Bristleback merupakan salah satu hero yang paling susah mati dalam semesta Dota 2, membuatnya sangat kuat untuk mengemban role offlane yang kebanyakan didominasi oleh hero-hero tanky lainnya. Pada guide ini, akan dibahas apa-apa saja yang harus dilakukan oleh Bristleback dan juga bagaimana hero ini dapat bertahan di game dengan meta yang selalu berubah.

Kelebihan dan Kekurangan

Yang pertama sekali harus kita lihat adalah kelebihan dan juga kekurangan Bristleback, agar kita tidak salah saat memilih hero. Sebab, ada banyak sekali hero counter yang bisa di-pick musuh. Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan
  • Hero beratribut Strength (Str) sehingga secara alami sudah tanky (bawaan lahir),
  • Memiliki skill “Bristleback” yang mengurangi damage dari sisi belakang hero hingga 40% (sudah di-buff oleh Dewa Icefrog sejak patch yang juga mengurangi damage dari tower),
  • Area of Effect (AoE) dari Quill Spray yang sangat luas menjadikan hero ini salah satu hero AoE yang efektif,
  • Memiliki skill control hero, Viscous Nasal Goo, yang memperlambat gerakan hero musuh dan juga mengurangi armor-nya,
  • Warpath membuat Bristleback mampu meng-hit musuh sekeras truk pada early game,
  • Mampu untuk memaksa hero musuh memfokuskan serangannya ke Bristleback,
  • Memungkinkan untuk menyelesaikan game dengan cepat.
Kelemahan
  • Lemah terhadap Hard Control dari hero-hero musuh seperti Axe (Berserker’s Call), Legion Commander (Duel), skill-skill dari Tusk, dan skill lainnya,
  • Tidak se-tanky yang diharapkan jika diserang dari depan,
  • Tidak bisa mengontrol hero sebaik hero-hero lain yang memiliki skill dengan efek stun,
  • Skill harus di-spam berkali-kali agar efektif,
  • Tidak memiliki armor yang tinggi sehingga lemah terhadap skill yang memberikan efek minus armor.

Item Build

Item build ini difokuskan untuk menjadi offlaner yang baik dan benar. Mungkin akan ada beberapa item carry Bristleback yang muncul, tapi itu tidak menjadi masalah.

Starting
  • Stout Shield : untuk efek block damage yang sangat berguna di laning stage,
  • Tango,
  • Healing Salve,
  • 2x Enchanted Mango: bonus regen darah dari 2 mango memang boleh diremehkan. Akan tetapi, pertimbangkan juga sisi instan mana regeneration-nya agar waktu downtime dari Bristleback saat laning stage menjadi sangat minim.
Early
  • Soul Ring: mana cost dari skills Bristleback memanglah rendah, namun tanpa ada regen mana yang cukup, stok mana pun bisa kehabisan. Untuk itu, Soul Ring yang bisa memberikan mana secara instan dengan cooldown yang rendah, menjadikan item ini sangat berharga di early stage. INFINITE MANA, YO!
  • Magic Wand : jika saat laning phase berjumpa dengan musuh yang terus spam skill (seperti dagger PA), beli item ini,
  • Boots of Speed: efek dari sepatu tidak terlalu menonjol pada Bristleback. Namun, jika ingin di-upgrade sebaiknya membuat Power Treads daripada Phase Boots, untuk peningkatan status. Arcane Boots juga merupakan pilihan yang bagus mengingat peran dari offlane ini bukanlah sebagai damage dealer yang utama, melainkan menjadi tanker.

Dota 2 Bristleback Logo

Mid game
  • Vanguard: item utama untuk Bristleback, baik untuk melawan magic damage dealer line up ataupun physical damage dealer line up,
  • Hood of Defiance: item kedua setelah Vanguard. Terkadang juga bisa dijadikan sebagai item pertama bila berhadapan dengan magic damage dealer line up,
  • Mekansm: item yang bagus agar tidak gampang mati pada saat war ataupun pushing, item ini membantu meringankan beban dari role support ketika mereka tidak mempunyai cukup gold,
  • Vladmir’s Offering: aura lifesteal dan armor berguna agar tim dapat bertahan lebih lama.
Baca juga:  6 Tips Bermain Free Fire untuk Pemula
Late game
  • Crimson Guard: upgrade dari Vanguard, membuat teman setim menjadi lebih durable dari physical damage,
  • pipe of Insight: upgrade dari Hood, sama seperti Crimson tetapi untuk versi magical damage,
  • Guardian Greaves: upgrade dari Mekansm dan Arcane Boots. Juga berguna untuk menghilangkan debuff yang mengganggu selain dari efek healing dan armor yang didapat,
  • Shiva’s Guard: aura yang membuat attack speed musuh menjadi lebih lambat + armor yang tinggi + int yang tinggi = resep tank + spammer yang bagus,
  • Heart of Tarrasque: tambahan HP dan regen HP yang tinggi membuatnya menjadi item yang sangat berharga,
  • Octarine Core: HP lifesteal dari spell, disertai dengan cooldown reduction; skill Quill Spray dengan cooldown yang rendah akan dapat menghasilkan damage yang lebih tinggi saat teamfight.
Optional
  • Radiance: meskipun memiliki damage tinggi serta efek DPS dan evasion, tidak membuat item ini menjadi prioritas utama dari offlaner Tugas utamanya adalah untuk mengalihkan perhatian musuh dari carry,
  • Lotus Orb: armor yang cukup tinggi, efek reflection dari skill, serta remove debuff saat aktivasi, membuatnya sangat penting jika berhadapan dengan banyak hero yang memiliki single target spell,
  • Heaven’s Halberd: dengan efek disarm, item ini lebih difokuskan pada heavy hitter heroes. Sebagai bonus, evasion yang diberikan juga lumayan,
  • Black King Bar: aaah… Magic immunity. tidak ada yang perlu dijelaskan lagi,
  • Medallion of Courage: Tidak disarankan untuk di-upgrade menjadi Solar Crest, karena efeknya yang tidak sepadan jika dibandingkan dengan harga upgrade-nya, kecuali ketika sudah tidak ada item lain lagi yang ingin dibuat,
  • Blade Mail: item yang paling sering direkomendasikan untuk tanker. NO, PLEASE! Blade Mail tidaklah sekuat yang banyak orang katakan. Item ini paling berguna pada hero seperti Axe, Legion Commander, karena mereka memaksa musuh untuk menyerang mereka (masokis). Sedangkan Bristleback hanya akan membuat musuh lari saat melihat dia datang. Jadi item ini hanya dibuat tergantung situasi dan kondisi yang ada, dan bukan untuk segala situasi.
Baca juga:  Valve Resmi Merilis DotaPlus Sebagai Pengganti Compendium

Talent Tree

Level 10: +2 Mana Regen, kecuali ada Crystal Maiden di tim, maka ambillah +20 Movement Speed.

Level 15: +250 HP, jangan memilih +6 Max Goo Stacks. PLEASE! Bahkan dengan Aghanim’s Scepter, 6 Goo Stacks tetaplah tidak sekuat yang dibayangkan. Kemungkinan hero musuh untuk mendapatkan 10 Goo Stacks sangatlah kecil sehingga hanya Roshan sajalah yang hampir bisa dipastikan untuk mendapatkan 10 Goo Stacks.

Semburan Goo Bristleback
Semburan Goo Bristleback

Level 20: +20 HP Regen. Tidak direkomendasikan untuk memilih +25 Quill Stack Damage, kecuali jika sudah yakin akan menggunakan Octarine. Tetapi karena fokus offlaner Bristleback adalah untuk bertahan hidup, sebaiknya ambil HP Regen.

Level 25: +15% Spell Lifesteal. Talent +30 Warpath Damage Per Stack hanya cocok jika ingin menjadi carry.

Gameplay

Laning Phase

Fokus untuk mengusir hero carry dari farm, atau menarik creep wave mendekati tower kita sendiri. Orang-orang sering berpikiran, “Wah masa belum apa-apa sudah mati di menit 1.” Pemikiran ini salah jika pada saat mati creep wave musuh justru menjadi terdorong.

Ekuilibrium creep sudah hancur dan posisi creep wave dekat dengan tower kita, maka pengorbanan nyawa di awal sangatlah bagus. Lakukan spam Quill Spray hanya untuk menganggu hero musuh mendapatkan creep, tapi jangan terlalu sering agar creep kita tidak terdorong ke dekat tower musuh.

Untuk menghindari hal ini, cukup gunakan Quill Spray hanya pada saat kita tidak yakin akan mendapatkan last hit setelah selesai attack animation. Jika memiliki teman di lane (bukan solo offlaner), disarankan untuk mengambil Goo saat naik level 3 agar memiliki kemungkinan kill hero musuh.

Umumnya pada level 5, skill yang diinginkan adalah 1 Goo, 3 Quill Spray, dan 1 Bristleback; atau 3 Quill Spray, dan 2 Bristleback jika solo offlaner.

Ketika naik level 6, kesempatan kill sudah sangat besar. Warpath sudah aktif dan inilah momen yang ditunggu-tunggu karena pada level ini Bristleback sudah mulai memiliki attack damage yang tinggi.

Dota 2 Bristleback Set

Mid Game

Bristleback mencapai kekuatan terbesarnya pada saat dia memiliki Vanguard dan juga Hood, selambat-lambatnya di menit 18. Jika item-item tersebut baru didapat pada menit ke-20, Bristleback masih bisa terbilang kuat tapi tentu tidak sekuat jika item tersebut diperoleh lebih awal.

Baca juga:  5 Menit Lebih Dekat dengan Clinton "Fear" Loomis, Pemain Multi-Role dari Barat

Puncak kekuatan Bristleback terletak pada mid game saat hero-hero carry lainnya belum online, sehingga mempunyai kedua item tersebut membuatnya sangat kuat.

Pada masa ini kamu harus membuat call untuk memulai mid game pushing dengan teman kamu agar hero carry tim kamu mendapatkan space yang dibutuhkan untuk farming. Yap. Tugas kamu yang sebenarnya hanyalah membuat space untuk hero carry-mu.

Namun, agar tetap efektif kamu juga harus menghancurkan tower musuh agar mereka terfokus pada Bristleback yang melakukan pushing, dan lupa kalau ternyata kamu bukanlah bintang utama di tim, melainkan carry yang sedang farming dan menaikkan levelnya.

Late Game

Di tahap ini kamu bukanlah bintang utamanya, tetapi hero carry-mu yang sudah kamu berikan ruang selama ini untuk farm. Kini, tugasmu hanyalah untuk mengalihkan perhatian musuhmu pada saat teamfight agar mereka menggunakan semua kekuatan mereka pada Bristleback.

Disinilah gunanya memiliki semua item tanky itu. Di saat mereka fokus menghabisi kamu yang tidak mudah mati, mau tidak mau mereka tetap harus tetap fokus menyerang kamu hingga mati, atau lari. Ketika mereka sudah lelah, carry-lah yang akan membereskan mereka.

Mungkin carry-mu akan bilang, “akulah pahlawan di tim ini,” tapi sesungguhnya teman-teman kamu dan kamu juga tahu, bahwa pahlawan sesungguhnya adalah Bristleback.

Bristleback - Barbarous Assault Set
Bristleback – Barbarous Assault Set
Team fight

Seperti di late game, peran Bristleback hanyalah untuk mengalihkan perhatian musuh ke kamu agar carry bisa menyapu bersih musuh-musuh yang ada. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengincar hero ‘bintang’ dari tim musuh, atau support, atau core.

Dengan mengincar hero tersebut, musuh tidak mempunyai cara lain selain fokus ke kamu karena jika tidak, hero tersebut akan mati dilindas oleh truk Bristleback.

Kunci paling penting untuk offlaner di team fight: Jangan takut mati. Kalaupun mati, setidaknya sudah mengalahkan hero musuh agar matinya tidak sendirian.


Guide ini tidaklah harus diikuti 100% untuk setiap game. Hal yang membuat Dota berbeda dari game lain, adalah situasinya yang terus saja berbeda di tiap permainannya.

Panduan ini merupakan gambaran umum yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan MMR-mu dan menaikkan rank. Semoga perjalanan kalian menjadi Immortal lancar!

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here