RRQ Vyn, Si Raja Assist dari RRQ

1
13
RRQ Vyn
RRQ Vyn, support dan kapten RRQ Hoshi.

Menjadi pro player dengan gaji dan tunjangan yang cukup besar menjadi impian banyak pemain. Tidak hanya itu, mereka akan mendapatkan spotlight lebih dari para penggemar dan dunia esports. Namun, ternyata menjadi pro player tidaklah semudah yang dibayangkan seperti yang dialami oleh Calvin “RRQ Vyn”.

RRQ Vyn tidak pernah menyangka akan menjadi seorang pro player di sebuah tim esports besar. Buatnya, game merupakan hiburan saat bersama teman. Meski begitu, menjadi pro player menurutnya banyak tantangan dan rintangan di setiap perjalanan kariernya.

Di awal kariernya ia tidak direstui oleh orangtuanya untuk menjadi pemain profesional. Meski menghadapi rintangan, RRQ Vyn terus maju untuk menjadi salah satu pemain terbaik Mobile Legends: Bang Bang.

Profil RRQ Vyn #1: Iseng-iseng Jadi Rezeki

RRQ Vyn
RRQ Vyn pernah kesulitan di awal-awal kariernya sebagai pro player.

RRQ Vyn saat ini masuk menjadi salah satu roster di RRQ Hoshi, salah satu divisi Mobile Legends di RRQ. Keberuntungan menyertainya saat ia mencoba bermain di turnamen kecil-kecilan karena ia dilirik oleh tim besar. Bahkan, ia menjadi kapten tim RRQ Hoshi dan mencetak prestasi yang sangat baik.

Saat perjalanan kariernya menjadi seorang pro player, Vyn mengaku ia sempat kesulitan karena seringnya berganti rekan tim. Chemistry yang baik sesama rekan tim sangat mempengaruhi kemenangan tim. Sedangkan dengan seringnya pergantian rekan tim akan membuat tim menjadi sulit untuk membangun komunikasi yang baik.

Sebelum masuk RRQ, Vyn sempat memperkuat BOOM Jr. Dalam tim tersebut ia juga sudah dikenal sebagai pemain yang bermain dengan sangat baik. Pada 2018, Vyn memegang peran sebagai kapten tim BOOM Jr. dan diketahui sudah bermain bersama para roster lain selama setahun penuh.

RRQ Hoshi
RRQ Vyn bersama RRQ Hoshi dalam turnamen MPL Indonesia.

Vyn dan kawan-kawan dalam tim BOOM Jr. dikenal sebagai roster yang cukup disegani oleh tim lawan. Mereka bermain sangat apik di beberapa pertandingan, seperti MPL Indonesia Season 2, di situ Vyn sudah bertanding melawan tim-tim lain.

Setelah dari BOOM Jr., RRQ Vyn bergabung bersama tim RRQ dalam RRQ Zen. Vyn masih menjadi pemain baru dan sempat “dipinjamkan” ke Bigetron Alpha saat MPL Indonesia Season 3. Uniknya, Vyn merupakan anggota RRQ, berhasil mengalahkan PSG RRQ (saat ini RRQ Hoshi) pada hari pertama playoff bersama tim Bigetron Alpha.

Setelah MPL Indonesia Season 3, RRQ Vyn ditarik kembali ke RRQ dan bergabung bersama tim inti. Dari situlah, ia dikenal sebagai roster yang cukup berpengaruh dalam RRQ Hoshi.

Hingga saat ini, pemain yang juga dipanggil Calvin ini tidak pernah menyerah menjadi pro player. Ia masih percaya diri dengan diri sendiri. Kepercayaan terhadap diri sendiri untuk terus percaya ia mampu menciptakan momentum tersendiri, menjadi hal yang membuatnya dapat bertahan hingga sekarang.

Profil RRQ Vyn #2: Penopang Tim Terbaik

Calvin Vyn
Vyn disebut sebagai support tim terbaik terlepas sebagai kapten tim.

Kepercayaan untuk dirinya mampu membuatnya untuk terus maju. Pada MPL Indonesia Season 4, ia disebut sebagai pemain dengan bakat terpendam. Ia berhasil mengeluarkan kemampuan maksimalnya dengan torehan permainan yang sangat baik.

Kehadiran RRQ Vyn memberikan performa yang luar biasa untuk RRQ. Ia disebut sebagai tanker penyelamat dan disebut sebagai “raja assist” dalam gelaran MPL Indonesia Season 4. Sedangkan pada MPL Indonesia Season 5, Vyn berhasil menjadi MVP di playoff dan berhasil menjadi kapten yang baik.

Tidak sampai di situ saja, pada gelaran MPL Indonesia Season 6 dirinya membuktikan bahwa ia adalah support dan terbaik yang bisa menjadi penopang untuk tim RRQ Hoshi. Mereka kembali berhasil mendapatkan gelar juara setelah mengalahkan Alter Ego. Vyn dan tim RRQ Hoshi juga menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang M2.

Vyn memiliki tangan dingin yang tetap tenang di segala situasi permainan. Dalam pertandingan, ia memberikan dorongan untuk rekan-rekan setimnya. Vyn sangat bahagia karena ia dipercaya oleh teman-temannya sebagai kapten yang baik.

RRQ Vyn tidak pernah merasa memiliki jabatan yang lebih tinggi dibandingkan rekan-rekannya yang lain. Baginya yang terpenting adalah ia mampu bermain sesuai role sebagai support. Ia juga menjelaskan bahwa rekan-rekan setimnya juga banyak yang layak menjadi kapten.

Profil RRQ Vyn #3: Attitude yang Utama

RRQ Vyn
Bagi Vyn, pro player harus memiliki attitude yang baik.

Menjadi pro player memang menyenangkan, tetapi mereka harus memiliki sikap yang baik. Bagi RRQ Vyn, sikap yang paling penting yang harus dimiliki oleh pro player adalah attitude. Sikap profesional sangat dibutuhkan untuk menjadi pro player.

Tidak ada gunanya jika pemain jago tetapi tidak memiliki sikap yang baik kepada sesama rekan tim, manajerial, manner terhadap lawan, dan lainnya. Kemampuan pemain akan dianggap sia-sia belaka. Sehingga dalam permainan tim, attitude tersebut sangat dibutuhkan untuk dapat bekerja sama dalam tim.

Menjadi seorang pro player tidak mudah. Menurut RRQ Vyn, selama belajar, disiplin berlatih, dan memiliki attitude yang baik, menjadi pro player bukanlah suatu hal yang mustahil. Selama dapat percaya untuk diri sendiri, pasti mampu untuk meraih mimpinya.

Menjadi pro player memang menyita waktu Vyn dengan jadwal latihan yang sangat padat. Sehingga perlu fokus dan tidak mudah menyerah. Perlu disiplin yang cukup tinggi untuk menjadi pro player.

RRQ Vyn sendiri sudah membuktikannya. Dengan belajar tekun dan terus berlatih, ia menjadi salah satu pro player yang cukup diperhitungkan namanya dalam esports Indonesia. Ia berhasil mengelola tim dengan baik sebagai kapten tim RRQ Hoshi.

Profil RRQ Vyn #4: Bergabung Menjadi Tim Streamer RRQ

RRQ Hoshi Vyn
Vyn mengungkapkan keberhasilannya saat ini karena ia percaya dengan dirinya sendiri.

Tidak hanya berkecimpung dalam turnamen saja, RRQ Vyn menjadi salah satu pemain dalam Team RRQ bernama RRQ Streamers. Divisi ini dibentuk oleh RRQ sebagai wadah para streamers mengembangkan bakat mereka.

Divisi ini merupakan divisi baru yang menaungi streamers agar memiliki karier yang lebih terarah dan profesional, sehingga dapat bersaing bersama para streamers di Indonesia lagi. Tidak hanya itu, RRQ Streamers disiapkan untuk para pro player dengan memberikan jenjang karier yang meluas.

Hal itu dikarenakan pro player memiliki jenjang karier yang lebih singkat. Sehingga perlu ada pilihan karier lain selain menjadi seorang pemain profesional setelah pensiun dari turnamen esports.

RRQ Vyn bergabung dalam tim lain bersama beberapa rekannya di RRQ. Dalam RRQ Streamers ada RRQ Xinnn, RRQ Lemon, RRQ Psychoo, RRQ WizzKing, RRQ Alberttt, dan RRQ R7. Juga ada beberapa rekan lain dari divisi yang berbeda.

RRQ Vyn
RRQ Vyn bergabung bersama RRQ Streamers

RRQ Vyn sudah dikenal sebagai youtuber gaming oleh beberapa kalangan. Meski sibuk, ia masih sempat mengunggah konten-konten gaming di kanal YouTube miliknya, VYN Official, dengan 594 ribu subscriber. Ia sering membagikan gameplay Mobile Legends dengan penonton hingga jutaan orang.

Tidak hanya YouTube, ia juga mengadakan live streaming lewat Nimo.TV dengan akun RRQ VYN. Akun tersebut sudah diikuti 116,6 ribu pengikut. Ia dikenal rajin streaming, maka tidak heran jika pengikut dan penontonnya sangat banyak.

Dengan bergabung bersama RRQ Streamers, artinya kesempatan RRQ Vyn menjadi streamer semakin besar. Apalagi dengan bekal dan kemampuannya sebagai pemain, ia bisa menjadi influencer gaming yang populer dan digandrungi banyak orang.

Vyn berhasil meraih kesuksesan dengan kerja kerasnya yang ia kerjakan dari nol. Semoga kisah RRQ Vyn dapat memotivasi pemain lain untuk menjadi pro player yang punya attitude baik.