AE LeoMurphy, Tanker “tas-tas-tas” Cerdik dari Alter Ego

1002
AE Leomurphy
AE Leomurphy memiliki taktik cerdik untuk men-trigger pemain lawan.

Pemain berbakat dari Alter Ego, AE LeoMurphy kembali berlaga dalam gelaran MPL Indonesia Season 8 mendatang. LeoMurphy dikenal sebagai tanker veteran Mobile Legends: Bang Bang. Permainannya yang baik membuatnya menyandang salah satu tanker terbaik di Indonesia.

Pemain yang akrab dipanggil Mamo ini mengawali kegemaran bermain Mobile Legends untuk sekadar iseng saja. Mulanya ia melihat teman-teman di lingkungan rumahnya bermain game tersebut sehingga ia ikut mencoba bermain dan sering mabar bersama mereka. Sejak saat itu, jiwa kompetitifnya muncul dan ia bertekad untuk lebih jago dibanding teman-temannya lain.

Memiliki jiwa kompetitif yang tinggi membuatnya tertarik untuk masuk ke scene kompetitif. Di samping itu, LeoMurphy juga memiliki kebiasaan bermain dengan pemain yang dianggap memiliki skill yang jago. Lewat kenalan tersebut, akhirnya ia bergabung dengan skuad Extra Ordinary (EO).

Bersama EO, perjalanannya mengikuti turnamen-turnamen Mobile Legends dimulai. Perjalanannya di pro scene Mobile Legends tidak terencana sebelumnya. Hingga akhirnya ia diajak oleh Arss, offlaner Alter Ego, untuk masuk ke Alter Ego Esports.

LeoMurphy menjadi tanker bertahan yang menjadi andalan tim untuk bergerak di lini depan saat turnamen. Kemampuannya menjadi tanker tidak dapat dipandang sebelah mata. Dirinya pernah meraih Top Global 30 hero Fanny. Ia sempat diisukan tidak akan bertanding pada MPL Indonesia S8, tetapi ia masuk menjadi roster utama Alter Ego.

Profil AE LeoMurphy #1: Asal Panggilan Mamo

Alter Ego Leomurphy
AE LeoMurphy masuk jajaran roster untuk turnamen MPL ID Season 8.

AE LeoMurphy akrab disapa dengan Mamo ini memiliki cerita unik dibalik nama tersebut. Asal nama tersebut berawal discord bersama Maungzy dan temannya, Maungzy cadel “R” sehingga menyebut “Mur” seperti “Mo”. Itulah mengapa ia juga dipanggil Mamo.

Selain hobi bermain game, LeoMurphy juga hobi bermain alat musik seperti gitar. Ia sering melakukan live streaming sambil bernyanyi dan bermain gitar untuk menghibur penggemarnya.

LeoMurphy memiliki beberapa hero favorit. Diantaranya adalah Kaja, Grock, dan Chou. Kaja dikenal sebagai hero yang memiliki dua skill sebagai support dan fighter. Namun, ia lebih diperankan sebagai hero support karena memiliki crowd control yang sangat banyak dan sulit dihindari lawan.

Hero Grock adalah hero tank yang mampu bertarung dalam waktu yang sangat lama, maka tak heran jika hero ini disebut sebagai hero terkuat di Mobile Legends. Hero ini memiliki damage yang besar baik di early dan late game. Memiliki durabilitas yang tinggi membuatnya dapat bermain barbar dan sulit ditaklukkan.

Terakhir, hero Chou yang merupakan hero fighter andalan semua pemain yang dapat bermain barbar baik saat early game maupun late game. Skill crowd control hero Chou juga sangat mematikan bagi lawan. Ditambah memiliki burst damage yang besar yang membuat hero lawan dapat langsung terbunuh jika berhadapan dengannya.

Profil AE LeoMurphy #2: Best Tank di MPL ID Season 6

AE LeoMurphy
AE LeoMurphy bergabung dengan Alter Ego Esports sejak MPL ID Season 3.

AE LeoMurphy memiliki rekam jejak yang gemilang di pro scene Mobile Legends. Naik turun performa selama beberapa kali memang sudah menjadi makanan sehari-hari para pemain. Namun, ia memiliki kegigihan dalam bermain dan memiliki spesialisasi yang tidak dimiliki oleh pemain profesional lainnya.

LeoMurphy bergabung bersama Alter Ego sejak MDL ID Season 3, sampai MPL ID Season 7 pun, ia tetap menjadi andalan tim yang sulit digantikan perannya oleh pemain lain. Sayangnya, pada MPL ID Season 5 performanya mulai menurun, terdapat banyak kekurangan yang harus diperbaiki untuk menciptakan konsistensi permainan di dalam tim.

Pada MPL ID Season 3 mereka berhasil menempati posisi 5 dan posisi ke 3 pada MPL ID Season 4. Sedangkan, AE harus gugur di babak playoff setelah kalah dari ONIC Esports pada MPL ID Season 5. Kekalahan tersebut membuat Alter Ego semakin menguat dan memperbaiki gameplay di musim selanjutnya.

AE LeoMurphy
AE LeoMurphy mendapatkan predikat Best Tank di MPL ID Season 6.

Dilansir dari Esportsku, AE LeoMurphy memiliki spesialisasi yang jarang dimiliki oleh pemain tank lainnya. Kemampuan itu adalah memancing emosi pihak lawan lewat tingkah tengil di “Land of Dawn”. Dengan modal taunting dan emoji, ia punya keahlian untuk melancarkan psywar selama pertandingan berlangsung.

Di samping memiliki modal nyali dan nekat, tetapi ia juga memiliki kemampuan individu berupa penguasaan hero yang fantastis. Bahkan sampai minggu keempat MPL ID Season 6, hero Baxia yang dikendalikannya belum dapat dikalahkan oleh tim manapun. Meski pada MPL ID Season 7 Alter Ego kembali mengalami penurunan performa, mereka kemudian bangkit pada MPL ID Season 8 ini.

AE LeoMurphy membuktikan dirinya layak menjadi pro player dengan berhasil mendapatkan trofi individu atas keberhasilannya menjadi Best Tank di MPL ID Season 6. Selain itu, Alter Ego berhasil meraih kemenangan dalam turnamen Mobile Legends Professional League Invitational (MPLI) Season 2.

Profil AE LeoMurphy #3: Hobi Recall “tas-tas-tas”

AE LeoMurphy
Mamo memiliki teknik taunting yang dapat mengganggu lawan.

Pemain dengan nama lengkap Julian Murphy memang memiliki keahlian dalam “mengganggu” pemain lainnya. Hal ikonik yang ia miliki adalah psywar dengan sikap tengil seperti melakukan recall ‘tas-tas-tas.” Dirinya terinspirasi dari God1va saat ia berhadapan dengan pemain tersebut.

Saat melawan God1va, ia merasa terganggu dengan stiker yang dikeluarkan oleh God1va karena mengganggu konsentrasinya. Kemudian ia terinspirasi untuk melakukannya kepada lawan-lawannya dan ternyata berhasil. Hal itu tentunya men-trigger lawan karena mereka akan merasa jengkel.

Taunting menjadi salah satu hal yang membuat pemain terbawa emosi karena merupakan tindakan provokasi dengan melakukan hal-hal tertentu. Namun, menurut AE LeoMurphy, taunting merupakan hal yang biasa bagi pemain profesional. Pemain yang profesional tidak akan terserang atau marah apabila mengalami taunting dari musuh.

Pro player Mobile Legends biasanya cukup familiar dengan itu mengingat biasanya mereka mendapatkan recallrecall, drop item, bermain dekat fountain, mengirim chat atau stiker tertentu. Karena kebiasaan recall tersebut ia mendapatkan sebutan Leo “tas-tas-tas”.

AE LeoMurphy
Kemampuan taunting terinspirasi dari God1va.

Kebanyakan orang yang belum paham, pasti menganggap perilaku taunting LeoMurphy itu sombong. “Kalau pro player chill aja. Nggak ada yang sampai marah,” ungkap AE LeoMurphy, dikutip dari Hitekno. Meski sering melakukan recall, ia mengalami kejadian unik saat babak reguler MPL ID Season 7.

Alter Ego sempat kalah dari RRQ dengan skor 0-2. Tim RRQ Hoshi melakukan selebrasi dengan berbaris dan melakukan aksi recall pada midlane depan Inhibitor Alter Ego. AE LeoMurphy mengaku tidak emosi, bahkan ia ingin ikut melakukan selebrasi bersama tim RRQ.

Saat itu ia sempat berpikir masih bisa melakukan defense dengan cut minion. Hanya saja sudah tidak sempat lagi dan gagal ikut selebrasi recall sambil menghilang. Pada MPL ID Season 7, Alter Ego lolos ke babak playoff bersama lima tim lainnya.

AE LeoMurphy adalah contoh pemain yang memiliki skill yang baik serta taktik cerdik dengan melakukan taunting recall. Taktik dari pemain yang lahir pada 2001 ini ternyata juga banyak diikuti oleh pemain lain yang mencoba trik “tas-tas-tas” miliknya.