Dimulainya Era Kebangkitan Kreator Gim Lokal Melalui Pertandingan Persahabatan Lokapala PON XX Esports Papua 2021

1595
Pertandingan Persahabatan Lokapala PON XX Esports Papua 2021

Gelaran ekshibisi esports di PON XX Papua 2021 telah mempertontonkan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk cabang gim Lokapala, sebuah gim MOBA lokal karya anak bangsa.

Lokapala yang diselenggarakan sebagai pertandingan persahabatan ini patut menjadi catatan tersendiri karena dilatarbelakangi oleh semangat untuk mengangkat gim karya anak bangsa di pentas prestisius nasional maupun di kancah global.

“Dengan diselenggarakannya pertandingan persahabatan ini pada PON XX Papua, kami berharap dapat mendorong bangkitnya industri pengembangan gim tanah air.”, ujar Dedi Suherman-CEO Melon Indonesia selaku publisher Lokapala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid menyampaikan, “Dengan berkembangnya industri esports di Indonesia, diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja, kita juga akan mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang nantinya bisa mendunia.”

Pertandingan yang dilaksanakan secara luring dengan prokes yang ketat ini disiarkan secara langsung di saluran YouTube PBESI, UPoint.id dan NimoTV.

Cabang pertandingan gim Lokapala telah selesai diselenggarakan pada tanggal:

  • 22 September 2021 untuk pertandingan semifinal,
  • 23 September 2021 untuk pertandingan Bronze Match, dan
  • 25 September 2021 untuk pertandingan final.

Dari hasil pertandingan tersebut, didapatkan 4 tim terbaik sebagai pemenang yang berhak mendapatkan bagian dari prizepool sebesar Rp180 Juta.

Berikut ini adalah para pemenang serta hadiah yang didapatkan di pertandingan persahabatan gim Lokapala di PON XX Papua:

  • Juara 1 = Jeet Esports – 100 Juta + Piala
  • Juara 2 = Dewa United – 50 Juta
  • Juara 3 = Capital Esports – 20 Juta
  • Juara 4 = Pasopati Esports – 10 Juta

Pada kategori gim Lokapala ini, tim Jeet Esports yang terdiri dari Dicxon Fernando, Dzikri Adinulloh, Gurbinder Singh, Vesa Herawan dan Yohanes Ibrahim berhasil menjadi juara pertama setelah mengungguli tim Dewa United yang diperkuat oleh Denis Haris Prayogo, Indrawan Prasetyo, Mokhamad Yusuf Afrizal, Muhammad Iqbal, dan Roger Jeremy di peringkat kedua.

Kemudian Tim Capital Esports yang terdiri dari Arbi Yusuf Ramanda, Fazri Rohi Dedza, I Kadek Arya Wiratama, Li men, dan R Asnawi di peringkat ketiga.

Saat penutupan acara eksibisi esports PON XX Papua 2021, Bapak Frengky Ong, selaku Ketua Pengarah dan Sekjen PB Esports Indonesia menyampaikan, “Sejak ekshibisi esports PON XX Papua dibuka pada tanggal 21 September lalu, kita telah telah menyaksikan kehebatan 188 atlet yang bertanding dalam penuh strategi dan kecerdasan para atlet. Dan para tim yang telah bermain dalam penuh sportifitas sesuai dengan janji atlet yang telah diserukannya.”

“Menarik untuk kami sampaikan, kemampuan para atlet dari semua daerah terlihat merata ini menjadi sumber daya potensial yang menjanjikan untuk kemajuan prestasi esports di masa yang akan datang. Penampilan seluruh atlet di babak pertama eksibisi PON XX Papua 2021 pantas untuk mendapatkan pujian dan applause semeriah-meriahnya”, tambahnya.