Apa Itu Scrim?

0
5
Mengenal Scrim
Ad

Penggunaan istilah dalam bermain suatu gim sudah menjadi hal yang wajar diucapkan. Bagi kalian pemain gim PUBG pasti sudah sering mendengar apa itu scrim. Istilah ini banyak digunakan oleh para pemain PUBG baik PC maupun mobile. Khususnya digunakan oleh kalian yang sudah tergabung dalam sebuah squad atau tim esports.

Jika kalian baru bermain PUBG, istilah scrim sebaiknya diketahui. Scrim dalam prakteknya tidak hanya dipakai dalam gim PUBG saja. Berbagai gim yang dapat dimainkan secara tim bisa menggunakan sistem scrim. Contohnya seperti Mobile Legends, Dota 2 hingga Free Fire.

Lalu apa itu scrim sebenarnya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Scrim?

Apa Itu Scrim

Scrim adalah kependekan dari scrimmage, yang merupakan istilah untuk uji tanding dengan tim-tim lain. Atau bisa juga disebut dengan sparring yang lawannya bisa random atau ditentukan. Sedangkan untuk gim PUBG dan PUBG Mobile, scrim merupakan ajang uji tanding yang nantinya akan menggabungkan banyak pemain atau tim dalam satu pertandingan.

Pada umumnya, tentu sulit untuk mengajak pemain dengan jumlah yang banyak bertanding bersama. Maka dari itu, pihak penyelenggara biasanya developer gim seperti Tencent Games akan mengumpulkan mereka.

Dengan adanya wadah ini, para pemain tidak perlu repot-repot mengajak pemain lain untuk bertanding dalam satu room. Keefektifan scrim bisa dilihat dari pemain-pemain yang ikut serta. Mereka biasanya berasal dari tim esports profesional yang tentunya memiliki skill bagus.

Dengan mengikuti scrim, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan pemain-pemain pro. Ini sangat bagus untuk mengasah skill pribadi maupun kekompakan tim. Saat ingin mengikuti scrim, lebih baik memang bersama tim yang sudah lama bermain bersama.

Scrim paling efektif ada di gim PUBG, para pemain tidak perlu repot mengajak pemain lain. Semuanya sudah diatur oleh pihak penyelenggara yang akan menggabungkan tim-tim yang ikut scrim dalam satu pertandingan. Di gim seperti Free Fire atau Mobile Legends, kamu mungkin masih harus janjian terlebih dahulu.

Cara Mengikuti Scrim

Apa Itu Scrim

Dalam hal ini, kita akan bahas dari dua cara yang bisa dilakukan untuk bergabung scrim. Gunakan cara yang lebih mudah, karena tujuan dari scrim ini untuk menemukan lawan tanding.

Scrim akan efektif jika lawan yang dihadapi sepadan atau berada di level yang lebih tinggi. Kemampuan akan lebih terasah saat lawan juga memiliki kehebatan yang sulit untuk dikalahkan.

Ikut Acara Penyelenggara

Banyak pihak kerap mengadakan scrim sebagai wadah tim-tim esports bertanding. Di gim PUBG, developer-nya sendiri juga kadang menyediakan wadah ini saat menyambut ajang kompetitif yang besar.

Kelebihan mengikuti scrim yang diadakan oleh penyelenggara resmi adalah pemain tidak perlu repot mengajak pemain lain. Apalagi pada gim seperti PUBG, dimana jumlah pemain yang harus bertanding mencapai 100 orang.

Tentunya bukan hal yang mudah untuk mengumpulkan mereka. Apalagi jika ingin mengajak tim-tim pro, pasti akan sulit jika tidak ada penyelenggara yang besar.

scrim official pubg mobile

Mengajak Sendiri Tim Lain

Cara ini memang sedikit agak sulit untuk dilakukan. Mengadakan sparring dengan jumlah pemain yang banyak membutuhkan koordinasi yang bagus. Beruntung sekarang sudah ada media sosial, banyak pemain-pemain gim yang bergabung dalam grup komunitas pecinta esports.

Untuk mengajak mereka bisa melalui grup-grup komunitas sebuah gim. Kelebihan cara ini, mungkin nantinya bisa memilih sendiri tim-tim mana yang akan ikut dalam scrim. Sehingga bisa mengetahui terlebih dahulu kemampuannya.

Dari kedua cara tersebut, cara yang pertama jauh lebih efektif. Saat ini banyak penyelenggara yang mengadaan scrim dan membagikan informasinya di media sosial. Beberapa tim esports Indonesia juga sering mengadakan scrim.

Keuntungan yang Didapat

Apa Itu Scrim

Berbagai keuntungan nantinya akan didapatkan dengan mengikuti scrim. Pada umumnya, scrim diselenggarakan secara gratis. Untuk itu, manfaatkan dengan baik kesempatan saat berhasil mendaftar scrim.

Mental Meningkat

Berbeda dengan bermain biasa dimana lawan-lawannya random. Saat mengikuti scrim, bisa saja sebelum bertanding sudah mengetahui lawannya terlebih dahulu. Mental pemain akan diuji ketika mengetahui bahwa lawannya memiliki skill yang lebih tinggi.

Di samping itu, skill yang dimiliki pemain juga akan meningkat ketika berhadapan dengan lawan yang lebih hebat.

Melatih Kerja Sama Tim

Scrim biasanya diikuti oleh tim-tim atau squad yang berisi beberapa pemain. Dalam sebuah tim, kerjasama memang sangat diperlukan. Lawan-lawan yang ada saat scrim juga berupa tim, bukan pemain random.

Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kerja sama tim kalian. Nantinya juga bisa mempelajari strategi yang diterapkan lawan untuk diaplikasikan dalam tim.

Mendapatkan Lawan dengan Level Tinggi

Bukan tidak mungkin ketika mengikuti scrim, lawan-lawannya justru memiliki level skill yang lebih tinggi. Hal ini tidak perlu dijadikan beban. Apalagi jika mendapatkan lawan tim esports profesional yang mungkin diidolakan.

Kesempatan ini bisa menjadi pemicu semangat untuk bisa bermain lebih baik. Sekaligus bisa meniru gaya permainan dari tim yang lebih baik.

Dipantau oleh Talent Scout

Scrim bisa juga disebut sebagai pertandingan uji coba. Seperti layaknya sepakbola, biasanya akan ada pihak scout agency yang akan memantau jalannya pertandingan. Scout agency ini mencari pemain-pemain yang potensial dan memiliki talenta bagus dalam bermain gim.

Saat ada pemain yang memiliki skill bagus dari tim amatir, bisa saja nantinya akan dihubungi untuk wawancara dan memiliki kesempatan bergabung dengan tim profesional.

Scrim ini harus dimanfaatkan dengan baik bagi pemain yang ingin berkarir dalam dunia esports. Banyak scout agency atau pencari bakat yang memperhatikan pertandingan scrim. Bisa saja nantinya akan diajak untuk bergabung dengan tim besar seperti Bigetron, Aerowolf dan masih banyak lagi.

Perlu Mengikuti Scrim?

Pentingnya Scrim

Melihat banyak keuntungan yang akan didapat ketika mengikuti scrim, jawabannya tentu perlu. Scrim menjadi wadah untuk unjuk gigi kemampuan yang selama ini dimiliki.

Atmosfer saat scrim memiliki perbedaan dengan bermain biasa pada umumnya. Pertandingan scrim dipastikan tidak ada cheater yang akan merusak permainan. Semua tim yang bergabung sudah diatur agar bermain sportif.

Lawan-lawan yang akan dihadapi juga berupa tim, bukan pemain random. Akan sedikit sulit untuk melawan pemain yang memiliki tim dengan kerjasama yang baik. Tantangan ini bisa dijadikan motivasi untuk meningkatkan skill agar tidak kalah dengan pemain lain. Coba untuk mengikuti setiap scrim yang diadakan.

Tim-Tim Esports yang Mengadakan Scrim

Apa Itu Scrim

Ingin mencoba melawan tim-tim esports profesional ? Bisa loh dengan mengikuti scrim yang mereka adakan. Tim esports ini mengadakan wadah bagi tim manapun yang ingin berlatih tanding.

Meskipun jadwalnya tidak selalu ada, namun bisa dipantau sesering mungkin. Tim-tim seperti Aeroworlf, Aura Esports, Alter Ego, Louvre, RRQ dikabarkan sering mengadakan scrim.

Untuk mengetahui informasi mengenai scrim, bisa melihat melalui akun Instagram maupun fanspage Facebook tim-tim tersebut. Ada beberapa syarat yang memang harus dipenuhi sebelum mendaftar. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat kerja sama tim.

Dari penjelasan di atas, sudah pahamkan penjelasan mengenai apa itu scrim? Banyak tim-tim esports yang melakukan scrim sebelum mengikuti turnamen. Ini dilakukan untuk pemanasan sekaligus untuk mematangkan strategi beserta roster yang paling sesuai nantinya.