12 Tips Menjadi Pemain CS:GO Profesional

0
1552
12 Tips Menjadi Pemain CS:GO Profesional

Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), sebuah judul video game kompetitif yang sudah cukup dikenal sejak versi pertamanya diluncurkan pada tahun 2000, telah meramaikan berbagai kompetisi esports tingkat internasional. ESL, DreamHack, IEM, dan StarSeries adalah beberapa nama turnamen esports yang memperlombakan cabang CS:GO.

Untuk dapat menjadi atlet CS:GO yang mendunia, tentu diperlukan kerja keras dan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas diri. Salah satu cara agar kamu dapat menjadi pemain yang lebih baik adalah dengan membaca tulisan ini. Berikut adalah 12 tips menjadi pemain CS:GO profesional, yang harapannya dapat meningkatkan skill kamu.

1
via GosuGamers

Kenali medan perang

Pada mode kompetitif CS:GO, kedua tim tidak hanya bermain pada sebuah map saja, tetapi puluhan map! Komunikasi dalam permainan sangatlah krusial khususnya dalam pelaksanaan strategi. Dapat mengkoordinasikan kepada tim mengenai tanda-tanda keberadaan musuh adalah sebuah nilai plus. Namun, penyampaian sinyal-sinyal tertentu akan terasa susah jika kita sendiri belum mengenal seluk beluk map yang kita mainkan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengasah kemampuan mengenali map secara strategis dulu ya.

Kamu perlu mengetahui dimana lokasi bomb site A dan B, base spawn tim terrorist dan counterterrorist, serta nama lokasi kamu berada, seperti market, hall, garage dan macam-macam ruang lainnya.

Berikut adalah beberapa map yang dapat kamu ingat untuk melakukan callout pada tim.

2
via Steam Community

Kenali strategi membeli senjata

Selain mengenali medan perang, kamu juga perlu menyusun strategi dalam hal membeli senjata. Sah-sah aja untuk terus membeli senjata favorit, namun tidak selamanya situasi permainan akan selalu berada sesuai keinginanmu.

Mengambil keputusan apa dan kapan membeli senjata dan perlengkapan tertentu sesuai dengan kondisi, jika dilakukan secara tepat tentu akan memberi keuntungan. Berikut ini adalah beberapa strategi yang umum dilakukan untuk membeli senjata:

  • Full eco, tidak membeli apapun, kecuali flashbang untuk tim terrorist dan tidak membeli apapun jika berada di tim counterterrorist.
  • Pistol eco, jika berada di tim terrorist, hanya membeli beberapa flashbang dan smoke grenade. Jika memiliki uang berlebih, senjata Tec-9 dan armor juga dibeli. Sementara di tim counterterrorist hanya membeli P-250 dan armor.
  • SMG/Shotgun eco, strategi yang bisa dilakukan oleh kedua tim dengan hanya membeli flashbang, smoke grenade, armor, dan juga senjata SMG atau shotgun yang sesuai kondisi.
  • Full buy, membeli semua yang bisa dibeli, mulai dari rifle, flashbang, smoke, armor, dan juga grenades. Strategi ini tentu saja bisa dilakukan oleh kedua tim.
  • Force buy, setiap anggota tim membeli sebisa mungkin dengan uang mereka yang terbatas.
  • Anti-eco, mirip seperti force buy, tapi hanya dilakukan di round yang diprediksi jika tim musuh melakukan eco buying.
Baca juga:  Hansel "BnTeT" Ferdinand, Mengharumkan Indonesia Melalui CS:GO

Ronde pertama atau yang biasa dikenal sebagai pistol round, memiliki arti bahwa semua orang dalam tim harus berhemat dan hanya dapat menggunakan senjata pistol. Jika kalah di ronde 1, maka untuk 2 round selanjutnya, tim harus berhemat. Strategi di round ini bernama “save” atau eco round.

Hal lain yang perlu diingat adalah walaupun kita secara individu memiliki banyak uang untuk membeli senjata, tetapi secara sebagai anggota tim yang baik, uang yang kita miliki adalah uang milik tim secara keseluruhan. Jika ada yang berkekurangan uang, maka pemain yang memiliki uang harus membelikannya kepada pemain yang ‘membutuhkan’.

Kamu juga harus selalu memastikan bahwa teman kita punya cukup uang untuk membeli senjata dan equipment sebelum kita membeli senjata. Jika uang tim hanya pas-pasan sehingga ada anggota tim yang memiliki uang cukup untuk membeli senjata (hanya pistol), maka semua orang harus melakukan “save” agar pada round berikutnya, semua orang dapat membeli senjata dan kevlar + helmet.

Jika berhasil mendapatkan kill pada pistol round, jangan terburu-buru untuk membeli rifle ataupun senjata lain, tetapi beli pistol Desert Eagle dulu. Jika masih menang pada round selanjutnya, maka kamu dapat dengan tenang membeli senjata rifle.

3
via Steam Community

Jangan terobsesi dengan skor

Walaupun skor dalam game menilai kita berdasarkan berapa jumlah kill yang kita dapatkan, jumlah kill bukanlah selalu menjadi hal yang utama. Terkadang memperebutkan area bom adalah hal yang lebih penting daripada mendapatkan kill. Terdapat berbagai opsi ataupun strategi untuk memenangkan sebuah ronde, yakni dengan sukses menanam dan meledakkan bom (jika bermain sebagai terrorist), dan sebaliknya, sukses menjinakkan bom (jika bermain sebagai counterterrorist).
Penting dalam tim untuk memiliki pemahaman yang sama dalam menyusun strategi. Hal yang pasti adalah, jangan beradu dengan sesama anggota tim untuk mendapatkan kill. Permainan ini sangat mengandalkan teamwork. Kemenangan tim turut menandakan kemenangan individu juga.

Jika kamu hanya berfokus pada skor kill yang akan kamu dapat, maka kamu juga tidak akan ragu-ragu kelak untuk membiarkan anggota tim kamu tertembak, demi mendapat skor yang lebih unggul. Hal seperti ini jangan dilakukan ya.

4
via Steam Community

Asah kemampuan melawan bot

Untuk menguasai sebuah permainan, tentu perlu disertai dengan eksplorasi dan rasa ingin tahu. Namun untuk mencapai hal tersebut, ada baiknya untuk memiliki ruang bereksperimen. Ruang belajar tersebut sudah disediakan oleh developer game melalui offline bot dan weapon course.

Bermain bersama bot tentunya memiliki kelebihan karena tempo permainan dapat dikonfigurasi berdasarkan tingkat kemahiran, sehingga kita bisa belajar step-by-step dari seorang pemula hingga menjadi seorang profesional. Sembari melawan bot, kamu juga dapat sekaligus mempelajari dan menghapal map, serta bereksperimen untuk mencari tempat melempar frag, molotov, smoke, flashbang, dan juga tempat bersembunyi.

Baca juga:  12 Tips Memenangkan Ranked Match AOV
5
via YouTube (FrozenSoviet channel)

Bermain bersama tim

Setelah merasa ‘cukup’ bermain bersama bot, ketika mulai bermain dengan pemain sungguhan, jangan bermain sendiri. Selalu usahakan untuk mencari match bersama tim. Jika tidak, kamu akan dijodohkan dengan stranger, yang dimana kamu tidak bisa menjamin apakah sang stranger mau berkoordinasi atau bahkan sengaja bermain buruk (trolling).

Selalu mengasah hubungan kerja sama dalam tim dan jangan melakukan sesuatu secara sendirian. Biasakan untuk selalu berdiskusi bersama tim sebelum mengambil keputusan. Hal ini termasuk membeli equipment, melempar granat (frag, molotov, atau smoke), ataupun berpindah tempat untuk menunggu musuh. Bermain menggunakan headset dan mic sangatlah penting untuk berkoordinasi.

6
Zombie Escape Mod via YouTube (SoadY1991 channel)

Hindari bermain custom game di community server

Permainan CS:GO tidak hanya terdiri dari 1 mode, tetapi juga berbagai mode fun. Banyak community server yang memiliki konfigurasi berbeda dari official server, meskipun memiliki tampilan yang sama. Kalau kamu terbiasa bermain di server fun-mode, akan ada dampak dari hal ini. Contohnya adalah ketika kamu kembali bermain di ranked official server, kamu akan terbiasa melakukan gerakan-gerakan yang hanya cocok untuk bermain di custom server tetapi tidak untuk bermain kompetitif. Hal ini tentunya akan berkonsekuensi pada kamu mengasah skill di custom server dan melupakan skill bermain kompetitif.

7
via Reddit

Pelajari spray pattern setiap senjata

Spray pattern menentukan pola peluru yang kita tembakkan. Dan setiap senjata punya spray pattern yang berbeda. Senjata yang mempunyai recoil tinggi sangat tidak disarankan untuk melawan musuh jarak jauh, dan sebaliknya, untuk senjata yang memiliki recoil dan damage rendah, jenis senjata ini tidak dianjurkan untuk melawan musuh dari jarak dekat.

Ada banyak custom map yang dibuat khusus hanya untuk melatih spray pattern saja. Map ini berbeda dari map yang normal dengan ukurannya yang lebih kecil dan memiliki mekanisme sistem untuk melakukan spawn senjata apapun dari kedua tim secara tidak terbatas. Pastikan untuk tidak melewatkan pelajaran ini ya. Kamu bisa pelajari selengkapnya di sini ya.

8
via YouTube (Vatlaaw channel)

Jangan sering melakukan reload

Banyak game lain yang membiasakan kita untuk melakukan reload senjata setiap kill. Kebiasaan ini tidak sebaiknya diteruskan karena banyak senjata di CS:GO yang memiliki waktu reload selama 2 hingga 4 detik. Hal ini tentu berpotensi menjadi resiko jika diketahui oleh musuh, apalagi suara yang dihasilkan dari proses reload ini juga dapat mengumumkan posisi kita.

Hal ini harus dipertimbangkan antara resiko dan keuntungan yang didapat. Sederhananya, apakah memiliki senjata dengan full ammo tetapi posisi diketahui oleh musuh, lebih baik daripada memiliki senjata yang tidak full ammo tetapi musuh tidak sadar posisi kita? Lakukan jika kamu sudah yakin akan jawaban kamu.

Di sisi lain, jangan meremehkan senjata yang hanya bersisa 5-6 peluru karena senjata rifle hanya memerlukan 3-4 peluru untuk dapat membunuh musuh yang memiliki 100% full health,  walaupun bukan headshot.  Jika yang masih memiliki darah 100% saja bisa terbunuh, apalagi musuh yang sudah terkena berbagai serangan?

9
via Steam Community

Jangan meremehkan pistol

Dalam permainan CS:GO, terkadang kamu akan menderita dari situasi finansial yang buruk sehingga tidak mampu membeli senjata rifle, atau ketika sedang beradu tembak dengan musuh, kamu harus melakukan reload. Jangan khawatir bila kamu menjumpai situasi tersebut. Pistol adalah jawabannya. Daripada kamu melakukan reload dan menerima tembakan gratis, jauh lebih baik jika kamu mencoba melawan balik menggunakan pistol.

Baca juga:  Apa itu CS:GO?

Senjata pistol juga memiliki perbandingan yang sangat jauh antar jenisnya. Mulai dari pistol otomatis CZ75, hingga pistol Desert Eagle yang sangat kuat walaupun memiliki fire rate yang sangat lambat.

Pistol juga sangat berguna ketika musuh berada sangat dekat dengan kita dan kita hanya memiliki AWP yang susah dipakai untuk menembak jarak dekat

10
via worldofleveldesign.com

Jangan berjalan jongkok (crouchwalking) untuk mengintip

Di casual server, sering dijumpai banyak player yang masih berjalan jongkok untuk mengintip di dekat tikungan atau corner. Mereka mengira dengan melakukan demikian, mereka menjadi lebih susah ditembak ketika bersembunyi. Hal tersebut benar adanya, namun melakukan crouchwalking sebenarnya memiliki sebuah efek samping yang buruk.

Crouchwalking menyebabkan kita berjalan lebih lambat, sehingga pada saat ujung senjata kita baru terlihat sedikit dari belakang dinding dan sebelum kita dapat melihat musuh, musuh telah melihat kita duluan. Oleh sebab itu, jika hanya ingin mengintip, sebaiknya berjalan seperti biasa saja.

11
via Kotaku Compete

Jangan melempar granat sembarangan

Mengandalakan granat untuk mendapatkan kill bukanlah hal yang buruk. Akan tetapi, perlu diingat bahwa granat yang meledak tepat di bawah kaki musuh, damage maksimum yang dihasikan hanya 57.

Di kebanyakan kasus, apalagi 1-on-1 sangat disarankan untuk berlaga menggunakan senjata rifle daripada granat. Karena seberapa sempurnanya granat dilempar, damage yang dihasilkan hanya sebatas 2 peluru rifle.

Flashbang juga sangat susah untuk diprediksi apakah sudah membutakan lawan atau belum, serta berapa detik efeknya. Terkadang, daripada membuang waktu untuk mengganti senjata dan melempar flashbang, lebih baik jika waktu tersebut digunakan untuk menembak menggunakan senjata biasa saja.

Taktik yang mnenggunakan granat asap akan sangat efektif jika dikoordinasikan dengan tim kita. Jika tidak, ini akan menjadi bumerang. Kegunaan utama smoke adalah untuk membatasi jarak pandang, tidak peduli itu musuh atau tim kita.

12
via YouTube (Sparkles channel)

Pastikan kamu belajar dari pemain profesional, bukan hanya meniru

Selain belajar dari latihan bersama bot, kamu juga bisa belajar dari berbagai situs streaming seperti YouTube dengan menonton pemain favorit kamu. Kalau kamu pernah melihat di YouTube ada pemain turnamen yang melakukan spamming “ADAD” di dekat dinding atau melakukan hal-hal yang tidak kita tahu fungsinya, hal ini jelas tidak perlu diikuti.

Tidak semua yang dilakukan oleh pemain turnamen layak kita contoh. Beberapa gerakan manuver atau strategi tertentu membutuhkan persyaratan team work dan pengalaman tingkat tinggi, dan jika tidak sempurna dilakukan, malah berpotensi menyebabkan kekalahan.

Tiap pemain memiliki gaya bermain dan pengalaman yang berbeda-beda dan tidak ada yang 100% sempurna. Streamer profesional selalu memiliki strategi yang berbeda satu sama lain, sehingga sulit untuk menentukan mana strategi yang terbaik.

Apa yang sebaiknya kita lakukan adalah dengan memahami terlebih dahulu maksud dan tujuan dari apa yang dilakukan oleh streamer. Setelah memahaminya, barulah strategi atau gerakan tersebut dicoba.

(Disunting oleh Satya Kevino)