Cara Mengatasi Berbagai Masalah Free Fire Paling Mudah

0
217
Masalah Free Fire
Ad

Salah satu judul mobile esports populer, Free Fire memang memberikan sensasi permainan yang berbeda. Kalian bisa bermain dengan teman dalam satu tim atau bermain solo. Tapi, terlepas dari semua keseruan yang bisa kamu temukan, selalu saja ada momen anti klimaks yang membuat kalian malas untuk memainkan gim ini. Salah satunya adalah pada saat kamu menjumpai masalah teknis saat bermain Free Fire yang beragam jenisnya.

Meski tergolong sukses, gim besutan Garena ini ternyata masih bisa ditemui berbagai kendala yang sering dihadapi para pemainnya. Mungkin kalian juga pernah mengalami beberapa masalah yang terjadi pada gim Free Fire ini.

Nah, jangan khawatir. Di sini, kita akan menjelaskan bagaimana mengatasi masalah dengan cara yang mudah dan efektif.

Cara Mengatasi Berbagai Masalah Free Fire

Loading Lama

Loading Lama

Masalah ini berkaitan dengan jaringan internet yang dipakai. Gim Free Fire ini memang ringan dimainkan menggunakan smartphone dengan spesifikasi standar sekalipun. Jadi jika mengalami loading lama, penyebabnya lebih ke jaringan internet yang dipakai.

Coba atasi dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Gunakan koneksi internet yang baik

    Gim online memang membutuhkan koneksi yang lancar dan stabil. Jika kalian mengalami loading yang lama ketika membuka Free Fire, coba ganti dengan koneksi internet yang lebih stabil.

  2. Restart HP atau aktifkan mode pesawat

    Ketika koneksi internet tidak stabil, coba lakukan reset HP atau bisa dengan mengaktifkan mode pesawat. Cara ini akan membuat jaringan internet menjadi lebih lancar, dimana pada beberapa kasus, jaringan internet mengalami gangguan akibat HP yang sulit menerima signal.

  3. Hapus cache Free Fire

    Terlalu banyak cache juga bisa membuat aplikasi gim Free Fire mengalami loading lama. Kalian tidak perlu takut dengan cara ini, data gim akan tetap aman. Kalian bisa masuk ke Pengaturan, kemudian buka bagian Aplikasi lalu cari Free Fire. Setelah itu kalian bisa tekan Hapus Cache untuk menghapus sampah aplikasi.

Grafik Patah-patah

Grafik Patah-Patah

Meski gim ini bisa dimainkan di HP dengan RAM kecil, tapi tetap saja bisa menimbulkan masalah ini. Kinerja HP yang berat bisa membuat grafik pada Free Fire menjadi patah-patah. Untuk mengatasinya, gunakan cara berikut.

  1. Tutup aplikasi yang tidak dipakai

    Ketika bermain gim Free Fire, disarankan untuk tidak membuka aplikasi lain. Karena aplikasi tersebut akan memakan banyak RAM yang mengganggu alokasi memori untuk gim Free Fire. Tutup aplikasi yang berjalan di backgroud seperti Internet Speed Meter, aplikasi launcher dan sebagainya.

  2. Atur kualitas grafik pada gim

    Kalian juga harus mengatur kualitas grafik Free Fire yang akan dimainkan. Ada beberapa pilihan, kalian bisa memilih smooth agar lebih ringan. Tapi resikonya, kalian hanya bisa menikmati grafik permainan yang paling rendah.

  3. Hapus file sampah

    Untuk mengapus file sampah, kalian bisa memakai aplikasi-aplikasi pembersih seperti CCleaner, AVG Cleaner, Nox Cleaner dan sebagainya. Aplikasi tersebut akan melakukan scan otomatis dan menghapus file sampah dengan cepat.

Tidak Bisa Login

Tidak Bisa Login

Ada berbagai penyebab kalian kesulitan login ke gim Free Fire. Analisa dahulu penyebabnya, baru mencoba untuk login dengan beberapa solusi ini.

  1. Akun Facebook/Google/VK bermasalah

    Pemain Free Fire memang diizinkan untuk menautkan akun mereka dengan Facebook, Google atau VK. Salah satu penyebab yang biasanya terjadi jika kalian login dengan cara itu adalah karena salah password. Kalian bisa memperbaiki dahulu data login-nya sebelum masuk ke dalam Free Fire.

  2. Akun bermasalah

    Kesulitan login juga bisa disebabkan oleh kondisi akun sedang bermasalah. Ini biasanya disebabkan karena kalian menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan cheating ataupun ketahuan menggunakan loot box. Jika akun kalian diblokir selama beberapa hari, tunggu sampai masa pemblokiran selesai. Tapi jika diblokir permanen, tentunya sulit untuk mengembalikan akun tersebut.

  3. Server penuh

    Dalam gim multiplayer seperti Free Fire ini, kejadian server penuh menjadi hal yang lumrah. Akan sulit untuk masuk karena memang server belum bisa menampung lebih banyak pemain lagi. Solusinya hanya menunggu sampai server kembali normal lagi.

Force Close Saat Dimainkan

Force Close

Force close yang terjadi ketika Free Fire dimainkan bisa disebabkan karena spesifikasi HP yang terlalu rendah, atau banyak aplikasi lain yang juga berjalan bersama. Atasi masalah tersebut dengan beberapa cara ini.

  1. Restart HP

    Melakukan restart akan membuat kinerja HP kembali menjadi segar. Beban berat yang sebelumnya harus dikerjakan akan berkurang dengan melakukan cara ini. Caranya dengan menekan tombol power kemudian tekan restart dan tunggu beberapa saat.

  2. Hapus data Free Fire

    Kalian bisa menghapus data Free Fire dengan membuka menu aplikasi di pengaturan. Setelah itu, download data kembali dan coba masuk dengan akun yang kalian miliki. Biasanya ada file yang crash dan membuat aplikasi Free Fire mengalami force close.

  3. Lakukan Update Aplikasi

    Force close juga bisa disebabkan karena adanya update dari Garena. Untuk itu, kalian perlu melakukan pembaharuan terlebih dahulu melalui Google Play Store ataupun App Store. Bug yang sebelumnya ada pada Free Fire bisa menjadi penyebab force close sering muncul.

Kena Suspend

Free Fire akun suspend

Masalah ini pasti akan dialami oleh pemain Free Fire yang kerap bertindak curang. Seperti melakukan cheating, memakai diamonds ilegal, atau membuat pemain lain tidak nyaman. Lalu apakah masalah ini bisa diatasi? Jawabannya tergantung penyebab dan kebijakan dari Garena.

  1. Akibat di-report
    Saat bermain Free Fire, kalian bisa saja akan menemui pemain yang jahil. Mereka kerap melakukan report ke akun-akun yang dijumpainya. Jika akun kalian kena report secara tidak adil tentu bisa berakibatkan akun terkena ban. Coba ajukan banding ke Garena dengan mengirim email agar suspend tersebut dicabut. Jangan khawatir, kemungkinan berhasilnya tetap ada jika memang kalian tidak melakukan kesalahan.
  2. Banned Device
    Ketika perangkat kalian di-ban oleh Garena, maka kalian tidak bisa menggunakan HP tersebut selamanya untuk bermain Free Fire. Salah satu solusinya adalah dengan mengubah IMEI dengan aplikasi IMEI Changer. Kalian bisa mengunduh aplikasi tersebut langsung di Google Play Store. Kebanyakan aplikasi jenis ini hanya tersedia untuk perangkat yang sudah di-root.

Tips Agar Tidak Terjadi Masalah Ketika Bermain Free Fire

  1. Pastikan kalian menggunakan aplikasi Free Fire terbaru. Ketika tersedia update dari Garena, segera lakukan update untuk menikmati pembaruan yang dibuat. Dengan begitu bug-bug yang sebelumnya masih dijumpai, akan terminimalisir.
  2. Gunakan jaringan internet yang lancar, kalian bisa memakai jaringan wifi agar koneksinya tidak terganggu. Jika menggunakan internet seluler, gunakan provider yang memiliki jaringan bagus di daerah kalian.
  3. Hindari tindakan atau penggunaan aplikasi yang dilarang. Garena bisa mendeteksi pelaku kecurangan dan bisa langsung mem-ban akun-akun tersebut. Bermainlah dengan sportif agar sesama pemain bisa menikmati permainan ini.
  4. Selalu hapus file-file yang tidak diperlukan. Karena nantinya bisa membuat penyimpanan menjadi penuh. Kinerja HP akan terganggu dan membuat Free Fire sering nge-lag bahkan force close ketika dimainkan. Ini akan membuat kalian sulit memperoleh banyak headshot selama permainan.

Itulah beberapa permasalahan yang kerap dialami pemain Free Fire. Kalian bisa mencoba cara diatas untuk mengatasi kendala yang sedang dihadapi. Coba beberapa opsi yang tersedia sampai benar-benar selesai masalahnya. Tetap bermain dengan bijak, agar kalian bisa terus bermain Free Fire.

(Disunting oleh Satya Kevino)