Jungler Wajib Tahu! Ini Perbedaan Buff Merah dan Biru di Mobile Legends

1761
Perbedaan Buff Merah dan Biru
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Ada beberapa keunggulan tersendiri yang menjadi perbedaan buff merah dan biru di gim Mobile Legends. Kamu juga pasti sering kali melihat para jungler yang mengambil kedua buff tersebut untuk digunakan. Buff pada Mobile Legends sendiri sudah lama ada loh.

Namun pada awal kemunculannya, hanya terdapat buff biru saja. Ya, buff merah datang setelah buff biru. Semenjak kedatangan buff merah, mulai muncul META hyper carry yang mengambil kedua buff tersebut yaitu buff merah dan buff biru.

Hal ini bertujuan supaya jungler dari tim bisa berkembang lebih cepat dan memiliki damage yang lebih sakit ketimbang jungler lawan. Semenjak itu hingga season 27 ini, jungler lebih sering bahkan diharuskan untuk mengambil dua buff.

Mobile Legends sendiri memang memiliki beragam fitur yang menarik untuk disugukan kepada pemainnya oleh Moonton. Terdapat lebih dari 100 hero yang dapat digunakan oleh pemain yang membuatnya bisa memilih hero apa saja yang menjadi hero favoritnya.

Dalam perbedaan buff merah dan biru sendiri sebenarnya sudah dapat kamu lihat apabila telah berhasil mengelimasi buff tersebut. Pasti sebagian dari kamu hanya mengetahui fungsi dasar dari kedua buff tersebut tanpa membacanya bukan?

Kali ini ini kita akan membahas mengenai perbedaan buff merah dan biru sekaligus hero apa saja yang cocok menggunakan buff merah dan biru.

Perbedaan Buff Merah dan Biru Mobile Legends

Perbedaan buff merah dan biru ini memiliki perbedaan yang tergolong jauh. Pertama kita akan memberikan informasi mengenai efek dari buff biru.

Efek yang diterima apabila kamu berhasil mengeliminasi buff biru ialah memperoleh pengurangan cooldown sebesar 10% dan pengurangan penggunaan mana sebesar 60%.

Selain itu juga buff biru bisa membuat hero kamu mendapatkan pengurangan penggunaan energy sebesar 25%. Mengeliminasi target memulihkan HP hero sebesar 3-12% maksimal HP (tergantung pada tipe unit).

Itulah penjelasan mengenai buff biru, namun apa efek yang diterima jika kamu berhasil memperoleh buff merah?

Sedangkan untuk buff merah sendiri ialah memperoleh 5% adaptive penetration. Serangan berikutnya dapat memberikan 50 (+52) (+39) true damage tambahan dan menyebabkan efek slow sebesar 60% selama 1 detik.

Efek ini memiliki cooldown selama 3 detik. Buff merah ini sangat cocok digunakan oleh hero yang mengandalkan basic attack dalam memberikan damage.

Itulah penjelasan lengkap dari perbedaan buff merah dan biru. Kamu dapat menyesuakan kebutuhan masing-masing buff pada hero yang kamu gunakan.

Hal ini bertujuan supaya efek yang diberikan dari kedua buff tersebut menjadi maksimal.

Role yang Cocok Menggunakan Buff Merah

Pada penjelasan di atas kamu sudah memiliki gambaran mengenai perbedaan buff merah dan biru. namun ada loh role yang tergolong cocok bahkan diprioritaskan untuk mengambil buff merah.

Buff merah pada season 27 ini sering kali diberikan pada hero lain oleh jungler satu tim supaya damage yang diberikan menjadi lebih maksimal.

Namun apakah kamu sudah mengetahuinya role apa saja yang cocok menggunakan buff merah?

Marksman

Perbedaan Buff Merah dan Biru. Marksman
Sumber: UHD Wallpaper

Marksman menjadi role yang menempati urutan pertama yang paling cocok menggunakan buff merah. Pada penjelasan di atas mengenai buff merah sendiri dalam memberikan 5% adaptive penetration sekaligus juga memberikan true damage tambahan.

Hal inilah yang membuat buff merah sering kali diberikan kepada marksman apabila di dalam game sudah memasuki mid game hingga late game.

Biasanya para jungler akan merelakan buff merahnya untuk diberikan kepada marksman satu tim.

Selain itu apabila marksman satu tim diberikan buff merah, ia dapat memberikan efek slow sebesar 60% selama 1 detik jika berhasil memberikan damage kepada lawan. Tentu hal ini sangat berguna dimana marksman sendiri merupakan role reap.

Damage yang tinggi dimiliki oleh marksman dan dikombinasikan dengan buff merah membuatnya dapat dengan mudah mengeliminasi hero lawan. Sekaligus ini bisa menjadi penentu kememangan kamu saat berada di team fight.

Kamu hanya perlu memberikan zona nyaman kepada marksman supaya ia dapat memberikan damage yang maksimal kepada hero lawan tanpa diganggu oleh hero lawan. Pastikan komposisi hero satu tim kamu cocok untuk melindungi marksman satu tim ya.

Pastikan kamu sudah mengetahui perbedaan buff biru dan merah ini supaya kamu bisa memperhitungkan hero marksman apa yang cocok menggunakan antara kedua buff tersebut.

Role yang Cocok Menggunakan Buff Biru

Selanjutnya ada role yang cocok menggunakan buff biru untuk menambah pengetahuan kamu mengenai perbedaan buff merah dan biru.

Para jungler biasanya lebih memprioritaskan mengambil buff biru ketimbang buff merah apabila waktu di dalam game sudah berjalan ke arah mid game hingga late game.

Hal ini bisa kamu lihat pada pertandingan turnamen para pro player hingga high rank Mobile Legends.

Pastikan komposisi hero yang kamu gunakan sudah tepat apabila jungler kamu hanya mengambil satu buff saja. Stategi ini bisa berhasil apabila kamu sudah mengetahui mengenai prioritas utama hero apa saja yang paling butuh menggunakan buff.

Paling umum para jungler yang membutuhkan buff merah ini bisa para mage hingga fighter. Tak jarang jungler tank juga menggunakan buff biru untuk menghemat penggunakan mana atau energy yang ia miliki.

Assassin

Perbedaan Buff Merah dan Biru. Assassin
Sumber: UHD Wallpaper

Sebenarnya dari penjelasan di atas, yang paling membutuhkan buff biru ini ialah assassin. Hal ini disebabkan Assassin sangat riskan dan tergolong boros dalam mengkonsumsi energy atau mana.

Ada beberapa hero seperti Ling, Fanny, Hayabusa, Lancelot dan beberapa hero lainnya sangat bergantung sekali dengan buff biru.

Apabila hero seperti Ling dan Fanny tidak mendapatkan buff biru, sudah dipastikan efektivitas dari kedua hero tersebut menjadi sangat berkurang.

Kamu harus meng-cover hero seperti Ling dan Fanny ini apabila sedang mengambil buff biru. Hal ini bertujuan supaya kedua hero tersebut tidak mendapatkan rusuh atau tekanan dari hero lawan.

Sangat merepotkan bahkan bisa merugikan satu tim apabila hero seperti Ling dan Fanny ini tidak mendapatkan buff. Ia tidak bisa mengikuti teamfight terlalu lama karena terbatas dengan penggunaan energy.

Namun juga tak jarang assassin yang tidak memberikan buff merahnya kepada hero satu tim seperti marksman. Hal ini bertujuan supaya ia memiliki damage yang sakit apabila melakukan combo kepada hero lawan.

Contohnya seperti Hayabusa yang masih umum menggunakan buff biru dan buff merah dari early game, mid game hingga late game. Kedua buff tersebut digunakannya supaya energy sekaligus damage yang ia berikan menjadi maksimal.

Jadi kamu bisa memastikan kembali dan hero apa yang paling membutuhkan buff biru supaya memaksimalkan kemampuan yang ia miliki. sekaligus ini bisa menambah pengetahuan dari perbedaan buff merah dan biru.

Mage

Perbedaan Buff Merah dan Biru. Mage
Sumber: UHD Wallpaper

Namun ada juga hero mage yang cukup bergantung pada buff biru seperti Alice dan Harith. Tak jarang kedua hero tersebut diberikan buff biru oleh jungler satu tim supaya mana yang ia gunakan tidak terlalu boros.

Selain itu juga pada season 27 ini, tak jarang pemain yang menggunakan Lunox jungler sebagai pilihan utama dalam mengatasi hero dengan tingkat durability yang tinggi. Itulah mengapa Lunox ini menjadi pilihan yang bagus dijadikan sebagai jungler.

Oleh sebab itu, apabila kamu menggunakan Lunox jungler sudah dipastikan buff biru menjadi prioritas penting sebagai penyumbang mana yang tinggi yang membuat mana dari Lunox ini tidak cepat habis.

Kebanyakan hero mage memang sangat mengandalkan buff biru. Sangat penting buff biru ini supaya ia mampu melalukan burst damage maupun poke damage kepada hero lawan. Dimana hal itu semua sangat bergantung pada mana regen.

Selain assassin memang tak jarang buff biru ini sering kali diberikan oleh mage. sangat cocok tipe hero mage menggunakan buff biru supaya menghemat penggunaan mana sekaligus menambah wawasan kamu perihal perbedaan buff merah dan biru.


Itulah penjelasan mengenai perbedaan buff merah dan biru. Perbedaan buff merah dan biru tersebut memang memiliki perbedaan yang tergolong jauh antara keduanya.

Kamu bisa memprioritaskan kedua buff tersebut untuk digunakan kepada hero yang cocok menggunakan salah satu ataupun keduanya. kamu bisa memprediksi hero yang pantas diprioritaskan menggunakan buff apabila sudah memahami perbedaan buff merah dan biru.

Namun untuk mempermudahnya, biasanya pemain menggaris bawahi dengan buff biru untuk mana dan energy. Sedangkan untuk buff merah untuk damage atau hero yang mengandalkan physical attack seperti marksman.

banner iklan esportsnesia