Komunitas Esports Medan Fakka Siap Mengembangkan Esports Medan!

0
69
logo Medan Fakka Komunitas kota Medan

Medan Fakka Esports Community adalah salah satu komunitas esports asal kota Medan yang cukup dikenal dan telah menorehkan banyak kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat. Jika dilihat dari nama komunitas ini, tentulah kita tahu asal muasalnya.

Komunitas yang berasal dari provinsi Sumatera Utara ini dibentuk sejak tanggal 26 Juni 2015. Jesica Ong, selaku founder Medan Fakka Esports Community, bercerita kepada tim Esportsnesia tentang sedikit banyaknya perjalanan panjang dari komunitas ini.

Ingin tahu lebih dalam tentang apa saja yang sudah dilakukannya? Yuk, wajib baca dan pantengin terus!

Cerita Unik Terbentuknya Medan Fakka

Pernah mendengar game AU Mobile Indonesia, tidak? Game yang biasa dijuluki Aum Indo ini adalah sebuah video game bergenre rhythm, dimana karakter yang kita punya akan menari jika melakukan sesuatu sesuai dengan mode yang kita mainkan. Game ini pernah cukup populer di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

Dari popularitas game ini jugalah yang turut menjadi awal terbentuknya Medan Fakka. Namun, semakin berkembangnya industri esports dari tahun ke tahun, sejak tahun 2017 lalu Medan Fakka juga telah terjun ke dunia yang lebih kompetitif di kalangan komunitas esports dan masih terus berjalan hingga sekarang ini.

Apa Saja Kegiatan Medan Fakka?

Komunitas yang akan genap berumur 6 tahun ini sudah melakukan banyak kegiatan yang positif. Kegiatan sosialisasi yang tidak pernah putus dari tahun ke tahun, turnamen yang setiap bulan diadakan, aktif mengikuti lomba yang dilakukan oleh EO lain, bahkan juga sering mendapatkan juara.

Wah, patut diacungin jempol ya! Yuk, kita simak beberapa kegiatannya di bawah ini.

Mengorganisir acara Sangpisang Championship Arena 2019 di Manhattan Time Square Medan (2-3 Maret 2019)

Medan Fakka Sangpisang

First Warrior Gathering Community (8 Sept 2019) di Cafe Potret Medan

irst Warrior Gathering Community || Kegiatan Gathering community ini diadakan pada tgl 8 Sept 2019 di Cafe Potret

Gathering & Sharing: Bincang-bincang esports kota Medan bersama calon walikota Medan Bobby Nasution (25 Desember 2019)

Gathering & Sharing: Bincang-bincang esports kota Medan bersama calon walikota Medan Bobby Nasution

Kunjungan ke Panti Asuhan Satu Kasih (8 Maret 2020)

Kunjungan ke Panti Asuhan Satu Kasih (8 Maret 2020) 

Selain beraktivitas mengadakan dan menyukseskan event, komunitas Fakka ini juga memiliki segudang prestasi, loh!

Prestasi Komunitas Medan Fakka

Juara 3 Binjai Esport Cup yang diadakan di Meuligoe Kupi Atjeh (MKA KUPI) tanggal 29 November 2020

Binjai Esport Cup

Juara 1 dan 3 di Tournament Mobile Legends Medan Fakka (9 & 10 Januari 2021)

Juara 1 dan 3 di Tournament Mobile Legends Medan Fakka (9 & 10 Januari 2021)

Juara 1 di turnamen Mobile Legends Cafe Huta Kopi

Juara 1 di turnamen Mobile Legends Cafe Huta Kopi

Tidak hanya ini, masih ada banyak lagi loh pencapaian mereka! Kamu bisa cek selengkapnya di halaman profil Instagram mereka di @medanfakkaesports.


Aktif Berkegiatan Sosial

Kunjungan ke Panti Jompo Yasobas Medan Fakka

Tak hanya aktif mencetak kejuaraan, tetapi juga memberi perhatian khusus dalam bersosialisasi. Dengan memegang prinsip sharing is caring, komunitas ini pernah mengunjungi Panti Asuhan Bala Keselamatan Putri yang berada di jalan KH. Samanhudi pada tanggal 21 April 2019. Bantuan diberikan kepada 66 anak yang terdiri dari balita hingga remaja.

Tidak hanya menyasar panti asuhan, komunitas esports Medan ini juga pernah merayakan Mother’s Day dengan berbagi kebahagiaan di Panti Jompo Yasobas yang terletak di kota Tebing Tinggi. Mereka juga turut serta melibatkan para donatur untuk bisa memberi lebih bagi para orang tua yang berada di panti jompo tersebut.

Ada banyak hal yang bisa kita teladani dari komunitas ini. Tak berpuas diri dengan hanya menggapai prestasi demi prestasi, tapi juga tetap mengingat natur manusia yang adalah makhluk sosisal. Hidup tak akan indah jika tak berbagi, bukan?


Kegiatan demi kegiatan yang diadakan ternyata disambut dengan sangat antusias oleh partisipan kota Medan. Ada banyak event besar lainnya yang juga sudah dikerjakan. Kemitraan dengan PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) Sumatera Utara, dimana founder Medan Fakka yang adalah juga bagian PBESI Sumut, juga turut menambah semarak setiap acara.

Apakah ada yang sudah tak sabaran ingin bergabung ke komunitas ini? Jika ada yang tertarik bergabung, kamu bisa langsung menghubungi mereka via Instagram ya!

Misi yang Ingin Dicapai Medan Fakka

Berawal dari sebuah komunitas yang biasa-biasa saja, ada banyak hal tidak biasa yang telah dilalui oleh komunitas ini dan menjadikannya menjadi komunitas yang luar biasa matang. Waktu yang terus berjalan juga perlahan mengubah kerinduan yang dingin dicapai oleh komunitas ini.

Saat ini, Medan Fakka memiliki hal yang ingin dicapai yaitu untuk membuat tim yang ada menjadi tim yang besar dan mengikuti ajang turnamen yang lebih besar lagi. Menjadikan esports semakin berkembang di Medan dan Sumatera Utara adalah visi dari Medan Fakka.

Tantangan Mengembangkan Esports di Kota Medan

Untuk menggapai visi yang besar, tentulah akan diperhadapkan pada tantangan. Namun, jangan lupa, bahwa tantangan inilah yang pada akhirnya dapat membentuk hingga menjadi komunitas yang besar. Dalam perjalanan 5 tahun ke belakang, Medan Fakka juga mengalami suka-duka yang cukup banyak.

Beberapa anggota tidak sedikit yang vakum dan sibuk dengan kegiatan masing-masing. Namun keadaan ini tidak membuat komunitas ini berhenti. Jika ditotalkan, maka anggotanya yang bisa mencapai 150-an orang ini juga turut ambil andil dalam kemajuan komunitas ini secara tak langsung.

Melihat wadah esports di kota Medan yang belum ada, hal inilah yang menjadi harapan dari komunitas esports ini yaitu supaya diberikan sarana untuk para esports yang ada di kota Medan.

Ada Kabar Baru Apa dari Medan Fakka?

Setelah debut kemenangannya, Medan Fakka telah resmi mengumumkan tim dengan roster baru Mobile Legends Medan Fakka Esport tepat pada 12 Januari lalu! Penasaran siapa saja mereka? Check it out!

Roster baru Medan Fakka Mobile Legends

Tim ini terdiri dari: Ayub “Lutveon” sebagai tank, Rafly “Fall” sebagai sideliner, Rama “Babyryy” sebagai gold laner, Mitra “Frozennn” sebagai hypercarry, Arrya “Bishamon” sebagai support, dan Bowo “Boww” sebagai all role.

Tim ini sudah sempat menjuarai beberapa turnamen esports yang ada di Kota Medan dan Binjai dengan total perolehan sekitar 17 sertifikat dan medali di tahun 2020. Tim ini akhirnya secara resmi bergabung dengan Medan Fakka Esport. Dengan adanya tim baru di Medan Fakka Esport jelas akan menjadikan perubahan yang baru di komunitas.


Demikianlah perjalanan dari komunitas esports ini yang tidak bisa dirangkum secara keseluruhan dalam tulisan ini. Perjalanan yang masih panjang. Tugas mengembangkan esports di Medan belum usai.

Banyak yang harus dibenahi. Semangat untuk terus berkarya, Medan Fakka! Kami menantikan karya-karya baru lainnya.