Tips Main Lokapala: Cara Menggunakan Ksatriya Neera

0
6
Neera Lokapala

Cara Menggunakan Ksatriya Neera – Ksatriya Neera merupakan salah satu ksatriya yang termasuk dalam kategori role support. Role support memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan role ksatriya lain, yaitu memiliki beberapa skill yang dapat menjaga “kesehatan” teman satu tim, seperti healing (menambah darah), stun, dan lain sebagainya.

Beberapa pemain gim genre MOBA pasti ada yang fokus menggunakan role support dikarenakan role ini sangat berguna untuk mendukung teman setim yang menggunakan hero core atau ksatriya dengan role assassin atau marksman.

Bicara soal role support, belakangan ini ksatriya Neera menjadi banyak diminati oleh kalangan player MOBA Lokapala. Bagi kamu yang sedang mencari tutorial cara menggunakan ksatriya Neera, kamu sudah berada di jalur yang tepat!

Dalam pembahasan ini kamu akan menemukan cara menggunakan ksatriya Neera, mulai dari pembahasan build item, combo skill, dan cara mendukung rekan setimmu dengan tepat. Sebelum lanjut ke pembahasan tersebut, mari kita simak latar belakang serta pembahasan skill ksatriya Neera terlebih dahulu.

Latar Belakang Ksatriya Neera

Latar Belakang Ksatriya Neera

Dikisahkan dalam game, ksatriya Neera merupakan sosok Apsara yang menjaga laut Manthana. Ditunjuk langsung oleh Sang Raja Langit, dia melakukan tugas itu sendirian. Hal ini menyebabkan dia merasa bosan dan kesepian.

Kemudian ksatriya Neera memohon kepada Sang Raja Langit untuk diberi teman dalam tugasnya itu. Namun Sang Raja Langit tidak langsung menurutinya karena banyak urusan lain yang lebih penting.

Termasuk urusan dengan seseorang yang ingin menantang kuasanya, yaitu Vish. Vish adalah seorang petapa yang taat dan apabila pertapaannya selesai maka kekuatannya akan melebihi Sang Raja Langit.

Segala macam kekuatan dari alam bumi yang tidak bisa dia tandingi adalah ancaman bagi Sang Raja Langit. Kemudian Sang Raja Langit berpikir, jika Vish tidak merampungkan pertapaannya, maka dia tidak akan mendapat kekuatan itu.

Lalu, dipanggilah Neera. Selanjutnya dia ditugaskan untuk menggoda Vish dan mengalihkan perhatiannya dari pertapaannya. Dengan sedikit sihirnya, Neera berhasil menggagalkan pertapaan Vish.

Dalam game, ksatriya Neera merupakan salah satu ksatriya wanita dengan role support bertipe crowd control. Neera memiliki 1 skill passive dan 3 skill active yang sebagian besar adalah buff heal dan crowd control. Di bawah ini sudah kami sajikan beberapa penjelasan tentang skill dari ksatriya ini!

Skills Ksatriya Neera

Skills Ksatriya Neera

Skill Passive (Amiable Embrace)

Skill passive ini memungkinkan Neera untuk meningkatkan regenerasi HP tim kawan sebesar 20%, dalam jarak 300 unit. Jumlah dari regenerasinya ini akan dibagi sesuai dengan berapa jumlah ksatriya tim kawan di sekitarnya.

Skill 1 (Flower for Vish)

Neera akan meletakkan sihir bunga, yang nantinya akan meledak dan memberi musuh damage crowd control sebesar 300 (+50% of AP) magic damage dan akan meningkat sampai 6 stack serta mengurangi movement speed musuh sebesar 40% dalam waktu 2 detik. Ledakan ini juga akan memberi heal kepada kawan sebesar damage yang diterima musuh.

Skill 2 (Loyal Apsara)

Neera akan menghubungkan dirinya dengan 1 anggota tim untuk menyembuhkan temannya sebesar 90 HP (+80% of AP). Selain HP, skill ini juga meningkatkan movement speed teman sebesar 10%. Sebagai referensi, skill ini hampir mirip seperti skill dari hero Estes dari gim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Skill 3 (Neera Charm)

Neera akan menari dan memunculkan taman bunga yang akan menyembuhkan 250 HP (+30% of AP) kepada dirinya dan anggota setim selama 6 detik. Ketika aktif akan mengakibatkan immune terhadap serangan musuh atau proyektil musuh, dan mendorong musuh keluar dari areanya.

Cara Menggunakan Ksatriya Neera

Cara Menggunakan Ksatriya Neera

Setelah kamu melihat pembahasan di atas terkait dengan latar belakang dan skill dari ksatriya Neera, berikutnya akan kita lanjutkan dengan pembahasan cara menggunakan ksatriya Neera di dalam permainan.

Dimulai dari build item dan cara menggunakan combo skill dari ksatriya ini. Pahami dengan baik pembahasan berikut ini agar kamu bisa lebih jago dalam menggunakan ksatriya Neera.

Build Item Ksatriya Neera

Build Item Ksatriya Neera

Fortune Greaves (Movement Item)

Item yang sangat wajib bagi para ksatriya. Pergerakan dalam gim jelas sangat penting dan memiliki movement item yang tepat akan memberikan hasil yang baik dalam pertarungan. Fortune Greaves, item ini akan memberimu tambahan kecepatan sebesar 50%.

Selain itu juga memberi tambahan cooldown untuk skill active dari ksatriya Neera yang memang bermain dengan combo.

Sagewood War Staff (Magical Item)

Item kedua yang perlu kamu dapatkan adalah Sagewood War Staff. Alasan mengapa item ini wajib dibeli adalah karena sifat role support dari Neera. Fungsinya antara lain adalah menambah HP (Health Point) sebesar 500, MP (Mana Point) sebesar 300 dan AP (Ability Power) sebesar 60.

Selain itu ada tambahan 3 passive skill dari item ini, yaitu memulihkan HP dan MP sebesar 20% saat naik level selama 4 detik. Efek ini jelas sangat berguna di early game.

Yang kedua, memberi tambahan AP+20 dan MP+ 25 setiap 30 detik, bisa ditumpuk (stack) hingga 5 kali; dan efek yang terakhir adalah menambah magic power sebanyak 5%.

Dengan item ini, tentunya akan membuat ksatriya Neera lebih sulit untuk dikalahkan karena tambahan HP dan skill passive-nya.

Dreamwhisper (Magical Item)

Item ketiga adalah Dreamwhisper yang dapat memulihkan MP sebesar 50 dan menambah AP (Ability Power) sebesar 70. Tidak hanya itu, ada juga skill passive yang akan mengembalikan sebanyak 20% MP (Mana Point) yang terpakai setelah menyerang lawan.

Item ini sangat berguna bagi Neera karena sebagian besar skill active-nya menggunakan mana dalam jumlah yang banyak. Pemulihan mana membuatnya tidak perlu sering kembali ke markas dan membuatnya lebih efektif dalam membantu tim dalam pertarungan.

Demonic Ornament (Magical Item)

Item yang keempat adalah Demonic Ornament. Item ini memiliki beberapa keuntungan di antaranya: memberi tambahan HP (Health Point) sebanyak 500, MP (Mana Point) sebesar 200, AP (Ability Power) sebesar 80, dan mengurangi cooldown sebesar 10%.

Item ini juga memiliki passive, yaitu ketika berhasil mengeliminasi musuh maka Neera akan mendapat buff kecepatan sebesar 30% selama 5 detik dan +25% spell vamp ketika melakukan skill.

Dengan demikian, ksatriya Neera akan dengan mudah memulihkan HP dan membuatnya mudah untuk kabur setelah mengalahkan musuh.

Ghostwalker Staff (Magical Item)

Dengan beberapa keuntungan item ini, yaitu menambah jumlah HP sebesar 200, AP sebesar 120, dan mengurangi cooldown sebesar 10%, Neera akan sangat membantu teman satu timnya.

Vindicator Scroll (Magical Item)

Build item terakhir yang cocok untuk ksatriya Neera adalah Vindicator Scroll. Item ini memiliki fungsi passive ablity yang dapat menambah magic power sebanyak 20%. Dengan menggunakan item ini, ksatriya Neera bisa memberi burst damage yang cukup sakit layaknya role mage yang agresif.

Combo Skill Ksatriya Neera

Combo Skill Ksatriya Neera

Sebelum terjun ke lapangan peperangan virtual ala Lokapala, pastikan untuk menggunakan spell Orenda demi memaksimalkan perananmu sebagai support. Ketika bermain, skill yang perlu kamu pilih terlebih dahulu adalah skill 1 karena cenderung efisien untuk melakukan push bersama tim. Setelah naik ke level 2, lanjutkan dengan fokus menaikkan skill 2 untuk memberi healing kepada tim yang sekarat saat push.

Setelah mencapai level 4 kamu bisa mengakses skill 3 atau skill ultimate yang akan sangat berguna dengan memberi immune dari segala bentuk serangan basic dalam penyerangan bersama dengan team.

Strategi Permainan Ksatriya Neera

Strategi Permainan Ksatriya Neera

Early Game

Setelah kamu melihat cara mengatur combo skill dari Ksatriya Neera. Di early game tugas dari Ksatriya Neera pertama adalah memberi dukungan serangan crowd control kepada lawan bersama tim.

Untuk lane yang harus dilalui pertama, bisa lane bawah, atau atas. Fokus untuk membantu tim dalam melakukan push sebisa mungkin, jangan kembali ke base sedini mungkin, dan terus jaga jarak dari lawan (enemy distancing).

Utamakan untuk upgrade skill 1 untuk membantu tim melakukan push dan sebisa mungkin untuk membersihkan minion. Fokus pada pembuatan item Fortune Greaves (Movement Item) dan Sagewood War Staff (Magical Item).

Mid Game

Setelah kamu sampai di mid game, usahakan untuk memprioritaskan sihir dukungan seperti skill 2, untuk memberi bantuan berupa dukungan kepada team yang lanenya kalah level.

Dalam mid game usahakan tetap menghindari konflik langsung dengan tim lawan, baik itu ksatriya assassin, maupun tank lawan. Tetaplah berada di dalam zona perlindungan fighter atau tank timmu.

Pada mid game usahakan untuk bisa mendapatkan item Dreamwhisper (Magical Item) dan Demonic Ornament (Magical Item). Dengan 2 item tersebut, kamu akan leibh mudah melakukan push bersama tim.

Late Game

Setelah kamu memasuki late game, kamu akan semakin kesulitan dengan lawan yang memiliki item lengkap, atau level yang lebih tinggi. Hal ini wajar mengingat role support yang kamu gunakan.

Jadi usahakan untuk ikut berkumpul dalam pergerakan tim. Skill 3 Neera mampu memberi immune dari basic attack. Saat tim ketinggalan level, maka usahakan untuk tetap berada di dekat kawan terutama menjaga teman setim yang memiliki level paling rendah.

Kalau kamu sempat, maka kamu harus membuat item Ghostwalker Staff sebagai item yang kelima. Tujuannya untuk debuff movement speed tim lawan, terutama saat sedang teamfight.

Kalau masih belum bisa berhasil, maka terakhir kamu bisa membuat item Vindicator Scroll untuk membantu kamu dalam memberikan magic damage setara mage sejati.


Nah, itu dia sedikit pembahasan dari tips cara menggunakan ksatriya Neera yang telah kami sajikan dalam pembahasan terbaru kali ini. Semoga setelah membaca tutorial ini, kamu bisa lebih jago dalam menggunakan ksatriya support ini.

Terima kasih, dan jangan lupa untuk membaca tutorial ksatriya lainnya di bawah ini.