RRQ WizzKing, Dianggap Streamer Biasa Hingga Menjadi Pro Player

1
282
RRQ WizzKing
RRQ WizzKing, salah satu pemain asing yang saat ini bernaung di bawah tim RRQ.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Pemain RRQ Hoshi yang satu ini dikenal sebagai pro player senior dalam kancah esports Mobile Legends: Bang Bang. Siapa lagi jika bukan RRQ WizzKing, pemain asing yang sudah bermain sejak MPL Indonesia Season 2 dan tergabung dalam tim Saints Indo bersama Daylen Reza.

Setelah berpisah dengan Saints Indo, WizzKing bergabung dengan RRQ Zen yang ternyata bubar jelang MPL Season 4. Namun, hingga saat ini, pemain asal Brunei Darussalam tersebut memperkuat tim RRQ Hoshi bersama RRQ Xinn dan kawan-kawan.

Meski baru bergabung, RRQ WizzKing mampu menunjukkan performa terbaiknya saat MPL Season 5. Ia menjadi salah satu pemain kunci dalam turnamen tersebut dan mendapatkan perhatian karena permainannya yang apik.

Profil RRQ WizzKing #1: Pemain Top Global MLBB

WizzKing
RRQ WizzKing awalnya berkarier sebagai streamer Mobile Legends: Bang Bang.

Melihat sepak terjangnya dalam esports Mobile Legends: Bang Bang, maka tak perlu kaget jika ia dikenal sebagai pemain Top Global Hero Mobile Legends. Dengan skill yang mumpuni ia mampu membawa tim menjadi tim terkuat pada babak musim reguler di MPL Indonesia Season 5 lalu.

RRQ WizzKing meski tidak tampil setiap pertandingan, tetapi permainannya cukup baik. Sampai pada MPL Indonesia Season 6 ia menunjukkan performanya dalam turnamen sampai lanjut ke M2. Di awal-awal kariernya dalam RRQ, pemain bernama lengkap Mohd Zulkarnain Hj Mohd Zulkifli ini sempat diragukan.

Pasalnya ia bukan seorang pro player dan aktif sebagai streamer tim. Ia mengawali kariernya di MLBB bukan sebagai pro player melainkan content creator dan streamer dalam platform streaming. Banyak yang memandang sebelah mata pencapaian WizzKing, seperti local rank hero, kebanyakan menganggap bahwa itu hanya faktor keberuntungan saja.

Penggemar menilai RRQ WizzKing tidak cukup hebat jika disandingkan dengan roster RRQ lain. Ia kurang diakui karena mimin prestasi dan kesulitan untuk berkembang tanpa turnamen resmi karena RRQ Zen tidak cukup banyak memiliki jam terbang dalam turnamen. Namun tanpa banyak bicara, ia membuktikan kemampuannya.

Akhirnya ia diangkat menjadi roster inti oleh RRQ Jamesss (saat ini sudah keluar) untuk bermain dalam MPL Indonesia Season 5. Dengan pengalamannya di dalam Saints Indo dan langganan peringkat top global hero, RRQ WizzKing berhasil membuktikan diri bahwa ia layak disebut sebagai pro player.

RRQ Hoshi
Sempat bergabung dengan RRQ Zen, tetapi divisi tersebut dibubarkan. WizzKing pindah ke RRQ Hoshi.

Debutnya yang apik membuatnya disebut sebagai salah satu roster terbaik RRQ dengan menunjukkan kualitas bermainnya. Saat bertanding dengan EVOS, WizzKing berhasil menganulir permainan lawan dan menjadi MVP sebanyak dua kali berturut-turut. Role WizzKing adalah sebagai carry dalam RRQ Hoshi.

RRQ Hoshi tidak sembarangan dalam memilih pemain dalam gelaran MPL Indonesia Season 5 dan 6. Namanya kemudian santer dikenal publik yang turut membantu RRQ Xinn dan RRQ Lemon mendapatkan gelar Top 3 Kill per game di MPL ID Season 5 di pekan ke-4.

Profil RRQ WizzKing #2: Pernah Menjadi Coach Tim Esports

WizzKing RRQ
RRQ WizzKing aktif menjadi conten creator, bahkan ia sempat menjadi pelatih dalam Esports Star Indonesia.

Sebelumnya RRQ WizzKing diragukan, tetapi akhirnya ia membuktikan pencapaiannya bersama tim. Kemampuannya diakui oleh penggemar dan pro player lain. Ia berangkat bersama RRQ Hoshi ke turnamen internasional untuk mewakili Indonesia.

RRQ WizzKing dan kawan-kawan berhasil maju dalam Mobile Legends World Championship Season 1 dan 2, turnamen resmi dunia yang diadakan oleh Moonton. RRQ Hoshi mewakili Indonesia dalam M1 pada 2019 bersama EVOS Esports dan M2 pada 2020 bersama Alter Ego Esports.

Namun, dalam kedua pertandingan itu mereka hanya mampu mendapatkan runner-up. M1 pada 2019 dimenangkan oleh EVOS Esports. Sedangkan saat M2 pada 2020, piala kejuaraan dunia MLBB berhasil direbut oleh Bren Esports dari Filipina.

Selain menjadi pro player, ia pernah menjadi coach bersama Marsha dalam acara Esports Star Indonesia. Acara tersebut pernah ditayangkan di salah satu saluran televisi swasta Indonesia pada 2020 lalu. Marsha dan WizzKing melatih tim Blue Rhinos.

Saat menjadi pelatih dalam Esports Star Indonesia, ia juga pernah mendapatkan tantangan dari Junjun, salah satu calon esports bintang dari Jakarta. Junjun dengan berani menantang WizzKing selaku coach untuk bertanding di Land of Dawn, tidak peduli hasilnya kalah atau menang.

Selama menjadi pemain di RRQ, ia juga sering membagikan tutorial gameplay hero dan konten-konten gaming lainnya. Seperti konten lucu dan konten kebersamaan bersama tim RRQ Hoshi. Saat ini kanal YouTube RRQ Wizzking sudah mendapatkan 476 ribu subscriber.

Profil RRQ WizzKing #3: WizzKing Berbagi Tips Bermain

RRQ WizzKing
RRQ WizzKing tidak pernah pelit membagikan gameplay lewat kanal YouTube miliknya.

RRQ WizzKing tidak pernah pelit untuk memberikan tips bermain. Pemain harus dapat mengatur strategi agar dapat push rank dengan efektif. Jika tidak efektif, rank malah turun bukannya naik.

WizzKing memberikan tips dalam bermain. Saat bermain Mobile Legends, yang paling penting adalah fokus dengan goal dan objektif, hindari nafsu yang menggebu-gebu. MLBB merupakan game strategi, yang artinya hal paling utama yang perlu dilakukan untuk memenangkan game adalah strategi.

Team fight dan poin kill memang terlihat keren, tetapi yang dapat membuat tim menang adalah turret lawan yang habis sehingga tim dapat menghancurkan Altar milik musuh. WizzKing menjelaskan jika perlu fokus untuk menghabiskan minions serta mengamankan turret, baru melawan untuk menghancurkan turret lawan.

RRQ WizzKing juga berkata untuk tidak lupa memperkuat hero dengan mencari buff di hutan. Kill hero lawan memang terlihat keren, tetapi objektif adalah yang utama karena dapat membuat tim menang. Bukan malah terlihat egois untuk terlihat keren saja.

Bagi solo ranked, RRQ Wizzking memberikan tips untuk memainkan hero core. Hero core salah satunya hero Jungler karena merupakan role penting yang dapat menaikkan peringkat tim dan pemain.

Profil RRQ WizzKing #4: Hero Favorit WizzKing

RRQ M2
RRQ WizzKing memiliki hero favorit yang di pick saat bermain.

RRQ WizzKing juga memiliki hero favorit seperti Fanny, Gusion, dan Selena. Ketiga hero Mobile Legends tersebut memiliki kelebihan masing-masing.

Fanny merupakan hero assassin yang sangat lincah. Ia memiliki Steel Cable yang dapat dengan mudah masuk dan keluar dalam team fight. Fanny dapat membunuh lawan dengan cepat menggunakan Steel Cable dan Tornado Strike ataupun Cut Throat.

Gusion merupakan hero dengan pernah ganda, yakni mage dan assassin. Hero ini memiliki build skill yang baik dan damage yang besar. Meski begitu, sama seperti hero assassin lainnya, Gusion tidak memiliki HP yang banyak.

Sama seperti Gusion, Selena merupakan hero mage sekaligus assassin yang berwujud Dark Elf. Skill Selena dikenal sulit dikuasai meski begitu ia memiliki damage yang besar bagi musuh-musuhnya. Biasanya, pemain perlu benar-benar memikirkan konsekuensi dalam menggunakan Selena karena tergolong hero yang sulit digunakan.


Nah, itulah profil singkat tentang RRQ WizzKing mengenai perjalanan karier dalam bidang esports Mobile Legends: Bang Bang hingga herohero favoritnya yang biasa digunakan dalam bermain. RRQ WizzKing dikenal sebagai pribadi yang percaya diri karena meski bermula dari streamer, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi pro player.

Media Partnership