BTR Vival, Si Jungler Cilik yang Berbakat

843
BTR Vival
BTR Vival bergabung dengan Belletron Era dengan role sebagai jungler/midlaner.

Komunitas Mobile Legends: Bang Bang Indonesia saat ini sedang berada di puncak kejayaannya. Dengan berkembangnya divisi Mobile Legends, adanya turnamen MLBB yang mewadahi skema esports untuk ladies juga semakin besar dan memberikan ruang bagi pro player ladies yang hebat. Salah satu nama yang pantas disebut sebagai pemain yang memiliki skill mumpuni adalah BTR Vival.

Pemain Belletron Era yang satu ini hingga saat ini masih aktif menjadi pemain di divisi ladies Mobile Legends Bigetron Esports. Memiliki gaya permainan yang menarik dan hebat, membuat pemain dengan usia belia tersebut menyita perhatian penggemar. Tidak hanya soal skill, ternyata wajahnya menjadi perbincangan oleh netizen karena mirip Donkey Yurino, mantan pemain EVOS Esports.

Dirinya memiliki wajah yang cukup mirip dengan mantan tanker EVOS Legends tersebut. Banyak penggemar yang menyebut BTR Vival sebagai Yurina, yakni parodi nama asli Donkey sebagai dirinya versi perempuan. Sebelum bermain untuk Belletron Era, Vival pernah bergabung dan bermain untuk 7Heaven pada Woman Star League (WSL) Season 1.

Meski mirip dengan Donkey, tetapi ia bermain dengan role yang berbeda. Pemain bernama lengkap Viorella Valencia Chen ini memegang role midlaner atau jungler. Kemampuan jungler Vival tidak perlu diragukan meski ia terbilang masih baru di dunia esports profesional.

Saat pertandingan Woman Star League (WSL) Season 2, ia berhasil membawa Belletron Era memenangkan dua pertandingan dengan satu seri selama tiga pertandingan.

Banyak penggemar yang menyebut BTR Vival sebagai calon midlaner yang kuat. Ia sudah diakui oleh penggemar dan analis kondang, yaitu KB. Vival memang dikenal sebagai pemain yang sangat percaya diri dengan kemampuannya, karena itulah ia mampu menunjukkan skill maksimal selama turnamen.

Profil BTR Vival #1: Keluarga yang Sangat Suportif

BTR Vival
Vival lahir di keluarga yang suportif dengan pilihan anaknya.

Vival saat ini menjadi pemain yang sangat diperhitungkan karena berkembang pesat. Hingga saat ini ia bersama rekan tim telah membawa kemenangan untuk Belletron Era yakni Dignity of Srikandi Season 3, UniPin Ladies Series, dan Dignity of Srikandi edisi Kartini. Meski ia tidak berhasil membawa timnya untuk menjuarai WSL Season 2.

Sebelum bermain Mobile Legends, ternyata ia pernah bermain Dota 2 selama empat tahun. Keakrabannya dengan game didukung oleh ayahnya yang memperkenalkan game MOBA yang rumit tersebut. Namun, ia tidak memiliki teman sebaya saat bermain game tersebut serta memiliki waktu yang terbatas, akhirnya ia terjun memainkan Mobile Legends.

Kariernya sebagai pemain menanjak saat beberapa kali bergabung dengan tim non-profesional. Kemampuannya dilirik oleh 7Heaven dan menjadi tim profesional pertamanya. Hingga akhirnya ia resmi bergabung dengan jersey Belletron.

BTR Vival
Orang tuanya selalu memberikan masukan dan saran untuknya.

Tentunya rasa percaya diri dan kemampuannya yang berkembang tersebut juga didukung oleh keluarganya yang sangat mendukung pilihan Vival untuk terjun ke dunia esports. Ayahnya sering menemani, menjemput dari arena pertandingan, hingga mengantar ke Bandung untuk melakukan sesi foto bersama 7Heaven.

Tidak hanya mendukung secara fisik, kedua orang tua Vival sering memberikan masukan selepas pertandingan.

“Papi suka ngasih masukan pas jemput aku pulang dari turnamen. Sampai rumah mami juga ngasih masukan. Belakangan ini papi menyarankan untuk main herohero unik,” ungkap BTR Vival, dikutip dari ONE Esports.

Vival memiliki keinginan untuk dapat berlaga di turnamen besar seperti MPL, terlebih jika suatu saat terdapat MPL khusus ladies. Namun sebelumnya, ia memiliki target untuk menjadi juara di turnamen esports ladies, yakni Woman Star League.

Profil BTR Vival #2: Memiliki Skill Mekanik Super GG

BTR Vival
BTR Vival miliki mekanik skill yang sangat tinggi.

Nama BTR Vival semakin bersinar saat kembali berhasil membawa Belletron Era menjuarai UniPin Mobile Legends: Ladies Series setelah menaklukkan EVOS Lynx di babak final. Belletron Era melenggang dengan mudah di babak playoff dan berhasil finish di peringkat atas.

Sebagai pemain yang baru berusia sangat muda, yakni 16 tahun, ia sudah memiliki skill mekanik yang super tinggi. Kemampuannya bisa disandingkan dengan dua pemain senior Mobile Legends ladies, yakni RRQ Ash dan EVOS Caramel. Dengan percaya diri, Vival mengaku jika ia lebih hebat.

Baginya, jungler memiliki ciri khas masing-masing dan dapat disebut kemampuannya sama-sama imbang. Namun untuk kemampuan mekanik, ia memperkirakan dirinya lebih baik dari EVOS Caramel dan seimbang dengan RRQ Ash, tentunya dengan preferensi pengalaman masing-masing pemain.

Kemampuannya sebagai jungler dan mekaniknya yang super, membuatnya layak bermain dalam arena profesional yang lebih tinggi. Hero pool dari BTR Vival juga luas. Ia tidak ragu memainkan hero marksman atau hero mage, dan permainannya sama baiknya saat menggunakan hero assassin.

Dengan kemampuannya, tak ayal Vival juga berhasil menjadi MVP dalam turnamen tersebut. Meski baru masuk dalam line-up pemain Belletron Era, ia berhasil menjadi MVP pertama saat kompetisi dimulai. Bersama rekan-rekan setimnya, Vival berhasil membawa Belletron Era memuncaki klasemen.

Profil BTR Vival #3: Tips Menjadi Jungler Andal

BTR Vival
BTR Vival menjadi salah satu jungler andal dalam MLBB ladies Indonesia.

Menurut Vival, saat ini pemain jungler wanita yang tampil maksimal belum banyak, mungkin jika banyak mereka hanya sekadar biasa saja. Pemain yang menyukai tantangan ini menjelaskan cara menjadi jungler yang baik, syarat pertama adalah pemain harus mencintai role. Pemain harus mengambil risiko, hal itulah yang menjadi alasan mengapa BTR Vival berani dive untuk kill sekaligus mencari tahu kemampuan hero.

BTR Vival menggunakan pengalamannya saat bermain Dota 2. Ia sejak bermain Dota 2, memang memegang role sebagai jungler, sehingga jiwanya memang sudah di core. Selain itu, pemain harus adaptif seperti menyesuaikan gameplay dan tim. Untuk memperluas pool hero, pemain harus mengetahui skill dari herohero tersebut, ditambah menonton permainan jungler lain juga membantu.

Saat ini jungler wanita memang cukup sulit didapat. Hanya beberapa nama yang mampu berada di tingkat atas. Tim esports pun cukup kesulitan mencari pemain untuk role jungler karena role ini memiliki skill mekanik yang cukup tinggi.

Belletron Era
Belletron Era saat ini sudah mengantongi trophy juara.

BTR Vival menyebutkan bahwa ia menyukai herohero assassin seperti Lancelot dan Claude, atau hero core yang mandiri. Ia menyebutkan bahwa hero core yang mandiri lebih mudah rotasinya dengan hero yang memiliki mobilitas tinggi, seperti tank dan support milik rekan pemain tidak pusing. Namun bagi Vival, semuanya harus sesuai draft dan tidak boleh moody untuk menggunakan hero.

Ia mengaku menggemari Albert sebagai pemain Mobile Legends panutannya. Menurutnya, hero wanwan miliknya terakhir kali dalam babak final MPL Indonesia Season 6 hebat. Albert mampu mengendalikan diri untuk tidak panik walaupun dalam kondisi tertekan.

BTR Vival akan terus menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk menjuarai turnamen Mobile Legends bersama tim yang saat ini menaunginya. Untuk itu, tetap dukung BTR Vival berkarier dalam skena esports Indonesia. Selain itu, dukungan dari banyak pihak di esports ladies akan terus melahirkan “Vival” baru sebagai jungler wanita yang cerdas dan berbakat.