Kenali 6 Manfaat Bermain Game Mobile Legends yang Harus Kamu Ketahui

1458
manfaat bermain game mobile legends
Sumber: Instagram (@mobilelegendsgame)

Mobile Legends merupakan salah satu game HP populer yang saat ini sedang naik daun. Game MOBA yang akrab disingkat “MLBB” ini banyak dianggap masyarakat sebagai hal yang kurang bermanfaat. Namun sebenarnya ada juga berbagai manfaat bermain game Mobile Legends yang mungkin tidak banyak orang ketahui.

Mulai dari menjadi sumber penghasilan, sarana berekspresi dan pengembangan diri, hingga melatih soft skill. Nah, penasaran dengan penjelasannya? Yuk simak manfaat bermain game Mobile Legends berikut ini.

Mengenal Manfaat Bermain MLBB

Bermain game identik dengan nilai-nilai negatif bagi pemainnya. Namun saat ini game sudah banyak memberikan manfaat kepada para-pemainnya.

Manfaat tersebut bisa didapatkan apabila setiap pemain mampu memaksimalkan potensi-potensi yang ada di dalam game terutama Mobile Legends.

Langsung saja, ini adalah manfaat bermain game Mobile Legends yang pertama.

Manfaat Main Game MLBB #1: Melatih Kekompakan Tim

Mobile Legends. Melatih Kekompakan Tim
Sumber: pixabay (@mohamed_hassan)

Mobile Legends merupakan salah satu game strategi 5v5 yang dimana setiap pemain harus saling bekerja sama untuk dapat meraih kemenangan di dalam tim.

Untuk mencapai kemenangan itu, setiap pemain harus saling bekerja sama yang baik untuk menyusun strategi supaya dapat menghancurkan base lawan.

Dalam menyusun strategi tersebut, setiap pemain harus dibagi tugasnya masing-masing terutama dalam pemilihan role dan hero ketika drafting.

Pemilihan role dan hero juga menjadi salah satu bagian pada kekompakan tim. Pemain akan memilih tugasnya sekaligus menjalankan tugas dari role dan hero yang digunakan.

Setelah selesai tahap persiapan, kamu juga masih perlu menyusun strategi dalam mengikuti perkembangan alur permainan.

Misalnya, ketika hero musuh ternyata sudah lebih jago dalam menggunakan jenis serangan tertentu, maka dibutuhkan kemampuan analisis untuk menentukan langkah apa yang harus diambil dalam menyikapinya.

Tidak heran jika game MLBB ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk melatih kemampuan berpikir.

Manfaat Main Game MLBB #2: Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Mobile Legends. Meningkatkan Kemampuan dalam Berkomunikasi
Sumber: Gramedia

Dalam bermain Mobile Legends, pemain pasti akan saling berkomunikasi. Komunikasi bisa melalui verbal maupun nonverbal seperti menggunakan voice chat pada in game ataupun melalui aplikasi pihak ketiga seperti Discord.

Namun untuk lebih komunikatif antar pemain, komunikasi secara lisan akan lebih efektif dibandingkan hanya melalui ketikan.

Menggunakan mikrofon in game ataupun Discord, pemain dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi-pun akan lebih efektif karena tidak ada jeda waktu karena informasi yang disampaikan akan langsung diterima pada pemain lainnya, alias secara real time.

Ketika sesama pemain saling berkomunikasi, mereka pastinya harus memastikan bahwa apa yang mereka sampaikan bisa dimengerti oleh lawan bicaranya.

Mengingat tempo permainan MLBB yang sangat dinamis, berkomunikasi pun harus efektif dan efisien demi bisa mendapatkan kemenangan.

Biasanya, pemain yang paling komunikatif ialah yang mengisi role roamer. Roamer menjadi salah satu role penting karena harus peka terhadap kondisi di dalam game dan harus selalu memperhatikan map pada game.

Seorang roamer harus selalu memberikan informasi soal keadaan di dalam game. Hal itu bertujuan supaya tidak ada hal yang tidak diingingkan terhadap pemainnya. Seperti ganking maupun kehilangan objektif turet, turtle dan Lord.

Walaupun tergolong menjadi salah satu role yang paling komunikatif, role lain juga sama-sama harus saling memberikan informasi. Roamer tidak selalu dapat melihat kondisi secara baik terus-menerus pada in game.

Role lain juga pasti memberikan informasi seputar keadaan lane dan jungle mereka yang membuat tim akan mencari solusi terbaik untuk mengantisipasinya. Antisipasinya bisa seperti backup hero tim maupun menyicil hero lawan (nge-poke).

Nah, dari aspek ini saja kita sudah bisa melihat bagaimana kemampuan berkomunikasi dalam game itu harus terus diasah untuk menjaga kekompakan tim.

Manfaat Main Game MLBB #3: Bisa Menjadi Pemain Profesional

Mobile Legends. Pemain Profesional
Sumber: Instagram (@mpl.id.official)

Menjadi pemain profesional (pro player) sudah menjadi banyak cita-cita dari kebanyakan pemain Mobile Legends. Dengan menjadi pemain profesional, pastinya akan menghasilkan pendapatan bagi dirinya. Tentunya besaran gaji atlet esports ini juga tidak main-main.

Bagaimana tidak? Ketika menjadi seorang pro player, kamu akan merasakan pertumbuhan popularitas yang signifikan layaknya seorang selebriti.

Artinya, berbagai macam tawaran kesepakatan kerja sama dengan brand atau sponsor akan mulai memperhitungkanmu. Belum lagi nilai kontrak yang bisa kamu dapatkan dengan tim esports-mu.

Namun menjadi pemain profesional tidak semudah yang dibayangkan. Harus bekerja keras dan bersungguh-sungguh untuk menjadi pemain profesional. Jam latihan yang tinggi beserta scrim akan menjadi makanan sehari-hari bagi mereka yang ingin menekuninya.

Bermain yang rajin, mengikuti turnamen-turnamen dan mengikuti trial ketika ada tim profesional yang membuka open trial pemain bisa menjadi pintu bagi pemain yang ingin menjadi pemain profesional.

Manfaat Main Game MLBB #4: Menjadi Konten Kreator

Mobile Legends. Konten Kreator
Sumber: YouTube (RRQ Lemon)

Menjadi konten kreator merupakan hal yang bisa dilakukan oleh pemain Mobile Legends. Konten yang dibagikanpun bisa bervariasi tergantung dari sudut pandang yang mau dilihat atau dibagikan.

Konten kreator bisa menjadi salah satu sumber pendapatan juga bagi pemain Mobile Legends, baik itu untuk yang belum menjadi pro player, hingga pensiunan pro player itu sendiri.

Hal itu bisa terwujud apabila konten yang diberikan bermanfaat maupun menghibur orang banyak.

Dengan bermain Mobile Legends, pemain dapat membagikan tips maupun trik yang ada di Mobile Legends untuk dibagikan kepada orang lain.

Mobile Legends bukan hanya sekedar bermain game namun juga bisa menghasilkan apabila pemain mampu mencari tahu maupun melihat sisi baik yang ada di dalam Mobile Legends.

Manfaat Main Game MLBB #5: Bisa Mendapatkan Relasi Antar Pemain

Komunitas Singosari Malang
Komunitas Singosari Malang

Bermain Mobile Legends juga bisa membuat pemain mendapatkan relasi dengan orang lain. Relasi tersebut bukan hanya di dalam game saja. Relasi bisa datang dari luar game seperti misalnya berkomunitas untuk menambah teman baru dan berbagi keseruan bersama.

Dengan mengikuti komunitas, kamu bisa lebih mengembangkan kemampuan gaming-mu dengan berdiskusi teknis game MLBB hingga mendapatkan teman ‘mabar’ atau bahkan membentuk tim untuk mengikuti turnamen. Sebab MLBB adalah game yang membutuhkan tim dan tidak bisa hanya dimainkan seorang diri.

Selain mengikuti turnamen, para anggota komunitas juga bisa hanya bertemu untuk sekedar berbincang. Perbincangan itulah yang dipercaya dapat membuat pemain akan saling akrab ketika di luar game.

Adanya relasi satu sama lain membuat pemain dapat saling bertukar informasi mengenai perkembangan dari game Mobile Legends. Pertemuan tersebut juga bisa membuat pemain akan saling lebih mengenal baik di dalam game maupun di kehidupan nyata.

Siapa yang tahu ada kesempatan emas apa kelak yang bisa datang untuk menghampirimu melalui relasi baru ini? Nah, jangan cuma main MLBB dalam rumah melulu ya. Imbangi juga dengan memperluas pergaulanmu.

Manfaat Main Game MLBB #6: Bisa Menjadi Game yang Menghasilkan

Berbicara tentang kejujuran, hype yang terbaik adalah yang secara akurat mencerminkan siapa Anda sebenarnya. Jangan mengaku sebagai tim yang paling ramah-pemain jika ternyata Anda akan mengurangi gaji pemain, atau mengantongi hasil kemenangan mereka.

Bermain Mobile Legends bukan hanya sekedar mengisi waktu luang ataupun mencari hiburan semata. Saat ini, Mobile Legends menjadi salah satu game yang dapat menghasilkan uang bahkan untuk mereka yang tidak menjadi pro player atau atlet esports.

Bagaimana caranya? Yang wajib kamu miliki tentunya adalah bakat bermain game Mobile Legends.

Menghasilkan uang di dalam Mobile Legends bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti membuka jasa joki ataupun mengikuti turnamen resmi maupun non-resmi dari Moonton.

Membuka jasa joki dapat diperuntukan untuk pemain yang memiliki skill di atas rata-rata dari pemain lainnya. Joki saat ini sudah mulai banyak dipromosikan di media sosial.

Hal itu bisa disebabkan karena banyak pemain Mobile Legends yang ingin mendapatkan rank ataupun MMR (match making rate) hero sesuai dengan keinginannya namun tidak memiliki skill yang mumpuni untuk meraihnya.

Selanjutnya, kamu juga bisa mengikuti berbagai macam turnamen game Mobile Legends yang sudah banyak bertebaran dimana-mana, baik itu yang resmi diadakan oleh Moonton ataupun non-resmi seperti dari komunitas atau perusahaan maupun event-event lokal.

Dengan mengikuti berbagai macam turnamen lokal ini, para pemain akan membangun jam terbangnya, dan ketika pengalamannya sudah mencukupi maka ia bisa mulai melaju ke jenjang yang lebih tinggi misalnya dengan mendaftar ke tim esports profesional.


Nah, itulah beberapa manfaat bermain game Mobile Legends. Bermain game bukan hanya sekedar menghibur, namun bisa memberikan manfaat-manfaat yang lain apabila pemain mampu memaksimalkan potensi yang ada di dalamnya.

Dari beberapa manfaat yang ada di atas, apakah kalian sudah mendapatkan salah satunya?