Profil Team Spirit Dota 2: Tim Kuda Hitam yang Jadi Juara The International 2021

1184
profil team spirit dota 2

The International adalah kompetisi Dota 2 terbesar yang diadakan oleh Valve setiap tahunnya. Pada tahun 2021, Valve mengadakan TI 10 yang diikuti oleh pro player esports terbaik dari seluruh dunia. TI 10 dimenangkan oleh pro player asal Rusia, simak perjalanan, formasi roster, dan prestasi dari profil Team Spirit Dota 2.

Sebagai pemenang, tim yang dikepalai oleh “Miposhka” berhasil membawa pulang 45 persen dari total hadiah (prize pool) sebesar $18,208,300 atau sebesar 256 Miliar dan piala Aegis of the Champion.

Kemenangannya cukup menarik perhatian bagi para pecinta Dota 2, karena Team Spirit termasuk tim yang baru bergabung dalam turnamen TI dengan perjuangan yang cukup panjang.

Untuk lebih lanjutnya, yuk simak perjalanan karir, formasi roster, dan prestasi dari Profil Team Spirit Dota 2 hingga dapat menjuarai kompetisi bergengsi TI 10!

Profil Team Spirit Dota 2

Profil Team Spirit Dota 2
(Sumber: Instagram @team__spirit)

Team Spirit: Tim Juara Dota 2 The International 2021

Team Spirit merupakan salah satu tim esports asal Eropa Timur, Rusia, yang telah berdiri sejak tahun 2015. Sejak tahun 2022, Team Spirit mempunyai kantor pusat di Belgrade, Serbia.

Mempunyai visi untuk mengembangkan esports hampir ke seluruh dunia. Kontrak pertama yang ditandatangani oleh Team Spirit yaitu akuisisi CIS Rejects atau Tim CIS.

Beberapa pro player sempat bergabung dan bermain bersama Team Spirit dalam periode waktu yang berbeda-beda, seperti RAMZES666, fng, Illidan, dan iLTW.

Pada awal tahun 2020, Team Spirit melakukan rebranding dengan mendapatkan sponsorship dari Nike dan pada akhir 2020 memasukkan anggota Yellow Submarine Squad sebagai roster utama yang saat itu bermain di TI 10.

Pada tahun 2021, Team Spirit menjadi organisasi esports Eropa Timur kedua yang memenangkan The International setelah Na’Vi.

Profil Roster Team Spirit Dota 2

Dengan pencapaiannya yang luar biasa pada turnamen TI 10, tentunya Team Spirit sudah menyiapkan tim terbaik dan strategi yang cukup untuk menjadi juara. Berikut formasi roster Team Spirit saat pertandingan dan menjuarai TI 10 tahun 2021.

Ilya “Yatoro” Mulyarchuk

Meskipun baru berusia 19 tahun, Yatoro mempunyai bakat dan ambisius dalam menjalani karirnya sebagai pro player Dota 2. Memulai karirnya pada tahun 2020 bersama Yellow Submarine Squad.

Saat ini, posisinya adalah sebagai Carry dari Team Spirit dan sering berperan sebagai solo middle. Yatoro sudah mencapai 12,000 MMR pada November 2021. Hero yang menjadi favoritnya adalah Faceless Void, Morphling, Slark.

Alexander “TORONTOTOKYO” Khertek

Alexander merupakan pro player esports Dota 2 berkebangsaan Rusia, saat ini Ia berusia 25 tahun. Ia memiliki beberapa ID lainnya, seperti: mio, mlg winner, Temel.

Alexander bergabung dengan Yellow Submarine pada tahun 2020 dan berpindah ke Team Spirit pada Desember 2020 bersama seluruh timnya.

TORONTOTOKYO menduduki posisi solo middle dengan hero favoritnya Invoker, Storm Spirit, dan Void Spirit.

Magomed “Collapse” Khalilov

Magomed adalah seorang pro player esports Dota 2 asal Rusia ini baru berusia 20 tahun. Sampai saat ini Ia masih aktif dalam bermain dan berkompetisi Dota 2, bahkan pada Maret 2022 Ia mencapai 11,000 MMR.

Magomaed bergabung dengan Team Spirit pada Desember 2020, sebelumnya bergabung pada Yellow Submarine.

Collapse menduduki posisi sebagai offlaner dengan hero favoritnya Magnus, Mars, dan Tidehunter.

Miroslaw “Mira” Kolpakov

Miroslaw adalah pro player esports Dota 2 yang berasal dari Ukraina. Ia bergabung dengan Team Spirit pada Februari 2021.

Dalam tim, Mira adalah seorang support dari Team Spirit. Hero favoritnya adalah Lion, lo, weaver.

Yaroslav “Miposhka” Naidenov

Miposhka mengawali karirnya di Dota 2 bersama Yellow Submarine pada tahun 2015, kemudian berpindah pada beberapa tim lainnya. Hingga akhirnya pada Desember 2020 bergabung dengan Team Spirit.

Formasinya sebagai kapten, posisi yang sangat penting dalam sebuah tim. Selain itu, Ia juga berperan sebagai full support role di Team Spirit.

Miposhkan memiliki banyak pengalaman dalam esports Dota 2. Hero favoritnya adalah Bane, Disruptor, dan Ogre Magi.

Perjalanan Team Spirit hingga Menjuarai The International 10

Profil Team Spirit Dota 2
(Sumber: Instagram @team__spirit)

Pertandingan TI 10 dimulai sejak tanggal 7 hingga 17 Oktober 2021. Pertandingan digelar secara offline di Kota Bucharest, Romania tanpa ditonton para penggemar secara fisik.

Walaupun tidak dapat ditonton secara fisik, namun acara tersebut tetap meriah dengan sahutan penonton buatan ketika suatu tim memenangkan sebuah peperangan dalam pertandingan atau berhasil memenangkan pertandingan tersebut.

Suara heboh tersebut juga dapat didengar oleh penonton yang menonton secara live streaming di berbagai platform, seperti Twitch dan YouTube.

Pertandingan final digelar pada 17 Oktober 2021, antara Team Spirit dan PSG.LGD. Sebelum memasuki babak final, Team Spirit harus melawan Team Secret pada final lower bracket.

Dengan strategi tim dan pemilihan hero yang tepat, Team Spirit berhasil maju ke grand final melawan PSG.LGD. Grand final berlangsung Best of 5 (BO5), pada babak ini pertandingan berlangsung dengan sengit.

Pada ronde pertama, Team Spirit berhasil menang di menit ke-38 memakai hero andalan yang biasa digunakan. Pada ronde kedua, Team Spirit kembali berhasil memenangkan pertandingan setelah Magnus yang dimainkan oleh Collapse dapat bermain dengan baik.

Pada ronde ketiga, PSG.LGD bangkit dan bermain cukup agresif sehingga memenangkan pertandingan. Dan pada ronde keempat, PSG.LGD kembali memenangkan pertandingan dan berhasil membuat skor imbang.

Pada babak penentuan, PSG.LGD melepaskan hero Magnus dan Team Spirit kembali mengambil hero tersebut untuk dipakai lagi oleh Collapse. Hal tersebut membuat Team Spirit dapat memenangkan pertandingan dengan skor 3-2, hingga akhirnya menjadi juara The International 10 (TI 10) tahun 2021.

Kemenangannya dapat dibilang menakjubkan bagi tim “kuda hitam” seperti mereka. Pasalnya, Miposhka dan tim bukanlah tim favorit dalam turnamen The International 10. Apalagi, mereka memulai pertandingan dari Open Qualifier dan sempat turun ke lower bracket.

Dan Team Spirit berhasil mendapatkan prize pool sebesar $18,208,300 atau sebesar 256 milyar rupiah dan berhasil mengangkat piala bergilir Aegis of the Champion.

Total hadiah yang diberikan The International 10 kepada pemain adalah 40 juta dolar, sejauh ini merupakan hadiah terbesar dalam kompetisi esports.

Prestasi Team Spirit Dota 2

profil team spirit dota 2
PGL Arlington Major (Sumber: Instagram @team__spirit)

Team Spirit Dota 2 merupakan pro player yang mempunyai beragam prestasi dalam esports Dota 2, bahkan sebelum menjuarai turnamen TI 10. Team Spirit sudah banyak mencetak prestasi mulai dari turnamen Tier 3 hingga Tier tertinggi yang hadiahnya fantastis.

Dilansir dari Liquipedia, berikut adalah daftar prestasi dari profil Team Spirit Dota 2:

  • Juara 1 PGL Arlington Major 2022
  • Juara 2 Riyadh Masters 2022
  • Juara 1 DPC EEU 2021/2022 Tour 1: Regional Final
  • Juara 1 DPC EEU 2021/2022 Tour 1: Division I
  • Juara 2 OGA Dota PIT Season 5: Europe/ CIS
  • Juara 1 The International 2021
  • Juara 2 OGA Dota PIT Invitational
  • Juara 1 Pinnacle Cup
  • Juara 2 ESL One DPC Eastern Europe Season 2: Upper Division
  • Juara 3 Galaxy Battles II: Emerging Worlds

Nah, itulah profil Team Spirit Dota 2 lengkap dengan formasi roster, perjalanan karir, bahkan prestasi yang pernah diperoleh.

Untuk bisa menjadi juara, Team Spirit tentu sudah berlatih dan berusaha dengan keras, sehingga dapat menemukan strategi yang tepat.

Untuk kalian yang mau jadi pro player internasional, teruslah berlatih dan bergabung dengan tim yang tepat. Karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Sukses terus Team Spirit!

banner iklan esportsnesia