim USBB (Ultra Space Battle Brawl) kamu tidak akan kecewa. Salah satu alasannya tentu karena USBB sudah melewati proses kurasi agar bisa ditampilkan di ajang bergengsi skala nasional. Mari kita lebih lanjut, apa itu USBB.

Apa Itu USBB (Ultra Space Battle Brawl)?

USBB Battle

USBB (Ultra Space Battle Brawl) merupakan sebuah gim yang dikembangkan oleh Mojiken Studio dan dipublikasikan oleh Toge Productions. Dua perusahaan ini memang berasal dari Indonesia.

Oleh sebab itu, kita patut berbangga atas rilisnya gim yang sedang banyak dibicarakan oleh komunitas gim di Indonesia. Gim ini sendiri sudah dirilis pada 4 Oktober 2018 lalu, sehingga sudah lama tersedia. Namun harus diakui bahwa dari segi pamor, memang USBB masih cukup asing.

Dari segi konsep, gim ini terlihat begitu simpel dan mudah dipahami. USBB menawarkan permainan yang mengombinasikan Pong yang mirip tenis dengan genre fighting game.

Dalam gameplay-nya, kedua player saling beradu pukulan bola sampai bisa membuat kristal di area lawan hancur. Pemain yang pertama kali menghancurkan kristal lawannya, akan menjadi pemenang.

Gim ini menyediakan berbagai karakter menarik yang jarang ditemui pada gim sekarang. Banyak pemain yang mengangap gim ini mudah untuk ditaklukan. Padahal, tidak sesimpel yang dikira.

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk benar-benar mahir dalam bermain gim ini. Apalagi gim ini masih jarang yang memainkan, sehingga tidak bisa belajar dahulu dari orang lain.

Fitur Game USBB (Ultra Space Battle Brawl)

ultra space battle brawl

  • Tersedia mode pemainan solo, jika kalian tidak memiliki teman atau musuh untuk dilawan; dan berbagai mode lain yang mendukung hingga 4 pemain secara bersamaan.
  • Visual pixel art yang berwarna-warni, terinspirasi oleh estetika Jepang tahun 80-an
  • Tersedia lebih dari 10 karakter yang dapat dimainkan, masing-masing dengan kekhasan mereka sendiri dan referensi ke beragam budaya Indonesia
  • Campuran funkot (genre musik Indonesia) dan 80-an synthwave. Juga menampilkan musik oleh Manami Matsumae yang terkenal dari judul populer Mega Man.

Setiap gim tentu memiliki karakteristik masing-masing. USBB (Ultra Space Battle Brawl) sendiri memiliki visual yang sederhana namun berwarna. Ini membuat pemainnya lebih bersemangat ketika memainkan gim ini.

Warna yang cerah bisa membuat efek gembira pada siapapun yang memainkannya. Apalagi dengan konsepnya yang unik membuat penasaran banyak orang untuk mencoba memainkannya.

Bernostalgia ala Pixel Art USBB

ultra space battle brawl

Visual jelas adalah bagian yang begitu penting dalam sebuah gim. Ultra Space Battle Brawl ini memiliki keunikan dengan visualisasinya yang bergaya pixel art retro. Gaya visual ini banyak dipakai di gim era SEGA Genesis dulu. Jenis visualisasi ini akan membuat gamer bernostalgia dengan permainan zaman dulu.

Ketika bermain gim ini, para pemain akan menemui tampilan yang didominasi oleh warna neon mulai dari kuning, jingga, hingga ungu. Setiap karakter dalam gim ini memiliki jurus yang terkesan esentrik dengan penampilan yang nyentrik pula.

Salah satu karakter yang menonjol adalah Akifu, sosok pria yang berambut ktribo dengan kacamata yang memiliki kekuatan untuk memukul bola menggunakan jempolnya.

Musik Khas Indonesia

Game USBB

Gim yang satu ini benar-benar menunjukan bahwa penciptanya berasal dari Indonesia. Developer gim ini memakai lagu funkot atau yang biasa dikenal dengan dangdut koplo. Seperti pada keterangan di situs resmi Toge Productions, musik yang dipakai memang identik dengan pengemudi truk di jalanan.

Penambahan musik ini menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih untuk pemain yang memang memahami musik yang dimainkan. Bisa saja sang pemain memainkan gim ini sambil joget karena jenis musik ini memang menyenangkan. Ultra Space Battle Brawl cocok untuk dimainkan ketika waktu santai, atau sedang istirahat setelah bekerja.

Diperlombakan dalam Piala Presiden Esports 2020

Ultra Space Battle Brawl Piala Presiden Esports 2020

Industri esports di Indonesia memang tengah mengalami perkembangan yang siginifikan. Berbagai turnamen diadakan, salah satunya Piala Presiden Esports. Di edisi tahun 2020, ada banyak gim yang dipertandingkan mulai dari PES 2020, Free Fire, Mobile Premier League hingga Ultra Space Battle Brawl. Perhatian tentu tertuju pada gim Ultra Space Battle Brawl.

IESPL sebagai penyelenggara turnamen ini memilih Ultra Space Battle Brawl sebagai gim lokal yang diadakan dalam format turnamen mini pada Piala Presiden Esports 2020. Selain gim ini, ada beberapa gim lokal lain seperti Battle of Satria Dewa, Esports King, Lokapala dan Pirate Mobile War, walau hanya untuk eksibisi saja.

Esports dan Ultra Space Battle Brawl (USBB)

Ultra Space Battle Brawl

Ada beberapa alasan mengapa Ultra Space Battle Brawl ini dihadirkan ke event esports. Yang utama tentunya karena gim ini telah memenuhi syarat kompetitif, dan siap untuk dipertandingkan (bebas dari error).

Kehadiran gim ini memberi impresi tersendiri bahwa esports tidaklah hanya seputar gim yang itu-itu saja, dimana gim yg sudah populer akan semakin populer; melainkan setiap gim yang memiliki unsur berkompetisi.

Selain semangat berkompetisi, dukungan developer jugalah penting untuk menjaga presensinya di dunia esports. Sang developer, Mojiken Studio serius menggarap project ini dengan terus memperbaharui konten gim dengan menambahkan berbagai karakter dan juga mode permainan yang beragam.

Gim Ultra Space Battle Brawl sendiri memiliki rating yang bagus di platform Steam. Rating 8/10 didapatkan gim ini dan menjadikannya gim yang cukup populer asal Indonesia. Sementara itu, dari data Metacritic, rating sebesar 7,5 didapatkan gim ini. Dengan rating yang bagus ini menunjukan bahwa Ultra Space Battle Brawl memang sudah diterima baik oleh penggemar gim di Steam.

Faktor kompatibilitas juga menjadi nilai plus dari gim ini. Ultra Space Battle Brawl sudah bisa dimainkan di berbagai platform, seperti PS4, PC, dan Nintendo Switch sejak awal perilisannya.

Berbeda dengan gim lokal lain yang kebanyakan hanya bisa dimainkan di satu platform saja. Gim ini telah dikembangkan untuk bisa dimainkan di banyak platform.


Tentunya sebagai orang Indonesia, ada kebanggaan tersendiri melihat perkembangan Ultra Space Battle Brawl. Mojiken Studio yang sangat serius menggarap gim ini telah menunjukan bahwa developer asal Indonesia tidak boleh dianggap enteng.

Mari dukung terus gim Karya Anak Bangsa!