RRQ Liam, Hobi Main Game Jadi Tanker RRQ

0
11
RRQ Liam
RRQ Liam menjadi roster di RRQ Hoshi sejak MPL Indonesia Season 1.

Pemain Mobile Legends: Bang Bang dari RRQ, William Setiawan, dikenal sebagai salah satu tanker terbaik di Indonesia selain Donkey dan Marsha. Sebelum masuk ke RRQ Hoshi, RRQ Liam sudah dikenal sebagai pemain dengan mekanik dan gameplay yang sangat baik.

Namanya dikenal karena ahli menggunakan hero Chou saat ia masih menjadi salah satu roster di E8 Elite Esports. Dalam tim tersebut, nama panggungnya adalah E8.King. Lewat permainannya sebagai tanker ia berhasil mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Profil RRQ Liam #1: Dari E8 Esports sampai ke RRQ

RRQ Liam roster RRQ
RRQ Liam pernah bermain untuk tim esports E8 Esports dengan nama E8.King.

Pemain kelahiran 30 November 1998 ini pernah bermain bersama E8 Esports. Meski bukan dari tim esports besar, ia sudah menunjukkan keahliannya selama MSC 2017. Bersama tim, ia berhasil mengantarkan nama E8 Esports menuju babak final MSC Season 1 2017.

E8 Esports ini merupakan tim Mobile Legends: Bang Bang yang dibentuk pertama kali saat kuliah di kampus yang sama dengan member yang sama. Saat itu, mereka hanya bermain untuk bersenang-senang.

Akhirnya mereka memutuskan untuk menjadi tim esports profesional setelah kalah di beberapa turnamen. Kemudian mereka mengikuti beberapa turnamen dengan nama E8 dan mengikuti MSC 2017.

Dalam babak itu, mereka melawan Saints Indo. Kemampuannya dalam menggunakan hero Chou mencuri perhatian para penggemar dan pemain MLBB. Pasalnya, ia berhasil mengacaukan strategi tim lawan pada final tersebut.

Role Tanker Liam
RRQ Liam menarik banyak perhatian karena permainan Chou yang GG.

Pada match pertama, tim E8 berhasil menang. Namun, pada babak kedua dan ketiga, Saints Indo berhasil mengembalikan keadaan dengan skor akhir 3-2. Meski tidak berhasil mendapatkan gelar juara, Liam berhasil menarik minat tim besar RRQ.

RRQ Liam akhirnya berlabuh di RRQ setelah melepas Elite 8 pada 2018. Di tahun yang sama, ia mengikuti MSC Season 2 2018. Saat itu, RRQ melepas Marsha yang pindah ke EVOS Esports.

Masuknya Liam dalam squad RRQ Hoshi membuat performa tim semakin bertambah kuat. Hal ini dibuktikan dari RRQ yang berhasil menjuarai turnamen MPL Indonesia Season 2 yang diselenggarakan di Surabaya. Memilih RRQ Liam untuk mengisi role Tanker menjadi keputusan yang baik.

Liam bukanlah pemain yang kaleng-kaleng. Pada MPL Indonesia Season 1, RRQ Liam disebut sebagai Best of Tank dengan tiga hero favorit yang dimainkan, yakni Franco, Akai, dan Khufra. Pada MPL Indonesia Season 4, ia berhasil bermain dengan apik bahkan lini terdepan RRQ Hoshi dapat disebut kuat dan sangat aman.

Profil RRQ Liam #2: Anak Warnet Hobi Main Game

RRQ Liam BA
Liam mengaku senang bermain game sejak duduk di TK.

Pemain asli Jakarta ini memiliki kisah perjalanan kariernya menjadi seorang pro player. Sebelumnya ia hanyalah siswa biasa yang gemar bermain game. Ia memang menyukai game sejak masih taman kanak-kanak.

Sayangnya, kedua orang tua Liam tidak menyukai hobi bermain game tersebut. Alasannya karena ia lebih banyak menghabiskan waktu di tempat PS dibandingkan di rumah. RRQ Liam sering pergi ke tempat PS dengan sembunyi-sembunyi untuk bermain.

Saat SD, RRQ Liam mulai beralih ke warung internet (warnet) untuk bermain game. Ia sendiri sempat kesulitan untuk bermain game karena harus membayar sewa warnet. Waktu itu uang sakunya sebesar 5 ribu rupiah per hari, tetapi hampir semua uang jajannya digunakan untuk sewa di warnet.

Sedangkan untuk bermain, perlu mengeluarkan uang 2 ribu rupiah per jamnya. Meski dikenal bandel karena sering sembunyi-sembunyi untuk bermain game warnet, Liam tidak lupa untuk tetap bersekolah. Orangtua Liam termasuk orang tua yang selalu mengingatkannya untuk tidak lupa belajar dan sekolah.

Awalnya RRQ Liam tidak pernah terpikirkan untuk menjadi seorang pro player. Cita-citanya dahulu adalah menjadi seorang pilot. Namun, hobinya mengarahkannya untuk menjadi seorang pemain esports profesional.

Liam RRQ
RRQ Liam selalu diomeli oleh orang tuanya karena banyak bermain game.

RRQ Liam mengingat masa-masa saat masih dilarang bermain game. Orang tua Liam banyak mengomelinya dan melarangnya untuk bermain game terlalu lama. Saat menjadi pro player di RRQ, ia ingin membuktikan diri bahwa ia bisa sukses.

Meski orang tuanya mengatakan bermain game tidak bisa menghasilkan penghasilan, ia tidak menyerah. RRQ Liam mengaku ia fokus pada tujuannya untuk menjadi gamer profesional dan tidak melanjutkan kuliahnya untuk beberapa waktu.

Dengan pencapaiannya, Liam berhasil membuktikan pada orangtua bahwa ia sukses menjadi pro player yang mampu bermain dengan bagus di berbagai turnamen MLBB. Pemain profesional esports yang berprestasi mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Mereka dibayar mahal setiap bulannya tetapi sesuai dengan kerja mereka yang harus mempersiapkan pertandingan dan berlatih setiap harinya. RRQ Liam sendiri mengaku dibayar puluhan juta selama berprofesi sebagai pro player. Bayarannya sekitar 20 – 50 juta rupiah per bulan.

Tidak hanya itu, ia juga sering mendapatkan endorse dari berbagai brand dan review game yang diunggah di kanal YouTube miliknya. Kanal YouTube RRQ Liam cukup ramah dan penghasilan yang didapatkan melalui YouTube bisa mencapai lebih dari 50 juta rupiah.

Profil RRQ Liam #3: Comeback yang Ditunggu Penggemar

RRQ Liam Absen MPL 7
Liam saat ini sedang memulihkan kesehatannya dan absen dari MPL Season 7.

RRQ Liam saat ini masih mengalami masalah kesehatan yang menyebabkan ia harus absen dari MPL Indonesia Season 7. Hal itu terbukti lewat rilis roster RRQ Hoshi yang tidak menampilkan namanya. Pada MPL Indonesia Season 6 lalu, Liam masih sempat membela RRQ Hoshi.

Meski begitu, ia tidak dapat bertanding secara maksimal. Ia hanya mampu bermain di minggu kedua turnamen. Musim ketujuh ini ia menjadi opsi pemain cadangan, karena tim akan lebih mengandalkan RRQ Vynn. Saat ini, RRQ Hoshi juga kedatangan beberapa pemain baru.

Selepas MPL Indonesia Season 6, ia memutuskan di rumah karena masalah kesehatan tersebut. Ia memilih untuk rehat dari pro scene Mobile Legends: Bang bang. RRQ Liam menjelaskan ia tidak bisa mengikuti latihan ketat yang dijalankan RRQ.

Ia menjelaskan lebih lanjut, ia justru akan khawatir jika ia tidak maksimal selama turnamen dan memberatkan tim. Sampai saat ini, ia masih menjadi bagian dari RRQ Hoshi. Selagi fokus untuk menyembuhkan diri, ia juga mengembangkan kanal YouTube-nya dan live streaming.

RRQ Hoshi Liam
RRQ Liam sempat turun turnamen MDL Season 1, lalu absen di musim kedua.

RRQ Liam sendiri pernah turun ke Mobile Legends Development League (MDL) Season 1 setelah maju untuk MPL Indonesia. Sayangnya saat turnamen MDL Season 2 ia tidak dimasukkan dalam roster inti bersama RRQ Win, RRQ Bless, RRQ Skylar, RRQ XOXO, RRQ Alertt, dan RRQ 824.

RRQ Liam merupakan pemain yang cukup lama berkiprah untuk esports Mobile Legends: Bang Bang dan RRQ. Banyak yang menunggu comeback RRQ Liam di turnamen MLBB. Untuk saat ini, banyak penggemar yang mendukung Liam mengembangkan konten streaming dan kanal YouTube miliknya sebagai streamer.

Lewat kanal YouTube-nya, LiamTheTadpole, ia sering membagikan video gameplay dan berkolaborasi dengan berbagai pro player lainnya. Tidak hanya YouTube, ia juga sering melakukan live streaming lewat akun Nimo.TV, RRQ_Liam.