3 Alasan Mengapa Mobile MOBA Sangat Populer di Indonesia

0
48
3 Alasan Mengapa MOBA Sangat Populer di Indonesia | Esportsnesia
via Mobile Legends

Intro


Bermain MOBA di perangkat komputer memiliki sensasi tersendiri yang tidak tergantikan. Tingkat kompleksitas yang tinggi dan persaingan yang ketat membuat banyak pemainnya ketagihan dan tidak berpaling ke game lain.

Namun era baru sudah datang dimana MOBA dapat dimainkan di perangkat mobile. Mobile MOBA yang lebih simpel dan praktis bisa menjadi pilihan buatmu di saat sedang bosan atau sedang tidak memiliki PC untuk bermain MOBA.

Dengan tempo game yang relatif cepat dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu, kamu bisa memainkannya di saat senggang. Selain karena alasan di atas, terdapat beberapa hal lain yang membuat mobile MOBA sangat populer terutama di Indonesia saat ini!

Terbukti bisa membuat orang dari berbagai kalangan mendadak menjadi gamers. Buktinya, sampai sat ini pun masih banyak yang memainkannya. Mulai dari anak-anak, yang muda yang tua, tidak memandang siapa mereka baik dari satpam, pedagang, hingga karyawan kantoran pun demam memainkan game ini.

Kalau dulu tidak banyak yang bisa bermain MOBA seperti DotA 2, sekarang semua bisa menjadi salah satunya. Kenapa ya mobile MOBA sangat populer saat ini di Indonesia? Penasaran? Ini dia jawabannya!

Jawabannya tidak lain adalah Karena MOBA mempunyai beberapa keunggulan yang membuatnya populer dan bisa membuatmu ketagihan, seperti poin-poin di bawah ini.

1Lebih Praktis dan Ekonomis

Di zaman sekarang, siapa sih yang tidak memiliki perangkat mobile seperti smartphone?

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, hampir dapat dipastikan bahwa mereka memiliki paling tidak satu perangkat smartphone yang mereka gunakan sehari-harinya. Hal ini berarti keunggulan mobile MOBA adalah karena ia lebih praktis dan ekonomis, mengingat rata-rata orang telah memiliki gadget untuk memainkannya.

Baca juga:  5 Langkah Awal Menjadi Pro Gamer

Koneksi tanpa lag dan kemampuan download berkecepatan tinggi menjadi syarat mutlak untuk bermain MOBA di PC. Belum lagi konsumsi data yang cukup besar saat bermain MOBA di PC akan menghisap paket datamu lebih cepat.

Tidak lupa, berlangganan internet berbayar dengan kualitas tinggi akan menghabiskan biaya yang cukup besar dan menguras dompetmu. Belum lagi jika kamu adalah seorang anak kos.

Saat ini, dengan hanya mengandalkan smartphoneyang kamu miliki dan paket data bulanan, kamu sudah bisa bermain MOBA mobile esports dengan nyaman. Belum lagi mobile MOBA yang kompatibel dengan smartphone yang tergolong jadul, membuatnya menjadi sangat hemat dan dapat dimainkan oleh siapa saja dimana saja.

Hal tersebutlah yang menjadi keunggulan mobile MOBA karena lebih praktis dan ekonomis dibandingkan bermain MOBA di PC.

2Potensi yang Luas untuk Menciptakan Meta

Karena umur mobile MOBA yang masih muda dan tingkat kompleksitasnya yang tidak terlalu tinggi, kemungkinan kamu untuk menciptakan meta sendiri dapat menjadi poin keunggulan mobile MOBA.

Intinya adalah mobile MOBA masih memiliki banyak potensi untuk digali dibandingkan game-game MOBA di PC yang cenderung sudah berumur dan memiliki metayang sudah terbentuk secara mendalam.

Jadi bagi kamu yang hobi eksperimen, mencobanya di mobile MOBA tentu akan menjadi menarik!

3Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Teamwork

via Mobile Legends

Komunikasi dan teamwork sangat dibutuhkan dalam pertarungan di game mobile MOBA ini, karena kemenangan tidak mungkin cuma peran satu orang saja melainkan sangat membutuhkan kerja sama tim yang solid.

Di game mobile MOBA ini kita sering bermain dengan teman yang tidak hanya berasal dari satu lokasi saja. Karena ini adalah online game, kita hanya bisa menyampaikan pesan ke mereka melalui fitur chat dengan kalimat terbatas.

Itulah mengapa kemampuan komunikasi menjadi sangat penting di mobile MOBA ini. Ketika tim kita lagi tidak terarah serangannya, kita ditantang untuk bisa memberitahu mereka. Tentu bukan dengan cuma ngejek dan berkata kasar ya, melainkan dengan memotivasi.

Baca juga:  Sosok Kartini di Esports Indonesia

Kamu pasti bisa merasakan sendiri jika sedang bermain Mobile Legends. Betapa kalimat “Hang On We Will Win” akan jauh lebih memotivasi dirimu daripada ajakan “Surrender” tiba-tiba.


Mobile MOBA memang memiliki keunggulan tersendiri, namun MOBA di PC akan selalu melekat di hati dan sulit tergantikan. Di sisi lain, mobile MOBA membawa potensi yang selama ini tidak ada karena kompleksitas game bergenre MOBA yang dahulu hanya dapat dimainkan pada platformPC.

Potensi tersebutlah yang menjadi keunggulan mobile MOBA dan harus kamu manfaatkan secara maksimal. Yuk bermain mobile esports!

(Disunting oleh Satya Kevino)

Previous articleESL Bekerja Sama Dengan Square Enix Untuk Turnamen Go4 
Next article10 Tim Esports Terbaik Tahun 2017 Berdasarkan Total Pendapatannya
Aprilia Ningrum
Saya adalah seorang Sarjana Ekonomi muda yang memiliki hobi travelling, olahraga dan membaca. Menyukai tantangan dan hal-hal baru. Bercita-cita ingin menjadi orang yang sukses, bermimpi memiliki tempat belajar untuk anak-anak yang ekonominya kurang, mengajarkan berbagai hal yang positif. Lalu, aku terjebak di dunia tulis menulis seputar esports dan pada akhirnya aku mulai menyukainya. Aku adalah wanita Indonesia yang ceria yang belakangan ini suka mendengarkan motivasi dari Ust. Hanan Attaki yang cara penyampaiannya kekinian dan mudah di pahami. Sang motivator cantik yaitu Merry Riana dengan gaya berbicara yang asik dan membuat kita semangat. Dan masih ada beberapa lainnya. Karena jika bukan kita sendiri yang memotivasi diri kita, siapa lagi!.