Review Game Rice Bowl Restaurant, Simulasi Berdagang Nasi Campur Karya Anak Bangsa yang Boleh Kamu Coba!

896
Review Game Rice Bowl Restaurant
Sumber: Steam

Pada artikel kali ini penulis akan mengupas review game Rice Bowl Restaurant, yaitu game simulasi kuliner lokal khususnya nasi campur asli dari Indonesia.


Halo Sobat Esportsnesia! Kita kembali lagi untuk me-review salah satu game lokal asli Indonesia yang bertemakan kuliner. Kali ini makanan yang akan dijual yakni Nasi Campur (Rice Bowl).

Tahukah kamu bahwa Nasi Campur adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Mungkin dari situlah sang developer terinspirasi untuk membuat permainan ini.

Penulis jadi teringat dengan beberapa game lain yang konsepnya mirip-mirip dengan permainan ini, seperti Cooking Madness, Delicious World, Star Chef dan game sejenis lainnya.

Dalam permainan Warung Nasi Campur (Rice Bowl Restaurant) ini nantinya kamu akan berjualan dan bertemu dengan berbagai jenis pelanggan.

Dalam game ini kamu bertugas untuk memasak makanan sesuai pesanan pelanggan, bertindak cepat dan tingkatkan semua fasilitas warung milikmu untuk membuat penjualan lebih cepat dan lebih efisien.

Masih dengan developer dan publisher yang sama dengan game Asian Food Cart Tycon, yakni Nexvel Entertainment dan CRX Entertainment Pte Ltd. Rice Bowl Restaurant ini sudah dirilis di Steam pada 9 Februari 2023 lalu dan ditandai sebagai permainan casual, simulation dan strategy.

Selain di Steam, kamu juga bisa menemukannya di Candela Imagine, sebagai salah satu platform yang mewadahi kebutuhan game lokal agar eksistensi game Indonesia tetap terjaga.

Kira-kira seperti apa ya keunikan dan keseruan lain dari game ini? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

Review Game Rice Bowl Restaurant

Review Game Rice Bowl Restaurant

Aspek Interface Game Rice Bowl Restaurant

Sebagai awal pembuka dari game ini kita langsung bertemu dengan Mbak Ayu sebagai pemandu tutorial dalam game ini.

Di sini Mbak Ayu akan menjelaskan cara membuat dan memasak nasi campur sesuai permintaan pelanggan yang datang.

Terlihat ada beberapa jenis sajian dan bahan baku mentah yang bisa kamu masak seperti sayur sop, tahu, tempe, ikan, ayam, terong, telur rebus, mie dan nasi. Untuk minumannya ada teh, buah jeruk dan air putih lengkap dengan dispensernya.

Untuk aspek interface-nya sendiri sudah seperti dapur pada umumnya ya. Ada kompor gas, panci, rice cooker, wajan dan piring. Penulis juga ikut menjadi lapar ketika memainkan game ini.

Review Game Rice Bowl Restaurant

Aspek Gameplay Game Rice Bowl Restaurant

Nah mari kita lanjut ke cara bermain game ini. Ketika kamu mengarahkan kursor mouse ke setiap bahan baku tersebut akan tertera petunjuk tambahan seperti masak, control dan drag.

Sehingga cukup memudahkan kamu untuk mengolahnya nanti. Misalkan kamu ingin menggoreng ikan, cukup klik dan drag ikan ke penggorengan, otomatis proses menggoreng ikan pun dimulai. Setelah semuanya matang kamu bisa langsung menatanya ke setiap piring yang sudah tersedia.

Oh iya kamu juga bisa kehabisan gas untuk memasak lho. Situasi ini persis seperti di dapur sungguhan!

Cara mengisinya yaitu kamu tinggal klik tanda + untuk membeli gas. Kamu bisa membeli gas dan bahan baku makanan menggunakan koin yang kamu kumpulkan dari pelanggan yang datang, ya bisa dibilang koin itu adalah keuntungan yang kamu dapatkan.

Pelanggan pertama pun datang, kamu bisa lihat dia mau pesan apa. Sebagai petunjuk tambahan di samping gambar makanan ada simbol “i” sebagai informasi lengkap bahan baku makanan yang harus dipakai.

Jujur untuk gameplay di awal ini penulis masih kaku dan bingung untuk mengolah makanan seperti yang pelanggan mau karena kita masih harus menghafalkan tata letak bahan baku dan cara memasaknya.

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:

Review Game Rice Bowl Restaurant

Pelanggan dalam game ini memiliki persona layaknya manusia sungguhan yang bisa marah jika pesanannya dihidangkan terlalu lama, terlebih lagi salah! Dia bisa langsung melengos pergi sambil berkatalama ah jadi bete“.

Setelah menghadapi beberapa permintaan pelanggan yang bervariasi, penulis merasa jengkel dan gemas ketika pelanggan meminta es jeruk karena proses memerasnya yang unik dan cukup memakan waktu.

Penulis harus berulang mengeklik-ngeklik tombol Peras hingga mencapai 100%. Tampilannya seperti ini:

Review Game Rice Bowl Restaurant

Namanya juga permainan pastinya ada sebuah misi atau tantangan yang harus kita jalankan.

Nah di sini juga ada beberapa misi yang berbeda di setiap levelnya. Semua level ini wajib kamu selesaikan agar keuntungan yang kamu dapatkan bisa semakin banyak.

Tenang saja misi-misi yang tersedia tidak sulit kok, asalkan kamu sudah paham cara bermainnya pasti akan terbiasa.

Review Game Rice Bowl Restaurant

Aspek Graphics Game Rice Bowl Restaurant

Untuk aspek grafisnya, game ini bersifat 2D dan memiliki penggambaran yang cukup menarik layaknya melihat kualitas penggambaran karakter anime.

Grafisnya simple dan lucu, meski tidak terlalu mendetil jika sungguh-sungguh diperhatikan dari bahan-bahan makanan yang ada. Jika tidak diberitahu oleh game, penulis sendiri akan terus-menerus bingung untuk menemukan mie yang mau digoreng.

Sisi baiknya, untuk jenis genre game ini, penulis sangat menyukai pemilihan warna-warna cerah yang disajikan sehingga pemain bisa menikmati game ini dalam durasi yang lebih panjang.

Aspek Sound Game Rice Bowl Restaurant

Aspek sound di sini merupakan salah satu yang penulis suka dari game ini. Musik yang digunakan yaitu senandung gitar akustik yang dipadupadankan dengan gamelan, alat musik tradisional asli Jawa Tengah. Musiknya sangat menenangkan dan calming, ya sesuai lah dengan tema game ini.

Dari awal masuk ke game, musik ini sudah terdengar dan bersifat looping alias diputar terus menerus ya. Kamu bisa mematikan musiknya dengan klik pengaturan yang ada di sisi kanan bawah.

Akhir Kata

Game Rice Bowl Restaurant ini sangat cocok untuk kamu mainkan di waktu senggang sekaligus mendukung karya seni lokal Indonesia agar bisa terus maju dan menghasilkan banyak karya-karya lainnya yang lebih bermanfaat.

Ohya, minimal spesifikasi perangkat untuk memainkan game ini adalah:

  • OS: Windows 7-Windows 10
  • Processor: 1 Ghz Processor
  • Memory: 2 GB RAM
  • DirectX: Version 10
  • Storage: 500 MB – 1 GB available space

Namun penulis juga berharap semoga sang developer bisa untuk merilis update selanjutnya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dan bisa lebih diperbanyak lagi level tantangan atau komponen-komponen dan juga fitur-fitur pendukung lainnya juga bisa ditambahkan.

Sukses selalu untuk sang developer ya!

banner gamekarta

Tentang Gamekarta

Gamekarta adalah sebuah inisiatif kolaboratif yang digagaskan oleh Esportsnesia dan Candela Imagine untuk memberikan dukungan eksposur kepada para pengembang gim tanah air. Dukungan yang diberikan tidak hanya terbatas pada ulasan media, tetapi juga menunjang keberadaan digital dari suatu karya video game dalam ekosistem Esportsnesia.

Tentang Candela Imagine

Candela Imagine adalah sebuah start up fasilitator game developer Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengembang gim untuk menelurkan karyanya.

banner iklan esportsnesia