Produktif di Kala Pandemi, ML Acinonyx Community Sah Menjadi Komunitas Esports!

0
147
ML Acinonyx Community

ML Acinonyx Community – Siapa bilang di tengah pandemi tidak bisa menjadi produktif?  Kali ini Esportsnesia akan mengulik perjalanan salah satu komunitas Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang ada di Jakarta bersama dengan Yunaldi Suhendra, atau yang dikenal sebagai YunSuh.

Sebelum menjadi sebuah komunitas esports, mereka sudah berkumpul bersama dan membentuk sebuah ingame squad bernama Acinonyx Esports sejak tahun 2018. Dengan semakin banyaknya teman baru yang berkumpul, akhirnya mereka berinisiatif untuk menjadikan squad ini sebagai komunitas dan lahirlah ML Acinonyx Community pada April 2020 kemarin.

Tentu saja, dengan keadaan pandemi seperti ini, segala kegiatan baik itu mabar, fun match, serta turnamen, mau tidak mau harus dilakukan secara daring. Begitu juga dengan komunikasi yang harus berlangsung dari WhatsApp Group (193 member) , dan juga Discord (460 member).

Sebulan setelahnya, komunitas ini sudah menjadi salah satu bagian dari Community Hero, program yang diadakan oleh Moonton selaku developer MLBB untuk mewakili regional Jakarta, keren!

Baru sebulan sah sebagai komunitas, ML Acinonyx Community dapat dikatakan sebuah komunitas yang sudah terstruktur dan cukup detail, hal ini dapat dilihat dari banyaknya akses yang dapat ditempuh untuk semakin lebih dekat dengan mereka.

Saluran Media Sosial ML Acinonyx Community

Lalu Apa Saja Kegiatan yang Sudah dilakukan?

Tinggal menghitung minggu, komunita sini akan berulang tahun yang pertama di bulan April 2021! Walau masih seumur jagung, kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini sudah cukup banyak, lho! Berikut  nama dan tanggal dari kegiatan yang sudah mereka lakukan!

  1. Online Mini Tournament Mobile Legend S1 2K20 (16-17 Mei 2020)
  2. Online Grand Tournament Mobile Legend S2 (12-14 Juni 2020)
  3. CH Official Event Mini Tournament SP HAYABUSA Starlight (4-5 Juli 2020)
  4. Online Tournament Magic Chess S1 (12 Juli 2020)
  5. Online Tournament Magic Chess S2 (17-18 Juli 2020)
  6. CH Official Event Mini Tournament SP DRAGON TAMER (18-19 Juli 2020)
  7. CH Official Event Mini Tournament SP SUMMER PARTY (25-26 Juli 2020)
  8. Online Tournament Magic Chess S3 (1-2 Agustus 2020)
  9. CH Official Event Mini Tournament SP WANWAN STARLIGHT AUGUST 2020 (1-2 Agustus 2020)
  10. CH Official Event Mini Tournament SP NEW HERO KHALEED (8-9 Agustus 2020)
  11. Rookies Online Tournament Season 1 (15-16 Agustus 2020)
  12. RE-UPLOAD MagicChess Tournament S4 (27-28 Agustus 2020)
  13. CH Official Event Mini Tournament SP ESMERALDA STARLIGHT SEPTEMBER 2020 (5-6 September 2020)
  14. Magic Chess Tournament S5 (8-9 September 2020)
  15. ML Online Tournament North Jakarta Region (26-27 September 2020)
  16. ML Acinonyx Community Tank Mid Team (29-30 September 2020)
  17. CH Official Event Mini Tournament SP GRANGER EPIC SKIN (10-11 Oktober 2020)
  18. ML 5vs5 Online Tournament S1 (23-25 Oktober 2020)
  19. CH Official Event Mini Tournament SP ALDOUS IS SUPER HERO (30-31 Oktober 2020)
  20. CH Official Event Mini Tournament SP X-BORG ELITE LIMIT SKIN (16-17 November 2020)
  21. Online Mini Tournament Mobile Legend S2 2K20 (1 Desember 2020)
  22. CH Official Event Mini Tournament SP JAWHEAD – SAMURAI MECHA (6 Desember 2020)
  23. ML Acinonyx Community Series 23- CH Official Event Mini Tournament SP NEW HERO MATHILDA (20 Desember 2020)
  24. ML Acinonyx Community Series 24 – CH Official Event Mini Tournament SP BENEDETTA STARLIGHT JANUARY 2021 (5 Januari 2021)
  25. ML Acinonyx Community Series 25 – CH Official Event Mini Tournament SP VALIR EPIC LIMITED (10 Januari 2021)
  26. ML Acinonyx Community Series 26 – CH Official Event Mini Tournament SP Clint for M2 Tournament (21 Januari 2021)
  27. ML Acinonyx Community Series 27 – CH Official Event Mini Tournament SP NEW HERO PAQUITO (25 Januari 2021)
  28. ML Acinonyx Community Series 28 – CH Official Event Mini Tournament SP LAPU-LAPU STARLIGHT FEBRUARY 2021 (5 Februari 2021)
  29. ML Acinonyx Community Series 29 – CH Official Event Mini Tournament SP WANWAN LIMITED SKIN (10 Februari 2021)

Banyak banget! Belum genap dalam 1 tahun, komunitas ini sudah melakukan lebih dari 20 kegiatan secara online, tidak terbayangkan betapa antusiasnya para rekan-rekan yang ikutan. Sungguh produktif sekali untuk dilakukan latihan, ya!

Motivasi yang Membuat Acinonyx Community Tetap Konsisten

Sekalipun belum terikat kerja sama dengan pihak manapun, tidak meredupkan semangat dari YunSuh dan rekan-rekan komunitasnya. Visi dan misi yang dipegang adalah salah satu “bahan bakar” yang membuat mereka masih semangat dalam menjalani olehraga elektronik ini. Adapun visi-misi dari komunitas ini ialah:

  • Menjadi komunitas besar di Jakarta Utara
  • Mengenalkan komunitas Mobile Legends khususnya di Jakarta Utara
  • Meningkatkan kualitas diri dalam bermain Mobile Legends
  • Mewujudkan Jakarta Utara sebagai provinsi yang melahirkan player yang berprestasi
  • Mengembangkan semangat dan pengalaman kompetitif terhadap member komunitas

Menjalankannya tentu tidak mudah, diperlukan kepedulian untuk saling mengingatkan satu dengan yang lain agar tetap konsisten didalam komunitas yang mereka bangun sejak April di tahun 2020 lalu. Bukan hanya tantangan secara internal, namun pandemi ini juga berpengaruh sekali terhadap YunSuh dan rekan  komunitasnya.

Bayangkan saja di Desember lalu, komunitas ini hampir melaksanakan tournament offline di suatu cafe di Jakarta Utara, dengan harapan bisa bertegur sapa yang selama ini hanya berkomunikasi via online/WA saja.

Namun sayang sekali, keberuntungan belum berpihak  kepada mereka, tidak lama setelahnya, terdapat kabar PSBB kembali dijalankan di Jakarta, sehingga mempersulit kegiatan yang biasanya cukup longgar untuk dilakukan. Walaupun cukup sedih, tapi turnamen tetap harus berjalan, dan kemudian dipindahkan menjadi turnamen daring.

Lalu Bagaimana Perkembangan Esports di Jakarta Utara?

“Ya, sama dengan komunitas lainnya juga. Mungkin dibahas bagian tantangan dulu kali ya, bagaimana kita berusaha untuk jadi penengah di antara member yang berselisih, baik penyebabnya losestreak dalam gim MLBB, atau mungkin karena ketidakcocokan dalam hal kepribadian, sehingga yang satu terasa toxic dengan yang lainnya.

Perihal perkembangan sih disini udah cukup punya nama. Berkembangnya semakin pesat, yang dimainkan juga banyak game-game lain tidak hanya MLBB. Masyarakat sudah mulai berpikiran terbuka dalam perkembangan esports lainnya, dan tentu ini sangat membantu banget buat kita.

Hal itu dikarenakan salah satu dampaknya ialah orang tua sudah ada yang menerima dan bahkan mendukung anaknya agar lebih suportif dalam bertanding”, sahut YunSuh kepada tim Esportsnesia.

Walau dapat dikatakan beruntung karena menjadi salah satu komunitas yang berada di Ibukota, artinya setiap komunikasi antar pemain pasti akan jauh  lebih dipermudah. Sekalipun begitu, komunitas Acinonyx ini belum mendapatkan lirikan dari pemerintah, dan mereka juga memaklumi dikarenakan komunitas ini masih dirintis bersama-sama.

YunSuh menjawab pada pertanyaan sebelumnya, mengatakan bahwa masyarakat cukup banyak juga yang sudah mau menerima komunitas ini, tapi tidak menutup kemungkinan, masih terdengar juga informas-informasi khususnya sesama pemain Acinonyx yang masih belum mendapatkan dukungan oleh keluarga dekat. Tetap saja, stigma negatif akan olahraga elektronik ini masih melekat pada beberapa orang disekitar mereka.

Pandangan ML Acinonyx Community terhadap Isu-isu Seputar Industri Esports

Walau sudah lama mengenal sejak 2018, namun dapat dikatakan komunitas ini masih sangat baru dikarenakan terbentuk di April tahun lalu. Dengan usia yang masih se umur jagung ini, tim Esportsnesia ingin mengetahui sudut pandang YunSuh dan rekan-rekan mengenai isu-isu seputar industri esports.

YunSuh cukup sadar akan isu kecurangan, dan perjudian yang mungkin terjadi pada olahraga elektronik ini, namun mereka cukup tanggapuntuk mencegahnya dengan sudah memberikan sosialisasi perihal buruknya dampak perjudian, pun apabila ada event esports yang diadakan, akan diawasi ketat oleh para panitia, sehingga sedikit celah dalam melakukan kecurangan.

Sama halnya dengan isu pemain yang ikut dalam turnamen namun masih dibawah usia 17 tahun. Mereka meyakini bahwa seharusnya dunia pendidikan harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum ingin menjadi seorang pro player.

Sekalipun  isu di atas sudah sering menjadi pembahasan, namun komunitas ini tetap memantau isu perkembangan lain perihal esports, misalnya salah satu nya turnamen Mobile Legends di MPL S6 hingga M2 yang diadakan di negara tetangga belum lama ini, semua pendukung tim esports di Indonesia menyerukan hashtag #IndoPride di berbagai platform media sosial, dan bagi mereka ini dapat dijadikan semangat untuk semakin berkembang di dunia esports Mobile Legends.

Sebagai penutup, YunSuh menyampaikan pesan kepada rekan-rekan pemain ML lainnya untuk tetap dapat konsisten berlatih, dan yang tidak boleh dilupakan ialan menjaga kesehatan lebih lagi. Mengingat sampai kini masih dalam kondisi adanya pandemi.