Tujuh Menit Lebih Dekat Bersama PES Community Surabaya AM:PM

0
1961
Tujuh Menit Lebih Dekat Bersama PES Community Surabaya AM:PM

Dewasa ini, tim profesional esports Indonesia sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa tim yang mampu berprestasi di level internasional. Berdasarkan situs yang dilansir dari tekno.kompas.com, Recca Esports dan Team nxl> merupakan 2 dari banyak tim tanah air yang kerap menoreh prestasi nasional maupun internasional.

Masih dalam situs yang sama, dijelaskan pula bahwa berkarir sebagai atlet esports di negara maju seperti Amerika dan Eropa, merupakan pilihan karir yang sangat diminati, mengingat atlet esports di negara tersebut dibayar dengan gaji puluhan juta Rupiah. Bagaimana? Profesi yang sangat menggiurkan, bukan?

Paragraf di atas hanya berperan sebagai pengantar agar pembaca Esportsnesia memiliki gambaran lebih tentang dunia esports masa kini. Beralih kepada pokok pembahasan kali ini, Esportsnesia akan memperkenalkan salah satu komunitas yang berkecimpung di dunia esports yaitu komunitas yang berada di daerah arek-arek Suroboyo. Siapa mereka? Mari simak pembahasan berikut ini.

Asal-usul Nama AM:PM

PES Community AM:PM merupakan komunitas esports yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Komunitas ini terbentuk secara spontan ketika mereka bertemu satu sama lain di ajang Liga1PES Offline Regional Jawa Timur. Pertemuan yang tidak direncanakan itu membuahkan sebuah ide cemerlang, yakni kesepakatan antar para calon member untuk mendirikan komunitas AM:PM.

Ketua dari komunitas PES Surabaya AM:PM, yakni Tian Bernardi, menuturkan bahwa nama AM:PM dipilih karena berasal dari kebiasaan teman-teman di komunitas yang sering bermain di rental tanpa mengenal waktu. “Pengalaman nih dulu pernah bermain dari buka puasa hingga menjelang sahur pada bulan kemaren. Karna hal itu kami semua sepakat untuk memberi nama AM:PM”, ucap ketua AM:PM mengenai filososi nama komunitas kepada Esportsnesia.

Alasan Mendirikan Komunitas AM:PM

Komunitas ini selain dibentuk atas rasa ketertarikan pada hobi yang sama, anggota AM:PM juga menuturkan bahwa saat ini game PES (Pro Evolution Soccer) memiliki antusiasme yang luar biasa di kota Surabaya sehingga sangat memungkinkan sekali untuk mendirikan sebuah komunitas pecinta PES ini.

Hampir setiap minggu selalu diadakan turnamen PES baik untuk kategori Pro maupun yang Non-Pro. Meskipun reward yang diberikan mungkin tidak seberapa, namun hal tersebut menunjukkan bahwa game ini sangat berkembang di Surabaya.

Komunitas ini selain dibentuk atas rasa ketertarikan pada hobi yang sama, anggota AM:PM juga menuturkan bahwa saat ini game PES (Pro Evolution Soccer) memiliki antusiasme yang luar biasa di kota Surabaya sehingga sangat memungkinkan sekali untuk mendirikan sebuah komunitas pecinta PES ini.

Adapun visi dari komunitas AM:PM ini adalah untuk memberikan wadah bermain PES bagi teman-teman di wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya dan sekitarnya.  AM:PM juga merasa bahwa komunitas mereka masih akan terus berkembang melihat situasi seperti sekarang dan tentunya akan terus menjadi komunitas yang aktif mengikuti berbagai ajang kompetisi PES.

Kemudian untuk misi dari komunitas ini, AM:PM berharap esports tidak dipandang sebelah mata di kalangan masyarakat dan pastinya komunitas ini mengharapkan para anggotanya untuk bisa berprestasi di kancah nasional hingga internasional.

Walaupun terbilang muda, komunitas ini tetap bersemangat untuk mengikuti ajang-ajang perlombaan PES. Saat ini jumlahnya memang belum banyak tetapi mereka sudah berani berkompetisi dengan jumlah anggota yang hanya berkisar 20 orang.

Jumlah yang sedikit bukan alasan untuk tidak bersaing. Sebaliknya, itu adalah hal yang patut dibanggakan. AM:PM sendiri berharap untuk ke depannya dapat menjalin kerja sama dengan pihak lain agar komunitas ini lebih dikenal dan memperluas jaringan pertemanan.

Kebahagian Member AM:PM

Ketika tim Esportsnesia mengajukan sebuah pertanyaan mengenai suka duka di komunitas AM:PM, mereka kompak menjawab bahwa bersama AM:PM lebih banyak senangnya ketimbang sedihnya. Tergabung ke dalam komunitas AM:PM memiliki kebahagiaan tersendiri, dimana mereka bisa kumpul bareng dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama dan sekaligus menambah saudara.

Saat ini AM:PM sudah memiliki ciri tersendiri agar dapat diakui di kalangan masyarakat setempat Surabaya bahkan Indonesia yakni baju tim berbahan jersey khusus untuk member AM:PM. Jika Persija, Sriwijaya Fc, Persib Bandung, dan tim  lainnya memiliki jersey

Advertisement
-nya masing-masing, makam AM:PM juga memiliki baju khas mereka.

Berikut ini adalah desain baju komunitas AM:PM.

Desain Jersey Komunitas AM:PM
Desain Jersey Komunitas AM:PM

AM:PM memang lebih banyak sukanya ketimbang dukanya, tetapi ada satu hal yang membuat sedih, yakni persoalan waktu untuk bertemu karena member dari komunitas ini berasal dari berbagai kalangan. Namun mereka akan selalu berusaha dapat selalu MABAR (Main Bareng) minimal seminggu sekali.

Menariknya lagi, ada salah satu member yang selalu memberi support dengan memberikan tempatnya untuk dijadikan basecamp AM:PM. Beliau adalah Ahmad Habibie (salah satu PES pro player asal Surabaya), yang sedikit banyaknya telah mendukung perkembangan komunitas ini.

Selain itu, Ahmad Habibie juga rutin memberi info terkait kompetisi PES yang diadakan di Surabaya. Dalam kurun waktu yang singkat ini, AM:PM berhasil mencetak prestasi yang mengagumkan yakni dengan keberhasilan salah satu anggotanya yang bernama Adib Abidin untuk berangkat ke Italia setelah mengikuti kompetisi yang diadakan Djarum Soccer I Got Game PES2018 Competition.

Perkembangan Esports di Surabaya

Respon masyarakat di Surabaya mengenai esports sendiri sangat beragam. Mereka yang berasal dari kalangan milenial sangat mendukung adanya esports ini. Namun untuk kalangan yang ‘tua’, masih memiliki stigma negatif tentang dunia esports.

Kalangan yang lebih tua ini beranggapan bahwa bermain game adalah hal yang sia-sia dan mungkin bisa merugikan dalam hal finansial. Perbedaan pola pikir ini menjadikan hambatan tersendiri bagi perkembangan esports di Surabaya, karena pengetahuan yang masih awam mengenai esports khususnya karena belum mengetahui bahwa sekarang hobi bermain game bisa dijadikan profesi.

Perkembangan esports secara keseluruhan dapat dibilang sudah berkembang di Surabaya hanya saja untuk ke depannya diharapkan bisa menjadi lebih rutin dalam mengadakan event esports di berbagai daerah sehingga hal tersebut dapat menjadi awal kebangkitan industri esports di Indonesia.

Namun, perlu diketahui pula bahwa komunitas ini juga memiliki tantangan dalam perkembangannya, yaitu berupa kurangnya fasilitas pendukung. Harapannya untuk di kemudian hari dapat dibentuk sebuah venue atau stadion khusus gaming.

Beberapa hari lagi, akan diadakan pembukaan Asian Games 2018. Komunitas AM:PM sangat mendukung adanya cabang esports yang diselenggarakan. Beberapa teman di komunitas ini berandai-andai jika dapat terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang pertandingan esports PES, pastinya akan sangat membanggakan bagi AM:PM.

PES Community Surabaya AM:PM berpesan kepada kalian yang ingin menempuh karir di dunia esports, bahwa untuk mendalami karir ini dibutuhkan effort lebih dan juga keseriusan. Kemudian, selain waktu dan proses, tentunya dibutuhkan pula dukungan dari banyak pihak. Dan yang terakhir, dalam meniti karir di esports sebagai gamer profesional, kalian harus mempunyai konsistensi.

Penutup

Bagi kalian yang berada di daerah Surabaya dan sekitarnya mari bergabung bersama komunitas esports AM:PM. Cara bergabungnya cukup mudah, persyaratannya adalah mem-follow profil Instagram komunitas AM:PM, berdomisili di Surabaya dan sekitarnya. Komunitas AM:PM sendiri juga memiliki grup WhatsApp.

Jadi, siapapun yang tinggal di Surabaya dan ingin bergabung, bisa mengirimkan Direct Message ke akun Instagram AM:PM. Saluran media yang digunakan AM:PM saat ini hanya Instagram (@pes_ampm). Namun tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya menggunakan Facebook, website atau yang saluran lainnnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here