5 Kisah yang Layak Diangkat Jadi Film Esports Hollywood

0
115
hollywood Film esports
Photo by Avel Chuklanov on Unsplash
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Film esports Hollywood – Apakah kalian pernah menonton film esports? Esports telah berkembang pesat, namun masih banyak orang yang penasaran tentang apa itu esports dan bagaimana para atlet esports berkarir.

Salah satu cara terbaik untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan memberikan tontonan seputar dunia gaming professional.

Salah satu kelemahan dari esports adalah adanya penekanan berlebihan pada kemampuan bermain dari sang pemain profesional terhebat. Sang penerbit game juga seringkali membuat konten-konten yang overdramatic untuk menunjukkan keuntungan yang dapat diperoleh pemain dari game mereka dengan menyaksikan gaya bermain para profesional.

Meskipun mempertontonkan kemampuan apik pro player dapat membantu peningkatan kemampuan bermain gamer kasual, hal ini adalah sebenarnya bukan sebuah keuntungan yang signifikan mengingat jumlah mereka yang ingin benar-benar menjadi pemain kompetitif tidaklah terlalu banyak.

Lantas, sesungguhnya apa yang membuat esports menjadi pengalaman penonton yang luar biasa adalah hal yang sama yang membuat olahraga apapun menarik, yaitu: alur cerita atau storyline.

Turnamen CCG
Credit: Blizzard

Tidak ada yang menonton Super Bowl karena ingin memahami ‘how to get better at zone defense’. Para penonton hanya ingin melihat apakah Tom Brady sukses atau gagal. Mereka menontonnya karena persaingannya, keunggulan ceritanya, dan untuk melihat Brett Farve kehilangan akalnya setelah kematian ayahnya.

Kompetisi video game sendiri juga telah menghadirkan beberapa kisah terhebat yang pernah diceritakan kepada dunia. Sudah saatnya Hollywood memperhatikan dan membawa film bertema olahraga ke era digital. Trent Murrey dari Esports Observer telah membagikan 5 alur cerita esports yang diyakini akan laris manis sebagai film Hollywood.

Sumber Inspirasi Film Esports Hollywood #1: Leffen vs The Five Gods

Super Smash Bros. Melee sendiri sudah memiliki alur cerita yang cukup untuk membuat satu season serial anime, namun yang paling mudah untuk ‘terjual’ tentu saja adalah Era of The Five Gods.

5 pemain elit yang mendominasi sirkuit pertandingan selama beberapa tahun yang hanya bisa saling mengalahkan dan dikalahkan oleh satu sama lain, akhirnya harus menerima kenyataan baru ketika William “Leffen” Hjelte, The God Slayer muncul.

Ini adalah kisah tentang ketekunan, self discovery, dan underdog tale selama berabad-abad ketika seorang anak menantang peluang untuk mengakhiri sebuah era -seorang diri.

Leffen
Leffen Credit: redbull.com

Sumber Inspirasi Film Esports Hollywood #2: U-S-A! U-S-A!: C9 Wins the Boston Major

Tidak terlalu banyak kisah sukses Amerika dalam esports di tingkat internasional. Counter-Strike: Global Offensive Boston Major adalah salah satu dari sedikit kesuksesan dimana para penggemar Amerika dapat mengenangnya.

Banyak kisah esports yang difokuskan pada pemain tunggal yang berjuang melawan ‘takdir’ demi mengejar impian mereka, namun yang dititikberatkan pada momen ini adalah kemenangan sebuah tim secara patriotik. Hal yang tepat untuk film Hollywood.

Sumber Inspirasi Film Esports Hollywood #3: Family First, LI Joe (Evo 2016)

Beberapa film sports terbaik bukanlah tentang memenangkan pertandingan besar. Kebanyakan dari film tersebut berbicara tentang olahraga sebagai ‘pemersatu’ walaupun dalam pertandingan tidak selalu menang.

Pada tahun 2016, salah satu kisah terbesar yang terjadi di industri esports adalah tentang seorang pria yang berhasil melaju cukup jauh dalam sebuah turnamen, tetapi akhirnya gagal saat hampir tiba di puncak kejuaraan.

Joe Ciaramelli, atau yang lebih dikenal sebagai LI Joe, adalah seorang pemain fighting game jadul yang tidak disangka siapapun untuk masuk ke dalam jajaran Top 8 Street Fighter di turnamen fighting game terbesar di dunia.

Namun pada hari Minggu sore kala itu, LI Joe terus melaju ke babak selanjutnya mengalahkan pemain terbaik Jepang, sembari ayahnya memberikan dukungan dari pinggir arena pertandingan.

Ini akan menjadi alur cerita yang sangat baik. Cerita tentang peranan keluarga, laju karir yang mulus, serta kegagalannya yang sangat tidak terduga.

Sumber Inspirasi Film Esports Hollywood #4: Kisah Huanfeng

Huanfeng
Huanfeng, Credit: oneesports.gg

Tang “huanfeng” atau kisah Huan-Feng telah diceritakan dengan indah dalam gaya dokumenter, dan itu adalah jenis kisah yang layak untuk sebuah film yang sebenarnya.

Cerita mengenai seorang anak yang benar-benar berusaha menarik diri keluar dari kemiskinan melalui kesukaannya pada League of Legends dan berdiri di atas panggung bergengsi esports. Semua aspek yang dibutuhkan untuk esports film ada di sini.

Pemula di LPL China, kisah Huan-Feng masih jauh dari kata selesai, tetapi sudah layak menjadi kisah yang harus dan perlu diceritakan kembali dalam berbagai bentuk media, sebanyak mungkin.

Sumber Inspirasi Film Esports Hollywood #5: Perjuangan Tim OG di The International 2018

Jika kamu belum pernah menonton film dokumenter Red Bull tentang sepak terjang pertandingan tim OG di turnamen Dota 2 The International 2018, maka kamu harus menontonnya segera. Film dokumenter ini dapat membuatmu mengerti kenapa esports begitu istimewa.

Adalah satu dari sekian hal untuk bertahan dari kesulitan eksternal, tapi lain cerita jika kita harus membangun kembali sebuah tim dari bawah karena adanya unsur ‘pengkhianatan’ yang dilakukan oleh internal tim, teman terdekat pula.

Namun, hal yang menakjubkan adalah kemampuan mereka untuk bisa memenangkan pertandingan Dota 2 paling bergengsi di dunia.

Drama dalam cerita ini terdiri dari berbagai roster pemain menarik yang dikumpulkan OG untuk membangun salah satu tim terhebat dalam sejarah Dota 2. Mereka tidak hanya menang sekali, tetapi dua kali secara berturut-turut dalam The International.

Kisah tim OG ini bukan hanya akan menjadi film esports terbaik, tetapi bisa dibilang sebagai sports movie terhebat yang pernah diceritakan.

Media Partnership