Merajut Kekerabatan Bersama PES Balikpapan Community

2
1163
Merajut Kekerabatan Bersama PES Balikpapan Community

Kegiatan bermain video game yang dulunya kerap dianggap sebagai suatu aktivitas yang tidak berfaedah, kini telah mendapat sorotan baru yang bernuansa positif. Perubahan persepsi publik tersebut juga merupakan kontribusi dari upaya-upaya komunitas esports yang terus mengadvokasikan esports sebagai aktivitas yang baik dan sehat.

Euforia perkembangan esports di tanah air, tidaklah bersifat eksklusif terhadap suatu daerah, melainkan inklusif, yang dapat dirasakan di seluruh wilayah nusantara. Pada kesempatan kali ini, Esportsnesia berkesempatan untuk mengenal lebih dekat PES Balikpapan Community, sebuah komunitas esports PES (Pro Evolution Soccer) asal kota Balikpapan.

Penasaran dengan PES Balikpapan Community? Simak lebih lanjut ya, sob.

Mengenal PES Balikpapan Community

Bergerak dari antusiasme masyarakat setempat yang belum memiliki wadah untuk menyalurkan aspirasi dari hobi mereka; Master Handoko, sang pendiri, berinisiatif untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan mendirikan sebuah komunitas PES.

Bermula dari berkomunikasi di grup media sosial, mengadakan beberapa perkumpulan dan pertemuan; tercapailah sebuah keputusan untuk membangun PES Balikpapan Community.

PES Balikpapan Community, yang hadir untuk mengakomodir antusiasme dari para gamer PES di Balikpapan, memiliki visi untuk mengumpulkan pemain-pemain berbakat yang nantinya dibina menjadi atlet esports profesional yang berkualitas dan bermental kuat.

Untuk menggapai visi tersebut, tentulah diperlukan misi yang dirancang dengan baik agar dapat dilakukan secara berkelanjutan. Adapun misi dari PES Balikpapan Community adalah mengadakan liga dan turnamen, baik untuk internal komunitas maupun eksternal; mengadakan turnamen series ataupun kualifikasi nasional setiap tahunnya; dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menunjang proses sharing knowledge untuk setiap anggotanya.

Cara Bergabung ke PES Balikpapan Community
Untuk bergabung dengan PES Balikpapan Community, kamu hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang bisa diambil di home base Nesta PS. Tidak ada batasan usia untuk bergabung, namun wajib memiliki hobi bermain PES. Kunjungi juga akun media sosial Instagram @pesbalikpapancommunity dan juga YouTube PES Balikpapan Community.

Kegiatan PES Balikpapan Community

Meskipun basis dari komunitas ini adalah sebuah permainan olahraga virtual, rasa kebersamaan yang ada di PES Balikpapan Community dapat terefleksi melalui berbagai kegiatan olahraga sungguhan dan juga perkumpulan rutin. Sangat menarik, bukan?

Baca juga:  Berkenalan dengan FIFA Community Bali

Berikut adalah kegiatan-kegiatan PES Balikpapan Community yang diharapkan dapat menginspirasi komunitas lain untuk berkembang bersama.Pada bulan Agustus 2017, PES Balikpapan Community mengadakan sebuah kegiatan gathering member untuk merayakan hari ulang tahun komunitas yang pertama.

Pada bulan Agustus 2017, PES Balikpapan Community mengadakan sebuah kegiatan gathering member untuk merayakan hari ulang tahun komunitas yang pertama.

Untuk terus mengasah kecakapan bermain anggota komunitasnya, PES Balikpapan Community juga secara rutin mengadakan turnamen komunitas Liga Kopdar.
Pembagian Hadiah Liga Kopdar Series 4

Untuk terus mengasah kecakapan bermain anggota komunitasnya, PES Balikpapan Community juga secara rutin mengadakan turnamen komunitas Liga Kopdar.

Fun Futsal Pes Balikpapan Community

Selain β€˜berolahraga jari’, PES Balikpapan Community juga turut memperhatikan kesehatan para anggota komunitasnya, melalui kegiatan olahraga futsal mingguan, yang biasa dilakukan di setiap hari Minggu malam. Kegiatan ini dinamakan dengan Fun Futsal PES Balikpapan Community.

Open Series
Para peserta Open Series 2017

Setelah mengasah kecakapan bermain antar anggota komunitas, tidaklah lengkap jika tidak ada kompetisi untuk menggaungkannya. PES Balikpapan Community juga turut mengadakan kejuaraan kualifikasi daerah, Open Series. Kegiatan ini sudah 2 kali dilakukan pada Februari 2017 dan Maret 2018.

Perjalanan menggapai mimpi menjadi atlet esports yang besar juga melibatkan sisi kepedulian sosial terhadap mereka yang sedang kurang beruntung. PES Balikpapan Community pada awal tahun Januari 2018, ikut berpartisipasi melakukan Aksi Penggalangan Dana untuk bencana kebakaran di Balikpapan.

Perjalanan menggapai mimpi menjadi atlet esports yang besar juga melibatkan sisi kepedulian sosial terhadap mereka yang sedang kurang beruntung. PES Balikpapan Community pada awal tahun Januari 2018, ikut berpartisipasi melakukan Aksi Penggalangan Dana untuk bencana kebakaran di Balikpapan.

Talk Show BTV
PES Balikpapan Community di studio BTV (Balikpapan TV)

Pada bulan Maret 2017, PES Balikpapan Community mendapat kesempatan untuk dapat lebih dikenal publik melalui program acara Talk Show BTV.

Suka duka PES Balikpapan Community

Dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah komunitas, suka dan duka adalah hal yang biasa. Akan tetapi, terlepas dari banyaknya hambatan yang muncul, sebuah kesuksesan akan dapat membayar segala kepahitan tersebut.

Pencapaian terbesar PES Balikpapan Community terukir ketika berhasil mengirimkan seorang delegasi dari Balikpapan untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional yang diselenggarakan di kota Bandung pada tahun 2017. Hal ini tentu memberi kebanggan tersendiri kepada para penggiat esports di Balikpapan, khususnya pada perihal rekognisi nasional.

Di sisi lain, tantangan yang menghadang PES Balikpapan Community masih berkisar pada isu infrastruktur, khususnya fasilitas internet yang masih kurang memadai. Hal ini menjadi serius ketika putusnya koneksi internet di tengah pertandingan penting.

Untuk saat ini, peran pemerintah dalam mengembangkan esports di kota Balikpapan ini pun masih terlihat. PES Balikpapan Community saat ini hanya bermitra dengan Balikpapan Trade Center.

Baca juga:  Cerita Manis Vainglory Bekasi Community, Komunitas Esports Muda di Tanah Jawa

Perkembangan esports di Balikpapan

Ekshibisi cabang olahraga baru esports di Asian Games 2018 mendatang telah menyuntikkan gejolak baru di industri esports. Citra esports sebagai olahraga pun semakin mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak.

Bersamaan dengan tren Asian Games 2018, perkembangan esports di berbagai daerah juga turut mengalami kemajuan. Tidak hanya PES Balikpapan Community, berbagai turnamen komunitas dari berbagai judul esports, seperti Mobile Legends, dan Arena of Valor, pun turut bermunculan.

PES Balikpapan Community juga menjalin hubungan ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi dan merekrut pelajar-pelajar yang ingin bergabung. Akan tetapi, upaya tersebut masih belum cukup untuk dapat melindungi generasi muda dari penyimpangan yang bisa terjadi di dunia esports. Peran pemerintah akan sangat diperlukan untuk dapat mengayomi semua stakeholder yang ada di industri esports.

Pesan PES Balikpapan Community kepada calon atlet esports

Jika kamu ingin menempuh karir di industri esports, teruslah berjuang untuk mengejar mimpimu. Jangan pernah membiarkan orang lain untuk membakar impianmu. Yakinilah bahwa esports adalah wadah dimana bakat kamu disalurkan. Keep focus.

Penutup

Apakah kamu sudah terinspirasi dari profil PES Balikpapan Community? Masih ingin lebih? Cek juga video profil mereka!

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi Esportsnesia menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 300 kata. Kirim artikel ke editorial@esportsnesia.com. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

2 COMMENTS

  1. https://uploads.disquscdn.com/images/a26925e84c25763e225cbb939f9ff41fa8a054cceb0b5934baa2f42b15c5649f.jpg

    Terima kasih Mas Satya Kevino sudah memberikan kami PBC kesempatan agar lebih dikenal lagi oleh para penggemar esports khususnya para pecinta PES di Balikpapan. Kami akan selalu berusaha menjaga silahturahmi baik sesama anggota semua pecinta PES di seluruh muka bumi ini. Dan akan berusaha sekuat tenaga agar menjadi yang terbaik di PES dan kehidupan sehari-hari. Semangat dan jaga kekompaka selalu untuk PBC…!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here