Ericko Lim, Soapking Penuh Kontroversi

0
178
ericko lim youtuber toxic

Tiga tahun terakhir ini, industri YouTube terus mengalami perkembangan yang signifikan. Jumlah YouTuber-nya terus meningkat di setiap tahun, apalagi sejak fenomena artis masuk ke YouTube yang menjadi nge-trend akhir-akhir ini. Di YouTube sendiri, konten hiburan yang tersedia cukup bervariasi mulai dari olahraga, social experiment, vlog hingga gaming. Khusus untuk penggemar konten gaming dan entertainment Indonesia, sosok Ericko Lim tentu tidak asing lagi.

Meskipun Ericko Lim saat ini sedang dihantui oleh situasi yang tidak mengenakkan, raja ‘soaper’ satu ini memang punya bakat kreativitas tersendiri meskipun sering dilabeli dengan konten negatif.

Namun, kebebasan berekspresi ini memang menjadi ciri khas dari seorang Ericko Lim dan membuatnya terkenal sampai sekarang. Salah satu pencapaian besarnya di dunia YouTube adalah pada saat ia mampu mengkoordinir projek YouTube Rewind Indonesia beberapa tahun silam.

Ingin mengenal figur ini lebih dekat? Mari kita pandang sejenak hidup dari Ericko Lim dan bagaimana hal tersebut membentuknya hingga hari ini. Simak selengkapnya di bawah ini.

Modal Nekat Kabur dari Rumah

ericko lim

Ericko Lim yang memiliki nama asli Ericko Timotius adalah seorang sosok YouTuber yang banyak menjadi bahan perbincangan akhir-akhir ini. Ia lahir di Jakarta pada 3 Agustus 1993.

Melihat rekam jejaknya, ia ternyata memiliki sebuah kisah pilu tepatnya pada tahun 2012 lalu. Di kala itu, ia memutuskan untuk kabur dari rumah dengan alasan memiliki perbedaan ideologi dengan orang tuanya meskipun pada waktu itu, ia hidup dengan fasilitas yang diberikan oleh orang tuanya.

Ketika kabur dari rumah, Ericko Lim tidak membawa apapun yang ia miliki selama hidup dengan orang tuanya; sehingga bisa disimpulkan bahwa ia benar-benar nekat kabur dari rumah tanpa ada tujuan yang jelas di luar sana.

Ia bahkan sampai harus meninggalkan kuliahnya yang sudah berjalan semester 3. Selepas tidak lagi hidup bersama orangtua, Ericko Lim atau yang biasa disebut ‘Soapking‘ ini menjalani hidup apa adanya.

Ia melakukan pekerjaan apapun untuk bertahan hidup, mulai dari menjadi petugas SPBU, kemudian bekerja sebagai Sales Promotion Boy hingga kerja cucian mobil pernah dilakoninya.

Berbagai kejadian yang menyedihkan juga pernah terjadi dimana Ericko Lim pernah ditipu orang, hingga mengakibatkanya tidak mampu membayar kos. Ia pun pernah akhirnya diusir hingga makan hanya sekali dalam sehari.

Pekerjaan yang dilakukan sehari-hari waktu itu sama sekali tidak bisa menutup biaya hidupnya. Ia bahkan selalu bingung untuk makan di hari esok karena uang yang terbatas.

Ericko Lim Sudah Menjadi Pro Gamer Sejak Tahun 2010

Ericko Lim League of Legends

Sosok Ericko Lim memang sudah sangat menyukai gim sejak dulu. Ia bermain berbagai jenis gim yang sedang nge-trend saat itu seperti Point Blank. Pada waktu itu Ericko sering ikut dalam berbagai turnamen lokal maupun interlokal sehingga sudah punya pendapatan dari bermain gim.

Memasuki tahun 2012, ia bermain gim League of Legends (LOL). Karirnya menjadi pemain League of Legends terus membaik. Ia cukup diperhitungkan dalam setiap turnamen gim ini.

Pada turnamen LGS Spring Season 2018 lalu, ia berhasil menempati posisi keenam bersama tim Phoenix. Dengan begitu dipastikan timnya bisa mengikuti babak relegations match.

Pada babak tersebut, Ericko dan tim berhasil mengalahkan tim U8 Esports hingga meratakan tim Superamos di babak Quarterfinal. Pada turnamen LGS Spring Season 2018 lalu, ia berhasil menempati posisi keenam bersama tim Phoenix. Dengan begitu dipastikan timnya bisa mengikuti babak relegations match.

Kemampuannya dalam bermain League of Legends bukan sebatas omongan saja. Pada saat gelaran esports Asian Games 2018 di Indonesia, ia juga tergabung dalam tim nasional LOL Indonesia. Meskipun pada waktu itu ia hanya sebatas menduduki bangku pemain cadangan saja.

Namun, kemampuannya untuk bisa bergabung ke dalam timnas, jelas menunjukkan bahwa ia memang memiliki prestasi yang bagus. Tidak hanya bermodalkan ‘bacot’ saja.

Menjadi Shoutcaster Handal

Shoutcaster Esports

Kemampuannya dalam bermain League of Legends membawanya mengarungi karir sebagai shoutcaster. Ia bergabung dengan Garena untuk menjadi shoutcaster untuk turnamen League of Legends.

Ericko Lim memang dikenal lugas berbicara mengenai gim, sehingga bukan hal yang sulit untuknya menekuni profesi ini. Apalagi pada waktu itu, gim yang dipandunya merupakan gim yang selama ini dimainkannya.

Selain itu, meskipun Ericko Lim jarang bermain gim mobile. Ternyata ia pernah menjadi shoutcaster di turnamen MPL Indonesia yang merupakan turnamen Mobile Legends.

Pembawaannya yang khas membuat setiap pertandingannya selalu ramai. Para penonton sampai terbawa suasana ketika menonton pertandingan.

Ericko Lim memang memiliki ciri khas ketika menjadi shoutcaster. Salah satunya, ia tidak pernah memakai kata-kata yang baku. Ia juga dikenal suka bercanda ketika membawakan sebuah pertandingan esports.

Ini yang membuat Ericko begitu dekat dengan para penonton. Apapun yang dikatakannya mudah untuk dipahami dan tentunya relevan.

Ericko Lim Fokus Menjadi YouTuber

YouTuber League of Legends

Setelah menjalani karir sebagai pro player hingga shoutcaster, kehidupan Ericko Lim mulai meningkat. Tepat pada tahun 2017, ia memutuskan meninggalkan Garena untuk fokus menjadi seorang YouTuber.

Sebelumnya ia memang sudah cukup dikenal dan jumlah subscriber-nya sudah banyak. Sebagian besar konten yang diunggahnya memang berupa gaming. Tapi tidak sedikit pula berupa konten vlog atau yang lainnya.

Sebagai seorang YouTuber, Ericko Lim memang dikenal totalitas. Ia tidak segan untuk melakukan berbagai hal yang tak biasa untuk konten YouTubenya. Di kalangan penggemarnya siapapun yang mengenal Ericko Lim, sosok pria ini dikenal toxic.

Beberapa waktu yang lalu, kanal YouTube Ericko sempat memiliki subscriber sebanyak 3 juta lebih. Namun belum lama, angka tersebut menurun signifikan akan keterlibatannya dalam masalah suatu masalah pribadi yang melibatkan Jessica Jane, adik dari Jess No Limit; dan Listy Chan, mantan pemain EVOS Esports)

Atas drama ini, banyak penggemarnya yang kecewa dengan perilakunya sampai akhirnya mereka melakukan unsubscibe massal di kanal YouTube Ericko Lim.

Dikenal YouTuber Toxic dan Sering Bermasalah

Ericko Lim Dipenjara

Semua yang mengenal Ericko memang sudah paham dengan karakter pria ini. Dalam video-video yang diunggahnya, seringkali menampilkan perkataan-perkataan kasar. Bagi penggemarnya, sebenarnya itu tidak menjadi masalah.

Selain itu, ia banyak melakukan hal-hal aneh demi meningkatkan aset media sosialnya. Bagi orang yang belum mengenalnya, mungkin akan berpindah kanal setelah melihat video-videonya. Tentu konten yang dibuatnya bukan konsumsi semua kalangan.

Selain dikenal toxic, Ericko Lim pernah terlibat dalam sebuah masalah yang membuatnya harus vakum dari dunia YouTube. Belum lama ini, Ericko Lim pernah mendekam di penjara karena kasus narkoba.

Selama periode dalam tahanan dan setelahnya, ia sama sekali tidak mengunggah video dan membuat penggemarnya penasaran. Kemudian ia kembali dan meminta maaf kepada seluruh penggemarnya. Ia kembali aktif menjadi YouTuber setelah bebas dari penjara.

Belum lama bebas, Ericko kembali menjadi perbincangan banyak orang. Setelah dirinya diduga mengkhianati kekasihnya, Jessica Jane. Ia ketahuan menjalin hubungan dengan teman Jessica yakni Listy Chan. Foto bahkan video ketika Ericko dan Listy memamerkan kemesraan banyak tersebar di media sosial.

Karir Ericko Lim memang terbilang naik turun. Adanya masalah membuat karirnya sempat tersendat. Padahal jika ia tetap dengan ciri khasnya dan tidak melakukan kesalahan yang berarti, bukan tidak mungkin karirnya sebagai YouTuber akan terus meningkat.