Apa Itu Cosplay?

0
5
Apa Itu Cosplay

Tahukah kamu apa itu cosplay? Bila kamu adalah penggemar anime tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Setiap diselenggarakan acara yang berbau anime, bisa dipastikan bahwa akan ada banyak orang yang memakai kostum-kostum anime yang menarik. Sejak dulu, cosplay memang identik dengan karakter anime yang berasal dari Jepang, lalu apakah cosplay sendiri berasal dari Jepang?

Sebagian besar orang hanya menganggap cosplay hanya untuk kalangan anime-anime saja. Padahal jika diartikan, makna cosplay ini bisa sangat luas. Sampai saat ini, banyak anak muda di Indonesia juga menjalani profesi sebagai cosplayer.

Tentu saja hobi tersebut bermula dari kesukaan awal dengan karakter-karakter tertentu yang dijumpai dari anime. Nah, apakah cosplay ini hanya berasal dari anime? Atau, di esports juga ada cosplay?

Dari tulisan ini, berbagai fakta menarik akan membuat kalian semakin penasaran dengan apa itu cosplay? Yuk! Cari tau informasi selengkapnya.

Apa Itu Cosplay?

Apa Itu Cosplay

Sebutan cosplay berasal dari istilah Jepang yang dibuat dengan mengabungkan dua kata dari bahasa Inggris. Kata cosplay berasal dari gabungan costume dan play. Oleh sebab itu, bisa diartikan bahwa cosplay adalah berkostum untuk menyerupai karakter tertentu.

Karakter-karakter yang sering dibuat cosplay berasal dari referensi anime, video gim, dongeng, film dan sebagainya. Mereka yang melakukan cosplay disebut sebagai cosplayer.

Mengenai asal cosplay, sebenarnya hobi ini bukan berasal dari Jepang. Cosplay sudah digunakan oleh para penggemar cerita dan film fiksi di Amerika Serikat pada tahun 1960.

Dalam suatu acara konvensi fiksi ilmiah, para pesertanya akan memakai kostum-kostum tokoh dari film fiksi kegemarannya. Cosplay mulai masuk ke Jepang pada tahun 1978, tepatnya pada acara konvensi fiksi ilmiah yang dilangsungkan di Ashinoko.

Dalam acara tersebut, Mari Kotani yang merupakan kritikus film fiksi memakai kostum tokoh A Fighting Man of Mars. Orang penting lainnya seperti Yasuhiro Takeda yang saat itu menjadi Direktur Gainax juga hadir dan memakai kostum Star Wars. Keduanya bisa dibilang sebagai pelopor cosplay di negeri Sakura itu.

Salah satu hal yang membuat banyak orang berasumsi bahwa cosplay berasal dari Jepang adalah perkembangan anime-nya. Selama ini juga sebagian cosplayer lebih cenderung menampilkan kostum karakter anime.

Beberapa anime populer seperti Naruto, Bleach, One Piece hingga Dragon Ball Z sangat populer di kancah internasional. Tak jarang diselenggarakan acara yang khusus menampilkan cosplay-cosplay dari anime tersebut, terutama pada acara kegiatan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Sastra Jepang.

Jenis-Jenis Cosplay

cosplay grand opening play lounge indonesia

Saat ini ada beberapa jenis cosplay yang populer, kalian mungkin sudah pernah melihat dalam sebuah acara yang diadakan di Indonesia.

  • Cosplay Anime/Manga

Cosplay anime menjadi yang paling populer di dunia saat ini. Selain karena karakternya yang banyak dengan kostum yang unik, komunitas penggemarnya juga terbilang besar. Cosplayer nantinya akan memakai kostum dari anime seperti Naruto, Dragon Ball Z dan yang lainnya.

  • Cosplay Gim

Cosplay ini yang sedang ngetren di kalangan anak muda, khususnya penggemar gim. Kostum yang dipakai menyerupai karakter-karakter dalam sebuah gim. Sebagai contoh, cosplay Free Fire, PUBG Mobile, Tekken. Final Fantasy, dan sebagainya.

  • Cosplay Tokusatsu

Jenis cosplay ini berasal dari karakter-karakter seperti serial Tokusatsu. Serial yang berasal dari Jepang ini juga banyak yang populer di Indonesia seperti Kamen Rider, Ultraman, Power Rangers dan sebagainya. Kostum-kostum yang dipakai sangat mirip dengan karakter dalam serial tersebut.

  • Cosplay Gothic

Cosplay ini cukup unik karena menampilkan karakter yang gelap. Umunya akan digabungkan dengan tema lolita.

  • Cosplay Dongeng

Sesuai dengan namanya, cosplay ini menampilkan kostum dari karakter-karakter dalam sebuah dongeng. Jenis cosplay ini tidak terlalu terkenal dibandingkan yang lain.

  • Cosplay Original

Cosplay ini merupakan kostum yang sama sekali bukan mengadopsi dari suatu karakter, sehingga bisa dibilang sebagai kreasi sendiri. Namun gaya yang dipakai bisa saja berasal dari gabungan karakter-karakter yang sudah terkenal.

Perkembangan Cosplay di Indonesia

Cosplay UniPin SEACA 2019

Untuk urusan cosplay, Indonesia memang bisa dibilang ketinggalan jauh dibanding Jepang. Karena cosplay sendiri baru mulai dikenal sejak tahun 2000, tepatnya pada acara Gelar Jepang UI yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.

Acara sebenarnya dikhususkan untuk event cosplay, namun pada waktu itu peminatnya masih sangat kurang. Berselang beberapa tahun kemudian, mulai banyak penggemar anime yang juga suka dengan dunia cosplay seperti ketika anak muda di Bandung yang mulai memperkenalkan cosplay Harajuku.

Perkembangan cosplay di Indonesia tidak lepas dari banyaknya event yang diselenggarakan oleh komunitas-komunitasnya. Di Indonesia, ada beberapa event khusus cosplay yang sering diadakan.

Seperti Gelar Jepang yang banyak diadakan di univesitas sepert UI. Kemudian ada Bunkasai, Hellofest, Animonster Event, Anime Festival Asia Indonesia, Ennichisai, CLASH:H, Jakarta Comic Con, ITGCC.

Ada juga Extravaganza yang menggabungkan berbagai cosplay dalam satu acara sekaligus. Cosplay juga bisa dijumpai pada ajang esports seperti UniPin SEACA 2019 maupun First Warrios.

Berbicara cosplay lokal, saat ini ada karakter Gatotkaca yang sering ditampilkan. Salah satu karakter asal Indonesia ini masuk ke dalam gim Mobile Legends. Tidak sedikit cosplayer yang suka memakai kostum yang menyerupai Gatotkaca ini.

Kenapa Banyak Orang Suka Dengan Cosplay?

Ajang Cosplay Terbesar Se-Indonesia di UniPin SEACA 2019

Dalam hal ini, kita akan berbicara dari sisi cosplayer-nya atau pemakai kostum karakter. Salah satu pegiat esports dan juga brand ambassador dari Morph Team, Rachel Florencia, juga tergolong sebagai seorang cosplayer.

Apa saja alasan umum untuk menekuni hobi ini?

Kreativitas Meningkat

Dengan menjadi cosplayer, maka kreativitas akan meningkat karena harus menyiapkan segala sesuatunya sendiri. Bukan hal mudah untuk menyiapkan kostum hingga aksesoris sendiri, mengingat kostum yang dipakai harus semirip mungkin dengan karakter aslinya.

Mengasah Skill Acting

Cosplay juga bisa meningkatkan skill acting seorang cosplayer. Pada saat tampil dalam suatu acara, mereka harus bisa memperagakan layaknya karakter yang diperankan. Secara tidak langsung hal ini akan membuat cosplayer belajar berakting.

Menambah Teman

Ikut dalam berbagai event cosplay juga memberikan manfaat dalam hal sosial. Karena nantinya akan bertemu dengan sesama cosplayer hingga penggemar. Tak jarang cosplayer juga akan memiliki banyak penggemar, khususnya bagi mereka yang benar-benar menekuninya.

Dapat Penghasilan Tambahan

Saat ini, cosplay tidak hanya sebatas hobi saja bagi sebagian cosplayer. Tidak sedikit dari mereka juga akan mendapatkan royalti dari menjadi cosplayer. Banyak anak muda saat ini yang menjalani profesi ini, sebagian besar memang berasal dari kalangan wanita yang memiliki paras cantik.

Fakta Menarik Mengenai Cosplay di Indonesia

Cosplay Competition di Grand Final First Warriors Season 1

Berbagai fakta menarik cosplay perlu kalian ketahui, sehingga tidak ada lagi yang menganggap lebay seorang cosplayer.

  • Cosplayer bisa dibilang multitalenta, karena mereka bisa berasal dari berbagai latar belakang. Di Indonesia sendiri, tidak sedikit cosplayer yang berasal dari kalangan gamers hingga YouTuber.
  • Cosplay Indonesia pernah menorehkan prestasi di kancah internasional dengan menjadi juara 3 dalam WCS (World Cosplay Summit) 2012 dan 2014. Ini menjadi prestasi yang membanggakan, meskipun cosplay tidak semenarik seperti sepak bola atau balap motor.
  • Gatotkaca adalah cosplay yang paling populer dari Indonesia. Karakter yang melegenda ini juga menjadi salah satu hero dalam gim Mobile Legends: Bang Bang. Tidak selamanya karakter cosplay berasal dari luar negeri.
  • Cosplay bisa dijadikan profesi yang menguntungkan. Banyak cosplayer di Indonesia yang bisa menghasikan pundi-pundi rupiah hanya dengan memakai kostum karakter dalam sebuah acara, sambil memenangkan suatu kompetisi tentunya.
Cosplay bak sebuah oasis dalam keseriusan kompetisi esports | Esportsnesia
Steel Legion Garen danLux cosplay di Pax Prime 2013 via flickr (@LoL Esports Photos)

Bagaimana? Ternyata menarik banget loh cosplay itu. Tapi memang masih banyak saja yang menganggap aneh apa itu cosplay. Seiring berjalannya waktu, cosplay tetap akan berkembang, terlebih dengan banyaknya gim-gim yang bermunculan dengan karakter yang beragam dan menarik.